Aplikasi

4 Aplikasi Pencarian Lagu Terbaik di Android, Bisa Pakai Suara!

Kebanyakan orang pasti pernah mendengar sebuah lagu namun tidak tahu judulnya. Karena lagunya yang bagus, kita jadi ingin download lagu tersebut. Namun bagaimana caranya, kan kita tidak tahu judul lagu tersebut. Caranya mudah, yaitu dengan menggunakan aplikasi pencarian lagu.

Aplikasi ini sebenarnya memiliki database tau basis data hampir dari semua jenis lagu. Hanya degan bermodalkan mikrofon di Hp, anda bisa mencari lagu-lagu yang dinginkan. Sistem kerjanya adalah mencocokan hasil rekaman dengan database yang ada.

Aplikasi Pencarian Lagu Terbaik di Android

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa aplikasi pencarian lagu yang bisa Anda gunakan. Dengan aplikasi-aplikasi ini Anda tidak perlu bingung mencari lagu yang hanya ingat liriknya saja.

1. Shazam

Shazam memungkinkan Anda untuk mendengarkan cuplikan dari sebuah lagu yang ditemukan dan menambahkannya ke daftar putar Spotify. Selain, Anda juga akan diberikan beberapa lagu serupa dengan yang sedang dimainkan.

Baca juga:   5 Aplikasi Karaoke Android Terbaik, Bisa Duet Online!

Bagi Anda yang tidak punya koneksi internet juga tidak perlu khawatir. Shazam mempunyai fitur Shazam Offline yang bisa mencarikan lagu meskipun Anda tidak terhubung ke internet. Lagu tersebut nantinya akan diidentifikasi ketika Anda terhubung ke internet.

Jika Hp Anda memiliki penyimpanan yang terbatas dan memori hampir penuh. Shazam juga menawarkan aplikasi serupa namun dengan ukuran yang lebih ringan, yaitu Shazam Lite. Meskipun fitur-fiturnya dikurangi, namun masih bisa untuk mencari lagu.

2. SoundHound

Aplikasi pencarian lagu berikutnya adalah SoundHound, aplikasi ini bisa menemukan lagu yang sedang diputar dengan cepat. Bukan cuma itu saja, SoundHound inni juga bisa menampilkan lirik lagu tersebut yang disediakan Live Lyrics.

Semua lagu bisa yang Anda cari memakai aplikasi ini akan tersimpan di daftar riwayat pencarian pengguna. Selain itu, lagu-lagu tersebut juga bisa disalin ke daftar putar di Spotify sehingga akan sangat memudahkan Anda dalam mendengarkan musik pilihan.

Baca juga:   2 Cara Menghilangkan Background Di Photoshop Dengan Mudah

Yang menariknya lagi dari SoundHound adalah fitur voice command untuk mencari lagu menggunakan suara. Jadi Anda bisa menggunakan suara untuk mencari sebuah lagu. Untuk mencari lagu, gunakan perintah “OK Hound, what’s the song?”.

3. Music Recognition

Aplikasi untuk mencari musik yang berikutnya adalah Music Recognition. Dengan total unduhan lebih dari 1 juta kali, aplikasi ini bisa mengidentifikasi sebuah lagu yang sedang di mainkan dengan cepat dan mudah.

Salah satu fitur menarik dari aplikasi ini adalah, Anda bisa mendengarkan cuplikan dari lagu yang sedang Anda cari. Selain itu, pengguna juga bisa langsung beralih ke Spotify untuk mendengarkan lagu penuhnya. Menariknya lagi, Anda juga bisa membagikan lagu yang telah Anda temukan ke sosial media seperti Facebook, WhatsApp, dan Twitter.

4. Musixmatch

Rekomendasi aplikasi pencarian lagu terbaik Android yang terakhir adalah Musixmatch. Aplikasi ini mempunyai basis data yang sangat besar seperti Shazam sehingga bisa mencari lagu dengan akurat. Selain bisa mencari lagu, aplikasi ini juga menyediakan lirik lagi ketika sedang memutar musik.

Baca juga:   Cara Membuat Bot WA, Mudah Layani Chat Pelanggan

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa menemukan lirik lagu yang sedang berjalan di aplikasi Youtube Music, Spotify, Apple Music, Pandora, dan lain-lain. Bahkan Anda juga bisa menerjemahkan lagu tersebut kebahasa yang Anda inginkan.

Musixmatch bisa Anda gunakan secara gratis namun dengan fitur yang terbatas. Jika Anda upgrade ke premium, Anda bisa menikmati pengalaman memakai Musixmatch secara offline dan tanpa iklan yang menganggu.

Nah itulah beberapa aplikasi pencari lagu yang bisa Anda gunakan. Dengan menggunakan beberapa rekomendasi di atas, Anda akan semakin mudah mencari lagu yang yang lupa judulnya. Anda hanya perlu menyanyikan lirik dari lagu untuk menemukan judul lagu tersebut.

Related Articles

Back to top button