AplikasiGadget

Cara Membuat Bot WA, Mudah Layani Chat Pelanggan

Dalam dunia bisnis, ada jargon bahwa pelanggan bagaikan raja. Artinya, tentu perlu melayaninya dengan baik. Lantas, apa hubungannya dengan cara membuat bot WA?

Sebelumnya, mari kita bahas mengenai aplikasi chat ini. Kini, semakin banyak orang yang menggunakan Whatsapp untuk berkomunikasi. Termasuk juga dalam urusan bisnis. Oleh sebab itu, tidak sedikit yang merasa perlu menggunakan bot.

Manfaat Menggunakan Bot Untuk Aplikasi Whatsapp

Cara Membuat Bot WA

Seberapa perlu menggunakan bot untuk WA? Jawabannya tentu tergantung pada keperluan masing-masing orang. Namun, secara garis besar, beberapa manfaat bot tersebut adalah seperti di bawah ini.

1.    Menjawab Chat Pelanggan Secara Real Time

Cap slow respon seolah menjadi momok bagi pebisnis, terutama yang bergerak secara online. Ini merupakan julukan yang seolah menggambarkan bahwa bisnis tersebut tidak serius melayani pelanggan.

Chat pelanggan yang terabaikan dalam waktu lama akan membuatnya jengkel dan berpikiran negatif. Itulah sebabnya, banyak pebisnis mengatasi dengan memanfaatkan keberadaan bot WA.

Dengan demikian, ketika ada pelanggan menghubungi, mereka akan mendapatkan balasan secara real time. Jawaban bisa berisi pesan yang memintanya menunggu giliran untuk mendapatkan respon.

2.    Memberikan Jawaban Otomatis Dengan Cara Membuat Bot WA

Manfaat lainnya dengan menggunakan bot adalah bisa memberikan jawaban secara otomatis. Ini akan sangat berguna dalam menjawab FAQ. Jadi tidak perlu berulang kali memberikan penjelasan yang sama dan itu-itu saja.

Beberapa contoh pertanyaan umum adalah apakah barang masih tersedia, bagaimana cara pemesanan, dan sejenisnya. Jadi, tinggal membuat peraturan tertentu, menjawab pertanyaan pun akan dilakukan bot secara otomatis.

Baca juga:   Cara Mengunci WA Di HP Vivo : 3 Trick Tidak Pakai Aplikasi

3.    Membantu Saat Pebisnis Sedang Sibuk Dengan Cara

Ada kalanya beban kerja meningkat, sehingga Anda merasa sibuk dan kewalahan. Dalam hal inilah bot WA bisa berguna. Tinggal buat pengaturan, maka chat dari pelanggan tetap bisa tertangani.

Cara Membuat Bot WA Untuk Membantu Menangani Pelanggan

Apabila Anda tergolong pebisnis yang memerlukan bot dalam membantu aktivitas chat, tidak ada salahnya mulai mempersiapkannya. Caranya adalah dengan mengunduh dan memasang Autoresponder For Whatsapp.

Anda bisa menemukan aplikasi ini di Google Playstore. Tidak perlu khawatir, mengenai kapasitas memori, karena aplikasi ini tidaklah besar. Ukurannya hanya 9.1 MB saja, sehingga tidak terlalu menggunakan banyak ruang penyimpanan.

Setelah mengunduhnya. lakukan langkah di bawah ini.

  • Setelah berhasil menginstalnya, buka aplikasi Autoresponder tersebut.
  • Selanjutnya, apabila muncul notifikasi untuk menggunakan WA versi terbaru, klik OK.
  • Kemudian, setelah aplikasi terbuka, tekan tanda +
  • Setelah itu akan muncul kotak dialog untuk mulai pengaturan.
  • Isikan kata kunci yang akan mengaktifkan jawaban bot. Jadi, nanti, ketika ada seseorang mengirimkan pesan dengan kata kunci tersebut, bot akan otomatis mengirimkan jawaban.
  • Setelah terisi, tap pada tombol centang.
  • Berikutnya, layar akan menampilkan kotak untuk mengisikan balasan bot. Isikan sesuai dengan jawaban keyword sebelumnya.
  • Jika sudah, tap kembali pada tombol centang.
  • Selanjutnya, pastikan tombol slider di bagian atas dan kolom percakapan bot sama-sama berwarna hijau.
  • Jika sudah hijau, artinya cara membuat bot WA ini telah selesai dan berhasil.

Baca juga: Cara Membuat Bot Telegram Paling Mudah Dengan Android

Fitur dalam Autoresponder

Di dalam aplikasi penjawab pesan otomatis ini, Anda akan mendapati berbagai fitur yang menguntungkan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

  • Memberikan balasan secara otomatis, sesuai pengaturan.
  • Ada pilihan pengiriman balasan, yaitu disesuaikan, semua, dan tertentu.
  • Balasan bisa juga berfungsi untuk kontak, chat grup, dan nomor tidak dikenal.
  • Mengabaikan maupun menentukan kontak dari grup
  • Dan lainnya.

Itulah tadi cara membuat bot WA, manfaat, serta beberapa fiturnya. Dengan menggunakannya, Anda akan bisa lebih fokus pada hal lain, sementara urusan chat dengan pelanggan tetap fast response.

Related Articles

Back to top button