GadgetTeknologi

Cara Melacak Lokasi Pemilik Nomor HP Dengan Mudah

Perkembangan teknologi saat ini berkembang begitu cepat, terutama dengan hadirnya teknologi smartphone. Banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan HP canggih ini, mulai dari menyimpan gambar, browsing informasi, mendengarkan musik, melihat video, bahkan sampai melacak lokasi pemilik nomor hp, baik yang dikenal ataupun tidak.

Cara melacak pemilik nomor hp ini dapat kamu lakukan dengan metode yang simpel, dan mungkin juga akan sangat berguna di kemudian hari, misalkan untuk mengetahui lokasi anggota keluarga, teman, saudara, atau bahkan orang yang tidak dikenal sekalipun yang seringkali ada indikasi penipuan lewat SMS atau WhatsApp yang sering banget terjadi. 

Baca juga:   Ampuh! Begini Cara menghapus file sampah di HP Terbaru

Catatan ya, bahwa informasi yang akan didapatkan dengan cara melacak seperti ini, tidak akan sampai mendapatkan info lokasi yang sangat detail hingga data alamat dan lain-lain. Sebab, ini adalah hal yang sangat privasi yang tentunya tidak akan dibocorkan oleh masing-masing penyedia layanan operator. Perusahaan memiliki kewajiban untuk menjaga privasi masing-masing pengguna dari nomor hp tersebut.

Info lengkap terkait hal itu, hanya bisa diakses oleh lembaga yang memiliki kewenangan, seperti misalnya kepolisian, badan inteligen negara (BIN), badan ketenagakerjaan dan badan resmi yang lain. Namun, dengan mengetahui cara melacak lokasi pemilik nomor hp ini, kamu bisa tahu gambaran besar lokasi pemilik nomor hp tersebut.

3 Cara Melacak Lokasi Pemilik Nomor HP Dengan Mudah

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melacak nomor hp seseorang. Semua itu bisa kamu lakukan dengan cara yang cukup simpel, tidak perlu alat-alat yang canggih. Kecuali memang kamu seorang hacker, yang bertujuan untuk membobol data operator tertentu, maka ini lain ceritanya. Lalu bagaimana cara melacak lokasi pemilik nomor WA seseorang? Yuk kita simak bersama.

1. Memakai Kode Area Operator

Jika kamu ingin melacak nomor lokasi seseorang yang tidak kamu kenal, maka kamu bisa melakukannya dengan memanfaatkan kode area dari nomor HP tersebut. Caranya?

  • Perhatikan kode nomor telepon yang ada di depan, misalkan tertulis 0821. Ini adalah kode nomor untuk operator Simpati atau Telkomsel.
  • Setelah itu, perhatikan 6 digit pertama pada nomor tersebut, misalkan tertulis 082111. Ini adalah kode area dari nomor tersebut. 
  • Buka Google, lalu cari informasi kode area yang sesuai dengan nomor tersebut. Infonya ada banyak sekali di google, dan bisa diakses untuk semua jenis operator.
  • Dari contoh di atas, terdeteksi bahwa kode area nomor tersebut adalah untuk area Jabodetabek. Artinya pengguna nomor tersebut, kemungkinan besar ada di Jabodetabek.

Cukup mudah kan? Walaupun cara ini tidak 100% tepat, minimal kamu bisa mengetahui informasi awalnya. Atau jika ada di lokasi kota yang sama, kamu bisa pura-pura menggertak dia, jika orang tersebut terlalu sering mengganggu kamu lewat telepon.

Baca juga:   Cara Mengetahui WA Disadap, Pahami Tanda-Tandanya

2. Memakai HLR Lookup

Jengkel dengan model penipuan via telepon yang sedang marak terjadi? Bahkan sekarang tidak hanya via SMS atau WhatsApp, tapi sudah mulai lewat telepon secara langsung. Jika kamu ingin tahu lokasi penipu tersebut, kamu bisa menggunakan cara ini.

  • Unduh aplikasi HLR Lookup di PlayStore lalu install di HP kamu
  • Buka aplikasinya lalu masukkan nomor yang hendak kamu lacak pada kolom yang tersedia, lalu tekan tanda panah
  • Tunggu prosesnya, maka akan muncul informasi lokasi dari pemilik nomor HP tersebut.

Cara ini bisa kamu gunakan untuk melacak lokasi pemilik nomor hp penipu yang sering menteror kamu. Minimal untuk menakut-nakuti dia bahwa kamu tahu dimana lokasi dia sekarang. Semoga dengan begitu, dia bisa berhenti mengganggu kamu.

Baca juga:   Cara Sadap WhatsApp Jarak Jauh Tanpa Root dan Tanpa Barcode

3. Melalui WhatsApp Web

Cara melacak lokasi pemilik nomor selanjutnya bisa kamu lakukan via WhatsApp Web. Bagi sebagian orang, cara ini mungkin cukup ribet, tapi ternyata jika dipraktekkan step by step, tidak seribet yang dibayangkan. Bagaimana caranya?

  • Tentunya kamu harus membuka WhatsApp Web terlebih dahulu. Kamu bisa membukanya lewat laptop atau komputer.
  • Lalu, buka pesan terakhir dari orang tersebut. Jika pesannya sudah beberapa hari yang lalu, ajak dia untuk membalas chat yang kamu kirim hari ini.
  • Chat terakhir ini berfungsi untuk melihat alamat IP Address terakhir dia
  • Setelah itu, kamu tekan Ctrl + Alt + Del secara bersamaan agar bisa masuk ke menu Task Manager.
  • Kemudian setelah Task Manager muncul, tekanlah Windows + R
  • Ketik cmd, lalu tekan Enter, setelah itu ketik lagi netstat lalu tekan Enter lagi
  • Akan muncul alamat IP dari orang tersebut yang tampil pada command prompt. Lalu buka website yang bisa digunakan untuk cek IP di internet. Ada banyak pilihan website seperti itu di internet. Pilih saja salah satu. 

Cara ini bisa kamu gunakan untuk melacak orang asing yang sering menggangumu atau bisa juga kamu gunakan untuk mencari anggota keluarga yang sedang pergi dari rumah. Minimal kamu bisa tahu lokasi terupdate ada di mana. 

Sebenarnya masih banyak cara yang bisa digunakan untuk melacak lokasi pemilik nomor HP. Ada yang via aplikasi, ada yang menggunakan Google Maps, dan juga yang memakai perangkat yang lain. Semua bisa dijadikan alternatif yang bisa kamu gunakan.

Namun jika kamu sedang mencari cara yang paling mudah dan juga tidak terlalu ribet, maka 3 cara di atas adalah pilihan yang bisa kamu ambil. Kamu tidak butuh alat tambahan, tidak butuh ilmu IT yang terlalu canggih juga, cukup dengan pengetahuan IT sederhana.

Gunakan cara ini untuk aktifitas yang bermanfaat ya, jangan sampai kamu gunakan untuk iseng berlebihan yang dapat mengganggu kenyamanan orang lain. Tetaplah bijak dalam menggunakan sebuah ilmu pengetahuan.

Baca juga:   2 Cara Transfer Chat WA dari Android ke Iphone

Related Articles

Back to top button