Gaya HidupKesehatan

Ini yang Jarang orang Ketahui, Dari Cara Menjaga Kesehatan Badan

Untuk masalah menjaga kesehatan, pastinya hampir semua orang tahu. Tapi untuk melakukan tindakan yang mampu membuat kesehatan tubuh tetap terjaga baik, tentunya tergantung orang tersebut. Tahukah Anda, bahwa ada beberapa tips tambahan tentang cara menjaga kesehatan badan, yang jarang diketahui orang untuk menjaga kesehatan badan, seperti :

1. Cairan yang sebaiknya dikonsumsi

Adapun cara menjaga kesehatan badan, yang pertama adalah menjaga asupan cairan ke dalam tubuh. Umumnya orang hanya mengetahui, bahwa sebaiknya konsumsi cairan, setidaknya 2 liter setiap hari.

Hal seperti ini memang tidak salah. Tapi yang perlu diperhatikan adalah, bahwa sebenarnya konsumsi cairan untuk tubuh setiap orang itu, pada dasarnya berbeda-beda. Tergantung berat badan dari orang itu sendiri.

Teknik menghitungnya adalah berat badan x 30 ml. Hasilnya adalah cairan yang sebaiknya dikonsumsi per hari. Misalnya saja Anda mempunyai berat badan sekitar 40 kg x 30 ml. Maka hasilnya setiap harinya, anda membutuhkan asupan cairan sekitar 1.200 ml per harinya. Yang artinya jumlah cairan yang sebaiknya diperoleh untuk orang dengan berat badan 40 kg, dan 70 kg, pastinya berbeda.

Baca juga:   Ini 4 Tips Menambahkan Berat Badan, yang Praktis dan Aman

2. Teknik olahraga yang baik

Hal yang juga jarang orang perhatikan adalah teknik olahraga. Untuk program atau cara menggemukkan badan, sebaiknya anda banyak jenis olahraga angkat beban, agar energi dan lemak serta kalori yang dikonsumsi, akan beralih ke otot.

Sedangkan untuk menjaga badan untuk sehat sendiri, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan. Untuk Anda yang baru latihan olahraga, sebaiknya lakukan olahraga ringan, seperti pelemasan, atau jalan ringan, setidaknya 5 menit setiap hari. Jika dirasa sudah terbiasa, baru lakukan olahraga secara rutin, 15 hingga 30 menit setiap harinya. Lakukan secara bertahap, jangan sekaligus, karena hal ini akan mempengaruhi kesiapan otot dalam tubuh Anda.

Baca juga:   Ini yang Jarang orang Ketahui, Dari Cara Menjaga Kesehatan Badan

3. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi

Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan sehat dan berimbang. Jangan hanya mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat. Tapi konsumsi juga makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat, kaya akan protein, vitamin dan yang lainnya.

4. Tentang kebiasaan hidup

Ini adalah salah satu hal lain yang jarang orang perhatikan, yaitu tentang kebiasaan hidup, seperti:

  • Lakukan istirahat, setidaknya 7 hingga 8 jam setiap hari. Karena hal tersebut, mampu meningkatkan imun tubuh, secara tidak langsung.   
  • Untuk menghentikan kebiasaan merokok, pastinya sulit. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi kebiasan merokok, dan ganti dengan melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat, dan lebih positif.
  • Anda juga perlu mengelola stress dengan baik. Karena pada dasarnya, ketika seseorang sedang mengalami stress, maka sistem kimia dan metabolisme tubuh jadi kacau, karena semua tidak terkoneksi dengan baik, lantaran otak hanya fokus pada 1 masalah saja. Ini yang membuat tubuh jadi mudah lelah dan mudah sakit.

Jadi sebaiknya kelola stress dengan baik, agar kesehatan tubuh terjaga selalu.

Demikianlah beberapa ulasan tambahan, tentang cara menjaga kesehatan badan yang jarang orang ketahui. Semoga ulasan kali ini bermanfaat untuk Anda semua. 

Baca juga:   Banyak Dibutuhkan, Apa Donor Konvalesen untuk Pasien Covid?

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button