Gadget

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Di Cas Batre Tanam

Hampir seluruh ponsel tipe terbaru menggunakan baterai tanam karena ukurannya yang kecil dan ringan. Namun, baterai tanam sering bermasalah dalam pengisian daya seiring dengan usia ponsel. Maka perlu tahu cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam.

Apabila ponsel tidak bisa dicas, jangan terburu-buru membawanya ke pusat perbaikan. BIsa jadi ada kesalahan yang dapat diperbaiki sendiri. Berikut akan dibahas cara mengatasi ponsel dengan baterai tanam yang tidak dapat dicas.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Di Cas Batre Tanam 5 Langkah Mudah

 Ponsel dengan baterai tanam yang tidak bisa dicas sebenarnya bukan masalah baru dan sering terjadi. Sebelum membawa ponsel ke pusat servis, ada baiknya untuk mencoba 5 cara berikut ini, siapa tahu satu di antaranya bisa mengobati penyakit ini.

Baca juga:   Cara Melewati Akun Mi Cloud Yang Terkunci : Super Cepat

1. Selalu Gunakan Charger Bawaan dari Ponsel

Cara mengatasi kondisi HP yang tidak bisa di cas dengan batre tanam yang harus dilakukan pertama kali adalah selalu menggunakan charger bawaan ponsel. Charger ini bisa didapatkan waktu pertama kali melakukan pembelian ponsel.

Produsen HP selalu menyertakan charger yang mendukung dan sesuai dengan kebutuhan suatu ponsel. Gunakan charger asli selama beberapa minggu untuk melihat kemungkinan HP tidak dapat dicas adalah karena charger yang dipakai tidak support

2. Ganti Charger

Jika sudah menggunakan charger bawaan HP tapi baterai masih tidak dapat dicas, maka bisa jadi charger tersebut mengalami kerusakan. Coba gunakan charger lain dengan kapasitas arus yang lebih tinggi.

Charger dengan ampere yang tinggi biasanya telah dibekali fitur fast charging. Coba gunakan selama beberapa hari dan perhatikan apakah penggantian charger ini memberikan hasil yang positif.

3. Mengukur Baterai

Masalah HP tidak bisa dicas belum juga teratasi meski sudah mengganti charger, coba lakukan kalibrasi baterai secara mandiri. Kalibrasi ini bertujuan untuk merangsang kinerja HP agar kembali bekerja seperti semula.

Baca juga:   Beginilah Cara Mematikan Hp Samsung a52 yang Benar

Manfaat lainnya adalah agar dapat mengetahui seberapa besar kerusakan yang dialami oleh baterai. Cara melakukan kalibrasi baterai adalah dengan mengunduh dan memasang aplikasi calibration.pro yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

4. Bersihkan Membersihkan Port Charger

Coba periksa port charger, bisa jadi masalah HP baterai tanam tidak bisa dicas karena ada kotoran di dalamnya. Port charger adalah tempat menghubungkan kabel charger ke HP.  Lubang yang kotor dapat membuat membuat HP tidak terdeteksi saat dicas. 

Bersihkan port charger perlahan-lahan menggunakan cotton bud, lidi, atau pinset kecil. Lakukan dengan hati-hati agar tidak melukai port charger dan mengakibatkan kerusakan pada bagian ini. 

5. Reset Pabrik

Lakukan reset pabrik jika HP masih bisa menyala namun baterai yang dicas tidak dapat terdeteksi. Reset pabrik bertujuan untuk mengembalikan kondisi dan fungsi sistem operasi di HP menjadi seperti semula ketika baru keluar dari pabrik.

Baca juga:   Cara Melihat Kode QR Wifi di HP Vivo: Mudah Berbagi Koneksi

Hal ini bisa saja berhasil karena terkadang sistem operasi HP mengalami kesalahan. Adapun cara melakukan reset pabrik adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke menu “Pengaturan”
  • Pilih menu “Backup and Reset”.
  • Lanjutkan dengan melakukan reset ke pengaturan pabrik.
  • Perlu diperhatikan bahwa lokasi menu Factory Reset bagi setiap merek HP biasanya berbeda-beda. Beberapa ada yang letaknya di menu “Sistem”, “Akun”, atau “Tentang Telepon.”
  • Jika ponsel hanya bisa nyala sampai tampil logo, coba masuk ke mode “Recovery” atau “Fastboot” kemudian pilih “Wipe Data” atau “Factory Reset.” Caranya dengan mematikan HP, lalu tekan tombol volume bawah berbarengan dengan tombol Power. 
  • Apabila Android mengalami bootloop dan tidak bisa recovery, simak caranya di sini.

Jika telah mencoba cara mengatasi problem HP yang tidak bisa di cas pada batre tanam di atas namun masih belum berhasil, segera saja bawa ke pusat layanan servis resmi. Siapa tahu masalah yang terjadi ternyata lebih rumit.

Related Articles

Back to top button