Gadget

4 Cara Mengecek Garansi Xiaomi Asli atau Palsu

Xiaomi merupakan salah satu Smartphone yang paling populer di Indonesia. Namun banyak yang belum tahu bahwa tidak semua Smartphone Xiaomi yang beredar memiliki garansi resmi. Oleh karena itulah Anda harus tahu bagaimana cara mengecek garansi Xiaomi.

Pasalnya Smartphone Xiaomi dengan garansi tidak resmi atau distributor tidak akan bisa dipakai di Indonesia karena pemblokiran IMEI. Efek pemblokiran IMEI ini sangat besar, yaitu Anda jadi tidak bisa menggunakan jaringan seluler di Indonesia seperti Telkomsel, Axis, Indosat, dan lain-lain.

Cara Mengecek Garansi Xiaomi Asli

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tutorial cara cek garansi xiaomi. Sebelum Anda membeli Hp Xiaomi, ada baiknya cek garansinya terlebih dahulu menggunakan cara yang akan kami bagikan berikut ini.

Baca juga:   5 Harga HP Oppo Keluaran Terbaru & Spesifikasinya (Juli 2021)

1. Cek Garansi di Disubook

Cara paling mudah untuk mengetahui garansi Xiaomi adalah dengan melihat dus book atau kotak kemasannya. Jika di kotak kemasan terdapat stiker TAM, maka bisa dipastikan produk tersebut adalah asli. TAM adalah singkatan PT Telematika Artha Mandiri yang merupakan distributor resmi Xiaomi.

Selain stiker TAM, di kotak kemasan Hp Xiaomi dengan garansi resmi juga akan tertulis PT Sat Nusapersada Tbk yang ada di Batam, Kepulauan Riau. Ini menandakan bahwa Hp merupakan produk resmi yang dirakit di Indonesia. Untuk Xiaomi garansi distributor, biasanya tertulis Made in China.

2. Melihat Jenis Charger

Cara mengecek garansi Xiaomi yang selanjutnya adalah dengan melihat jenis kabel yang digunakan. Banyak yang tidak tahu bahwa kita bisa mengecek garansi Xiaomi itu resmi atau tidak lewat kabel charger ada.

Biasanya Xiaomi dengan garansi distributor menggunakan charger yang bukan standar Indonesia. Bentuk chargernya adalah pipih atau mempunyai tiga kaki. Sedangkan jika Xiaomi Anda bergaransi resmi maka akan mendapat charger dengan standar dua kaki dan bisa langsung dicolokkan ke listrik tanpa adapter.

Baca juga:   Merk Hp Terbaik di Indonesia, Cocok Untuk Driver online

3. Cek IMEI HP Xiaomi

IMEI merupakan sebuah identitas dari Smartphone, setiap Smartphone mempunyai IMEI yang berbeda-beda dan terdaftar di database Kemenperin. Untuk mengecek IMEI di Hp Xiaomi tidaklah sulit, Anda bisa langsung mengetikkan kode *#06# di aplikasi Telepon. Maka secara otomatis IMEI Hp Anda akan muncul.

Setelah Anda mendapatkan IMEI tersebut, silahkan catat dan buka laman situs https://imei.kemenperin.go.id/. Masukkan IMEI Hp Anda di kolom pencarian yang ada. Jika terbukti resmi, maka akan muncul informasi bahwa IMEI tersebut sudah terdaftar.

4. Cek IMEI Xiaomi Online

Cara mengecek garansi Xiaomi yang terakhir adalah dengan menggunakan website khusus untuk mengecek garansi Xiaomi. Situs tersebut beralamat pada https://buy.mi.com/id/registration. Ketika mengakses situs tersebut, akan muncul kolom untuk memasukkan nomor IMEI Hp Xiaomi Anda. Silahkan Anda masukkan nomor IMEI yang sudah Anda catat sebelumnya.

Baca juga:   Cara Mendinginkan Hp Samsung : Nomor 5 Sering Diabaikan

Setelah Anda memasukkan IMEI, maka akan muncul distributor yang memberikan garansi pada HP Xiaomi Anda. Jika tertulis Erajaya, maka bisa di pastikan Hp Xiaomi Anda bergaransi resmi. Namun jika tulisannya adalah China, maka Hp Xiaomi Anda merupakan Hp non-resmi.

Sebenarnya cara yang keempat ini tidak jauh berbeda dengan cara ketiga, yaitu sama-sama menggunakan IMEI untuk mengecek garansi Xiaomi. Bedanya ada pada situs yang di gunakan untuk mengeceknya.

Demikianlah beberapa cara mengecek garansi Xiaomi yang bisa Anda gunakan. Dengan menggunakan cara di atas, Anda bisa tahu apakah Hp Xiaomi yang mau Anda beli itu resmi atau tidak. Dengan begitu Anda bisa menghindari pemblokiran IMEI yang pemerintah lakukan.

Related Articles

Back to top button