GadgetTeknologi

Cara Install TWRP di Semua Android Tanpa Komputer

TWRP atau lebih tepatnya team win recovery project adalah sebuah sistem recovery mode android yang sudah di modifikasi. Berbeda dengan recovery bawaan android, TWRP ini memang dikhususkan bagi para developer dan pengembang android. Cara install TWRP di semua android ini sebenarnya cukup mudah, namun harus disesuaikan dengan versi android dan tipe ponsel yang digunakan.

TWRP mempunyai segudang kelebihan dibanding dengan recovery biasa, bahkan lebih kompleks. Kalau recovery bawaan ponsel android tidak bisa digunakan mode sentuh, sedangkan TWRP sudah bisa menggunakan mode sentuh.

Baca juga:   Cara Membuka File Rar di Android Tanpa Ribet

Cara Install TWRP di Semua Android Tanpa Menggunakan Komputer

Ada beberapa cara pasang TWRP tanpa PC di Xiaomi dan HP lainya, namun yang paling mudah lebih baik menggunakan terminal emulator. Install TWRP via termux juga bisa lebih mudah kalau anda tidak terbiasa dengan terminal emulator android.

Yang harus dipersiapkan ketika anda ingin install TWRP adalah sebuah ponsel yang sudah di root baik menggunakan super user maupun dengan magisk manager. Jadi kita akan menggunakan 2 HP, satu HP sebagai pemasang TWRP dan satu lagi sebagai klien nya, untuk menyambungkanya menggunkan usb dan OTG. Dimana HP yang sudah di root merupakan pengganti komputer.

Di HP yang sudah di root juga harus terinstall adb fastboot, termux dan file TWRP sesuai dengan jenis android maupun merk ponsel yang akan di pasangi TWRP. Kalau untuk android dengan versi terbaru sebaiknya memang akan lebih mudah jika menggunakan komputer, karena untuk varian ponsel terbaru sudah menggunakan lock bootloader, anda harus mengunlocknya dulu.

Untuk unlock bootloader di android ini caranya berbeda, tergantung jenis ponsel dan vendornya, untuk itu tutorial unlock bootloader bisa anda cari sesuai dengan jenis ponsel yang digunakan. Jangan sampai salah memasang versi TWRP, lebih parahnya bisa bootloop. Kalau anda opreker android pasti sudah terbiasa dengan bootloop dan sudah tahu cara mengatasinya. 

Untuk cara install TWRP nya bisa dilihat dibawah ini :

  1. Pastikan sudah mendowload berbagai bahan yang sudah dijelaskan diatas.
  2. Nonaktikan HP yang akan dipasangi TWRP lalu masuk ke download mode ( power + volume down).
  3. Sambungkan dengan HP yang sudah di root dengan usb dan OTG, masuk ke terminal emulator atau termux.
  4. Ketikkan perintah adb fastboot agar android yang akan dipasang TWRP terdeteksi, jika sudah terdeteksi install TWRP nya. 

Cara pasang TWRP Lewat HP lain diatas memang agak rumit untuk mencari HP yang sudah di root, tapi anda bisa menggunakan aplikasi flashify yang ada di playstore. Dengan aplikasi ini anda bisa langsung pasang TWRP dari HP anda sendiri  tanpa bantuan PC maupun install TWRP via termux yang cukup rumit, jika anda belum mengerti perintah dasar android.

Dengan TWRP ini anda bisa melakukan install custo rom, membackup rom, wipe reset, wipe cache. Serta dimudahkan untuk mengeoprek sistem dari recovery mode. Jika masih menggunakan yang stock recovery bawaan ponsel, fungsinya masih terbatas dan belum bisa menggunakan mode touchscreen.

Kelebihan lain anda juga bisa mengunci TWRP dengan pola maupun sandi, sehingga kalau ponsel anda hilang tidak ada yang akan bisa menggunakan ponsel anda lagi, kecuali anda sendiri.

Baca juga:   Android Bootloop Tidak Bisa Masuk Recovery Mode? Begini Caranya!
Kata Kunci Populer:

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button