Gadget

5 Cara Menghapus Iklan di Android: Aplikasi dan Tanpa Aplikasi

Iklan yang tiba-tiba muncul di Android tentu sangat mengganggu, apalagi jika kita sedang asing berselancar di internet ataupun bermain game. Supaya tidak ada lagi iklan mengganggu ini Anda harus tahu bagaimana cara menghapus iklan di Android.

Sebenarnya ada banyak cara untuk menghilangkan iklan di Android, mulai dengan aplikasi tambahan ataupun tanpa aplikasi. Seperti yang kita tahu, iklan di Hp bisanya memaksa kita untuk mendownload aplikasi yang tidak dibutuhkan dan bahkan aplikasi yang mengandung virus.

Cara Menghapus Iklan di Android

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa cara menghapus iklan di Android. Bagi Anda yang merasa terganggu dengan iklan di Hp Anda, silahkan gunakan beberapa cara berikut ini.

1. Bayar Aplikasi atau Biaya Langganan

Kebanyakan developer aplikasi atau game akan menawarkan opsi berlangganan untuk menghilangkan iklan. Dengan skema langanan ini perusahaan atau si pembuat aplikasi akan tetap mendapat keuntungan setiap bulan atau tahun dari pengguna yang tidak ingin melihat iklan.

Baca juga:   Cara Melihat Status WA Yang Disembunyikan : Its Work!

Pemasukan jenis ini lebih stabil jika dibandingkan skema beli putus. Sekarang ini ada beberapa aplikasi yang menggunakan sistem beli putus. Jadi saat Anda ingin memakai aplikasi tersebut, Anda harus bayar terlebih dahulu. Namun kebanyakan aplikasi jenis ini jarang update konten.

2. Matikan Internet atau Wifi

Cara menghapus iklan di Android yang paling mudah adalah dengan mematikan data seluler atau Wifi. Cara ini ampuh untuk menghilangkan iklan yang ada di game atau aplikasi yang bisa digunakan secara offline.

Ketika aplikasi menampilkan iklan, mereka harus mengandung materi iklannya terlebih dahulu lewat internet. Jadi saat internet mati, maka aplikasi tersebut tidak bisa download materi iklan. Sedangkan untuk game atau aplikasi offline tetap bisa berjalan meski tidak terhubung ke internet.

Baca juga:   Ketahui Ukuran Wallpaper HP, Berikut Penjelasan Lengkapnya!

3. Menu Security di Settings

Yang berbahaya dari sebuah iklan di Hp adalah masuknya malware atau virus berbahaya dari aplikasi yang diiklankan. Beberapa iklan di Android bisa menipu pengguna untuk install aplikasi tertentu dari luar Play Store yang sebenarnya tidak di butuhkan.

Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda bisa memblokir penginstalan aplikasi dari sumber yang tidak jelas atau di luar Play Store. Caranya adalah dengan masuk ke Settings atau Pengaturan => Security => Privacy dan jangan izinkan pada penginstalan aplikasi dari sumber tidak diketahui.

4. Blokir Iklan di Chrome

Chrome merupakan browser bawaan di Hp yang sering dijadikan browser utama. Aplikasi ini sering digunakan untuk browsing di website dan biasanya akan menampilkan iklan. Kadang ada iklan pop-up yang mengganggu ketika sedang browsing.

Berikut adalah cara menghapus iklan di Android pada Google Chrome:

  • Buka aplikasi Chrome di Hp Anda.
  • Kemudian klik tombol menu di ujung kanan atas (titik tiga vertikal).
  • Setelah itu buka menu Settings.
  • Cari menu Site Settings.
  • Klik Pop-ups and redirects.
  • Silahkan aktifkan opsi Pop-ups and redirects sampai muncul tulisan Allowed.
  • Kembali ke menu Site Settings dan klik Ads dan aktifkan.
Baca juga:   Cara Menonaktifkan Whatsapp di HP Oppo

5. Instal Aplikasi AdBlocker

Cara terakhir yang kami rekomendasikan untuk memblokir iklan mengganggu di Hp Android adalah menginstal aplikasi AdBlocker. Ada banyak aplikasi ad blocker yang bisa Anda gunakan untuk memblokir iklan sesuai kebutuhan.

Berikut ini tips dalam memilih aplikasi AdBlocker yang bagus:

  • Install aplikasi ad blocker hanya dari Play Store.
  • Hindari menginstal aplikasi dari luar Play Store supaya aman dari malware.
  • Pastikan aplikasi tersebut di scan setelah terinstall.
  • Pilih aplikasi dengan rating paling bagus
  • Baca deskripsi aplikasi dan pilih ad blocker sesuai kebutuhan.

Nah itulah tadi beberapa cara menghapus iklan di Android dengan dan tanpa aplikasi. Selain beberapa cara yang kami bagikan di atas, sebenarnya masih banyak cara lain untuk mengatasi iklan di Android.

Related Articles

Back to top button