GadgetTeknologi

Cara Masuk Mode Download Samsung Tanpa Kendala

Dalam proses flashing ponsel android terutama pada ponsel samsung maka tahapan pertama harus masuk dulu ke mode download atau odin mode. Lantas bagaimana cara masuk mode download samsung di ponsel keluaran baru maupun yang sudah lama beredar akan dibahas pada artikel berikut ini.

Mode download bisa juga digunakan untuk mengatasi ponsel android yang bootloop (mentok logo). Bootloop bisa terjadi karena adanya kesalahan pada berkas sistem atau adanya virus di ponsel tersebut. Dengan masuk ke mode download kamu bisa melakukan flashing firmware baru bisa juga untuk downgrade ke firmware lama yang lebih stabil.

Cara masuk mode download Samsung Bootloop

Jika ponsel mengalami bootloop hal ini masih tergolong mudah dalam penanganannya. Berikut cara masuk mode download samsung bootloop :

Baca juga:   Cara Install TWRP di Semua Android Tanpa Komputer

Dengan menekan kombinasi beberapa tombol

tombol kombinasi yang paling umum digunakan untuk masuk mode download adalah dengan menekan tombol power + vol bawah + tombol home tapi sebelum itu ponsel harus dalam keadaan mati. Dalam posisi mati tekan ketiga tombol tersebut sampai logo samsung muncul lalu lepaskan.

Jika sudah berhasil masuk mode download untuk mengatur navigasinya menggunakan tombol volume atas dan volume bawah serta pilih menggunakan tombol home.

Terkadang ada kombinasi tombol yang berbeda di setiap ponsel seperti Cara masuk mode download Samsung A50s. Di ponsel samsung A50s proses masuk mode download dengan menekan tombol power + vol atas + vol bawah

Via ADB

Cara masuk Mode Download Samsung via ADB memerlukan bantuan laptop atau komputer. Karena dalam langkahnya memerlukan command / perintah di cmd. Sebelum melakukan eksekusi siapkan dulu beberapa alat tempur dibawah ini:

  • Kabel data / usb yang bagus (original)
  • Laptop / PC sebaiknya ber-OS Windows
  • Driver usb Samsung (bisa didownload disini)
  • Universal ADB driver (download disini)
  • Pastikan mode debugging sudah aktif sebelumnya
Baca juga:   Aplikasi Musik Offline Yang Populer Saat Ini di Android

jika semua sudah siap, langkah pertama adalah buka cmd (command prompt) di folder tempat adb terinstall. Biasanya terletak di C:\adb lalu hubungkan hp ke laptop atau pc dalam keadaan menyala.

Jalankan perintah berikut : adb devices lalu enter

maka akan muncul id device yang terhubung. Jika tidak muncul coba hubungkan ulang ponsel dan jalankan perintah lagi. Jika sudah berhasil lanjutkan cara berikut.

Adb reboot-bootloader lalu enter.

Nanti secara otomatis ponsel akan reboot ke mode download dan siap digunakan untuk flashing firmware.

Cara masuk mode download Samsung matot

Langkahnya seperti Cara masuk Mode Download Samsung via ADB tetapi ponsel dalam keadaan mati sehingga prosesnya agak sedikit susah. Biasanya jika ponsel dalam keadaan matot (mati total) potensi kerusakan pada hardwarenya akan semakin besar. Hal ini bisa disebebkan karena ponsel digunakan untuk bekerja berat dalam waktu lama seperti bermain game.

Baca juga:   Rekomendasi 5 Jam Gunung, Bukan Sekadar Penunjuk Waktu

Sebelum mempersiapkan lebih jauh, coba hubungkan dulu ponsel android ke pc / laptop apakah masih bisa terdeteksi. Jika bisa terdeteksi masih ada kemungkinan akan berhasil proses masuk download modenya. Jika tidak terdeteksi berarti bisa di pastikan hardwarenya ada yang bermasalah solisinya coba bawa langsung ke tempat service yang terpercaya.

Perintahnya sama yaitu :

Jalankan perintah berikut : adb devices lalu enter

lalu Adb reboot-bootloader dan tekan enter.

Jika berhasil ponsel akan reboot otomatis dan masuk download mode. Setelah itu bisa lanjutkan proses flashing atau install ulang firmware ponselnya menggunakan odin. Dalam beberapa kasus jika ponsel sudah dalam keadaan matot besar kemungkinan terjadi kerusakan hardware terlebih di bagian EMMC nya. Sementara harga dari EMMC sendiri juga masih lumayan mahal dipasaran.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button