Teknologi

4 Cara Menyambungkan CCTV Ke HP Android Secara Realtime

Perkembangan teknologi memang berlangsung cukup pesat. Hal tersebut menyebabkan banyak hal sudah menggunakan teknologi canggih. Misalnya saja untuk memantau CCTV. Saat ini, CCTV sudah bisa disambungkan ke HP Android, lho! Namun, memang masih banyak yang belum mengetahui secara jelas bagaimana cara menyambungkan CCTV ke HP android.

CCTV yang bisa dikontrol dan dipantau melalui HP memang menjadi keuntungan tersendiri. Sehingga, para pemilik rumah bisa lebih mudah memantau keadaan tanpa harus menggunakan layar monitor. Pemilik rumah pun bisa melihat kondisi rumah dari jarak jauh. Dengan begitu, keamanan pun akan semakin terjaga sehingga lebih tenang ketika bepergian.

Cara Menyambungkan CCTV Ke HP Android

Sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang cara menghubungkan kamera hp ke hp lain, pada dasarnya ini sama. Kamu bisa memantau secara langsung menggunakan media koneksi antar perangkat melalui jaringan internet.

Sedangkan cara menyambungkan CCTV ke hp android, terdapat beberapa cara yang harus kamu lakukan. Langkah-langkahnya juga tidak serumit yang kita kira. Jika dilakukan secara berurutan, maka prosesnya pun akan cepat.

Oleh sebab itu, sebaiknya pahami betul setiap langkah agar kamu bisa memantau keadaan rumah secara realtime. Yuk simak penjelasan berikut ini lebih dalam!

Baca juga:   4 Cara Uninstall Adobe Creative Cloud Lengkap, Mudah Kok!

1. Memasang CCTV Secara Benar

Cara menyambungkan CCTV ke HP android paling pertama yang harus dilakukan adalah memasangnya terlebih dahulu. Pastikan kamu sudah memasang CCTV dengan benar di posisi yang pas atau sesuai. CCTV sebaiknya diletakkan di sudut rumah yang bisa memantau semua area. Pastikan CCTV sudah benar-benar terpasang, agar lebih mudah ke langkah berikutnya.

Jika kamu memiliki rumah yang bertingkat, sebaiknya pasanglah CCTV di lantai paling atas. Hal tersebut dimaksudkan agar CCTV dapat menjangkau semua area yang lebih luas. Dengan begitu, kamu benar-benar bisa memantau seluruh area atau pekarangan rumah. Jika CCTV sudah terpasang secara sempurna dan pas, kamu sudah bisa beralih ke langkah berikutnya.

2. Mengecek DVR dan CCTV

Cara berikutnya adalah mengecek bagian DVR dan CCTV. DVR adalah perangkat yang fungsinya untuk mengolah rekaman di kamera CCTV. Tanpa adanya DVR, CCTV mungkin saja tidak akan berfungsi secara utuh. Oleh sebab itu, sebaiknya pastikan terlebih dahulu DVR sudah benar-benar menyala. Sebelum menyambungkannya ke HP android atau smartphone.

Selain DVR, cek juga apakah CCTV menggunakan IP atau internet protocol atau tidak. Jika menggunakan IP, maka bisa di sambungkan ke internet dan HP. Perlu di ketahui, sebelum disambungkan ke HP, Closed Circuit Television akan di hubungkan ke internet. Oleh sebab itu, pastikan tidak salah membeli CCTV. Gunakanlah produk yang menggunakan IP untuk terhubung ke internet.

Baca juga:   5 Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Konek Wifi Indihome

3. Menghubungkan CCTV ke Internet

Cara menyambungkan CCTV ke HP android berikutnya adalah menghubungkannya ke internet. Metode paling umum dan mudah yang dapat digunakan untuk menghubungkan ke internet adalah melalui Cloud Access P2P. Pertama adalah aktifkan terlebih dahulu fitur Cloud Access P2P di DVR. Setelah itu, kamu bisa login ke DVR sebagai admin.

Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah mengunduh aplikasi yang di kenal dengan VMS atau CMS. Setelah berhasil di instal, maka cobalah untuk login ke DVR sebagai admin, masukkan kode verifikasi agar DVR bisa di tambahkan ke aplikasi VMS. Tunggu hingga 2 menit, sampai register status berubah menjadi online.

4. Mengatur CCTV di Aplikasi

Setelah register status berubah menjadi online. Cara berikutnya adalah mengatur CCTV di HP android. Caranya adalah masuk ke aplikasi VMS, lalu pilih Tool dan klik Device Management. Setelah itu, pilih Add New Device Type. Akan terdapat keterangan alat yang terhubung. Setelah itu, klik centang pada alat yang memang akan kamu gunakan.

Jika sudah selesai login di aplikasi, hal yang perlu dilakukan berikutnya adalah mengklik Add Device. Setelah itu, masukkan serial nomor dari DVR dan masukkan pula kode verifikasi. Terakhir adalah klik OK setelah semua kodenya sudah dimasukkan. Maka, CCTV sudah bisa dipantau melalui HP android.

Baca juga:   Daftar Paket Nelpon Telkomsel 1000, Ini Caranya!

Manfaat Menyambungkan CCTV Ke HP Android

Banyak orang yang mencoba cara menyambungkan CCTV yang bisa di sambungkan ke android, tentunya hal tersebut bukan tanpa alasan. Hal ini karena ada beberapa keuntungan untuk dirimu. Khususnya jika kamu sering bepergian dan meninggalkan rumah. Simak beberapa manfaatnya di bawah ini!

1. Dapat Dipantau dari Jarak Jauh

CCTV yang bisa di lihat melalui HP memungkinkan untuk di pantau dari jarak jauh. Sehingga dari mana dan kapanpun kamu dapat memantaunya. Selama tersedia jaringan internet. Pasalnya cara menyambungkan CCTV ke hp Android tidak akan berhasil apabila jaringan internet bermasalah.

Dengan begitu, kamu akan mengetahui apa saja yang terjadi di dalam rumah selama kamu tidak ada. Namun, selalu pastikan bahwa kuota atau jaringan wifi memang sedang dalam keadaan stabil.

2. Lebih Aman

Rumah pun akan menjadi lebih aman dengan CCTV yang terhubung ke HP. Sehingga ketika terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, kamu dapat segera menanganinya dengan cepat. Dengan begitu, kamu pun tidak akan penasaran atau khawatir mengenai kejadian di dalam rumah.

Selain itu, apabila terjadi pencurian atau kejahatan lainnya yang terjadi di rumahmu, rekaman CCTV tersebut bisa menjadi bukti yang valid untuk pelaporan ke pihak berwajib.

Related Articles

Back to top button