AplikasiTeknologi

Cara Daftar Zoom Meeting dan Cara Menggunakannya

Aplikasi zoom meeting yang dulunya didominasi oleh pekerja kantoran yang mengerjakan pekerjaan dari rumah. Tapi saat ini menjadi media yang populer untuk menjalankan kegiatan dalam segala bidang. Saat ini cara daftar zoom meeting banyak dipelajari berbagai kalangan. Terutama untuk kegiatan pembelajaran secara daring.

Penggunaan zoom meeting menjadi hal yang biasa. Hal ini terjadi karena adanya pandemi covid-19 yang mengharuskan semua presentasi dan kegiatan dilakukan dengan menggunakan media zoom meeting. Yang lagi marak lagi yaitu tentang pembelajaran antara guru dan murid dilakukan secara online menggunakan zoom meeting.

Baca juga:   Cara Ganti Background Zoom Di Hp Android atau iPhone

Cara Mendaftar dan Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting

Zoom meeting telah hadir pada Januari 2013 silam. Zoom meeting tidak hanya tersedia dalam bentuk aplikasi di perangkat smartphone, tetapi juga bisa akses melalui situs web. Di bawah ini akan dijelaskan cara daftar zoom meeting dan sekaligus cara penggunaannya.

1. Cara Mendaftar Zoom Meeting

Mendaftar dan membuat akun zoom meeting ini sangat mudah sekali. Dan bahkan cara daftarnya tidak menggunakan biaya sedikit pun alias gratis. Di bawah ini cara mendaftar zoom meeting di HP atau pun di website yang dapat kita simak.

Cara mendaftar zoom meeting melalui HP

  • Pertama anda harus membuka aplikasi zoom kemudian tap sign up
  • Masukan alamat email, nama depan dan belakang anda yang ingin dimunculkan untuk pengguna zoom lain. Dan centang tanda persetujuan.
  • Terms of service dan setelah itu tap sign up
  • Kemudian akan ada email yang akan dikirimkan ke alamat email yang telah digunakan.
  • Tap active account pada email tersebut
  • Cara daftar zoom meeting yang selanjutnya yaitu masukan password yang anda inginkan untuk akun zoom anda.
  • Proses pendaftaran melalui HP sudah selesai dan akun zoom sudah siap untuk anda gunakan
  • Dan sekedar informasi, jika anda sudah memepunyai akun zoom meeting, anda bis memilih sign in dan anda tinggal memasukan alamat email dan juga password yang sudah anda daftarkan

Cara mendaftar zoom meeting di website

Cara daftar zoom cloud meeting selain bisa daftarkan melalui HP juga bisa didaftarkan melalui PC dan website. Simak dibawah ini langkah pendaftaran akun zoom melalui website.

  • Pertama yang harus anda lakukan untuk mendaftar memalui website yaitu dengan mengunjungi zoom us, kemudian klik tombol sign up
  • Lalu isi kolom yang sudah tersedia dengan email dan nama anda beserta password.
  • Kemudian cek email yang anda daftarkan dan lakukan aktivasi
  • Jika anda sudah memiliki akun, anda bisa memilih sign ini dan tinggal memasukan alamat email dan password yang sudah anda daftarkan.

2. Cara Menggunakan Zoom Meeting

Dampak dari pandemi covid-19 yaitu berpengaruh pada pembelajaran anak sekolah. Sekarang sekolah harus dilakukan secara online. Tetapi meski menggunakan cara online guru bisa menyesuaikan pembelajaran yang tepat bagi anak didiknya, salah satunya dengan menyiapkan ruang zoom untuk orang tua dan siswa.

Guru yang yang berperan sebagai host harus menyiapkan ruang zoom. Dan sebaiknya kegiatan zoom dilakukan menggunakan laptop. Langkah menggunakan aplikasi zoom meeting dapat kita simak di bawah ini :

  • Buka aplikasi zoom meeting
  • Kemudian klik start pada opsi my personal meeting id
  • Kemudian pilih invite others. Mengundang peserta dapat melalui email atau menyalin link dan di kirim ke semua peserta.
  • Tunggu semua peserta hadir ke ruang meeting. Pilih centang lock meeting pada menu security
  • Jika materi sudah selesai dan akan di akhiri maka guru sebagai host tinggal klik end meeting

Dari semua cara daftar zoom meeting baik itu daftar menggunakan hp maupun melalui website bisa kita praktikkan dengan mudah. Dengan demikian kegiatan pembelajaran ataupun pekerjaan yang dilakukan secara work from home akan lebih efisien.

 

Related Articles

Back to top button