Gaya HidupKesehatan

6 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Sederhana dan Mudah Dilakukan

Jika membahas tentang tips menjaga kesehatan tubuh, sebenarnya tidak terlalu sulit, bahkan bisa dikatakan sangat mudah. Tapi yang sulit justru melakukannya secara rutin. Padahal ini justru sebuah rutinitas ringan, yang akan membuat kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik.   

  1. Menjaga asupan nutrisi yang seimbang

    Tips menjaga kesehatan tubuh, adalah menjaga asupan nutrisi seimbang ke dalam tubuh. Dalam hal ini, Anda harus memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi, mengandung aneka macam serat prebiotik, mineral, vitamin, antioksidan, dan yang lainnya.

    Tentu saja hal tersebut, dapat diperoleh dari berbagai makanan, dari daging, sayuran, dan yang lainnya.

  2. Menjaga berat badan agar tetap ideal

    Hal kedua yang perlu Anda lakukan adalah menjaga berat badan agar tetap ideal. Hal ini dilakukan, agar tubuh tidak mengalami obesitas atau bahkan berat badan yang terlalu rendah.

    Tahukah Anda bahwa ketika seseorang memperoleh obesitas, maka resiko terkena penyakit jantung, atau jenis penyakit lainya yang berhubungan dengan jantung, akan semakin besar.  

  3. Istirahat cukup

    Hal berikutnya yang juga perlu diperhatikan adalah istirahat secara cukup. Untuk orang kebanyakan, istirahat secara cukup sebaiknya dilakukan 7 hingga 8 jam, setiap malam. Sedangkan jika kurang dari 6 jam, maka daya tahan tubuh akan turun, lantaran tubuh merasa kurang beristirahat. Hasilnya tubuh akan 4 kali lebih mudah tertular flu, atau virus lainnya.  

    Seseorang yang cenderung memperoleh istirahat cukup setiap harinya, setidaknya dalam 2 minggu. Maka tubuh akan memperoleh sitokin, tidak lain adalah sejenis protein, yang mampu membantu melawan infeksi serta meningkatkan imun tubuh.

  4. Cukup mengkonsumsi cairan, terutama air mineral dan teh hijau

    Jangan lupa untuk mengkonsumsi cairan secara rutin. Paling baik jika mengkonsumsi air mineral atau air putih, selain itu Anda juga dapat mengkonsumsi air teh hijau yang kaya akan kandungan antioksidan, yang baik untuk menangkal radikal bebas dari luar tubuh.

    Idealnya, mengkonsumsi air minum disesuaikan dengan berat badan Anda. Cara menghitung kebutuhan cairan per harinya, adalah dengan, 30 ml x berat badan. Misalnya saja berat badan Anda sekitar 70 kg, maka kebutuhan air minum Anda adalah 30 ml x 70 kg = 2, 1 liter / hari.     

  5. Olahraga secara rutin

    Untuk menjaga kesehatan berikutnya adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Sebaiknya lakukan olahraga secara rutin, setidaknya olahraga ringan selama 5 menit per hari, untuk tahap awal. Jika sudah rutin, sebaiknya lakukan setidaknya 30 menit setiap harinya.

  6. Menghindari junk food

    Jika banyak orang yang menyebut junk food adalah salah satu cara menggemukkan badan, memang tidak sepenuhnya salah. Kandungan lemak dan kalori tinggi yang ada di junk food dan minuman bersoda, membuat berat badan cepat sekali naik.

    Jika ingin berat badan tetap stabil, sebaiknya hindari atau batasi makanan tersebut.

    Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa tips menjaga kesehatan tubuh, tidak terlalu sulit. Bahkan cara melakukannya juga tidak terlalu sulit. Haya tinggal niat dan kesungguhan Anda untuk mau melakukan hal-hal tersebut. 

Baca juga:   Cara Membuat Hand Sanitizer dari Daun Sirih Sendiri di Rumah

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button