Teknologi

4 Penyebab Kenapa Smartfren Lemot dan Cara Mengatasinya

Smartfren merupakan salah satu provider di Indonesia yang memberikan layanan kuota internet Unlimited untuk para penggunanya. Namun meskipun begitu, tidak jarang jaringan internet Smartfren ini lambat atau lemot. Ada beberapa penyebab atau alasan kenapa Smartfren lemot.

Koneksi internet yang lambat tentunya cukup menyebalkan karena ketika digunakan untuk streaming video ataupun musik menjadi buffering. Selain itu, koneksi internet yang lambat juga membuat pesan WhatsApp dan berselancar di internet menjadi sangat terganggu.

Penyebab Kenapa Smartfren Lemot dan Solusinya

Ada beberapa penyebab kenapa internet Smartfren menjadi lemot, bisa jadi karena providernya yang sedang bermasalah, sudah mencapai fup, atau adanya error pada HP Anda. Berikut ini beberapa penyebab kenapa Smartfren lemot dan cara mengatasinya.

1. Paket Internet Mencapai FUP

Apa itu FUP? FUP merupakan singkatan dari Fair Usage Policy, yaitu kebijakan penggunaan wajar. Jika Anda memakai paket internet unlimited Smartfren, Anda harus tahu tentang hal ini sehingga ketika internet Smartfren menjadi lemot Anda tidak kaget atau panik.

Baca juga:   Samsung Galaxy S22 Dipastikan Rilis Februari

Biasanya pihak Smartfren akan mengingatkan penggunanya jika mereka sudah mencapai batas penggunaan wajar internet lewat SMS. Pengguna Smartfren diberikan batas penggunaan internet sesuai dengan paket yang mereka beli.

Untuk mengatasi koneksi internet Smartfren lemot karena FUP, Anda bisa membeli paket booster atau tambahan kuota internet Smartfren. Dengan begitu kecepatan internet Anda akan kembali normal seperti semula.

2. Jaringan Belum 4G Only

Hampir semua smartphone sekarang ini sudah mendukung jaringan 4G. Namun saat jaringan 4G kurang bagus, maka otomatis koneksi akan berubah menjadi 3G. Inilah mungkin menjadi penyebab kenapa Smartfren lemot di HP Anda.

Untuk mengatasi jaringan yang berubah menjadi 3G secara otomatis, Anda bisa mengatur jaringan supaya tetap memakai 4G atau 4G Only. Bagi Anda yang belum tahu caranya, berikut adalah cara mengaktifkan jaringan 4G Only di Android:

  • Buka Pengaturan di HP Anda.
  • Kemudian pilih opsi Jaringan & Internet.
  • Silahkan pilih Jaringan Seluler.
  • Pada bagian Tipe Jaringan Prioritas, silahkan pilih 4G.
Baca juga:   5 Kelebihan Smartphone Produk China dan Tips untuk Membelinya

3. Jaringan yang Bermasalah

Jika sebelumnya terdapat masalah dengan jaringan di HP Anda, dan ini membuat koneksi internet Smartfren menjadi lemot.. Anda bisa mengatasinya dengan mengaktifkan mode pesawat atau mode terbang selama beberapa menit dan menonaktifkannya.

Dengan mengaktifkan mode pesawat, jaringan di HP Anda akan terefresh dan jaringan menjadi normal. Namun jika tidak berhasil, berarti terdapat masalah dari provider Smartfren. Berikut ini adalah cara refresh jaringan Smartfren:

  • Buka notifikasi bar di HP Anda.
  • Tap pada shortcut “Airplane Mode” atau “Mode Terbang”.
  • Bisa juga dengan membuka Pengaturan.
  • Kemudian aktifkan “Airplane Mode”.
  • Diamkan 1-2 menit.
  • Matikan Airplane Mode dan jaringan bisa kembali normal.
Baca juga:   Game Petualang Android Terbaik, Yuk Install di Android Mu !

4. APN Tidak Sesuai

Penyebab terakhir kenapa Smartfren lemot adalah karena APN atau Access Point Name di HP Anda belum sesuai dengan APN Smartfren. APN ini merupakan pengaturan yang membuat Smartfren bisa terhubung dengan ISP atau penyedia internet.

Oleh karena itulah sangat penting untuk melakukan penyesuaian APN Smartfren supaya internet bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah cara mengatur APN Smartfren supaya internet menjadi tidak lemot:

  • Buka Pengaturan di HP Anda.
  • Pada menu Jaringan pilih “Kartu SIM & Jaringan”.
  • Pilih APN (Access Point Name).
  • Setelah itu ubah APN dengan APN Smartfren.
  • Ada banyak APN Smartfren yang bisa Anda gunakan contohnya adalah: Smartfren4g.

Pada tahap ini, anda bisa mendapatkan koneksi jaringan yang lebih lancar dengan memakai APN yang tepat. Pasalnya, cara ini juga biasa diterapkan pada semua operator yang ada di Indonesia.

Related Articles

Back to top button