Teknologi

Cara Menghapus Kelas di Google Class Room dan Memulihkanya

Terkadang banyaknya kelas yang sudah tidak aktif membuat kita bingung karena tampilanya Google Classroom menjadi berantakan. Bagi kalian yang belum tahu cara menghapus kelas di google class room, mungkin itu bisa menjadi solusi.

Pasalnya, kita bisa membuang semua kelas yang sudah tidak terpakai agar kita lebih mudah menemukan kelas aktif. Tapi bagaimana jika tidak ingin menghapus secara permanen?

Sebenarnya ada beberapa opsi, yang pertama menghapus, dan kedua yaitu mengarsipkan kelas. Menghapus artinya kita tidak bisa lagi mengakses kelas. Sedangkan opsi arsip suatu saat kita bisa mengaksesnya kembali.

Cara Menghapus Kelas di Google Class Room

Jika kamu sudah terbiasa menggunakan email, mungkin kita akan melihat banyak inbox yang mungkin tidak penting. Hal ini tentu sama bagi kalian yang banyak mengikuti kelas di google classroom. Cara menghapus kelas di google class room sebenarnya sangat simpel.

Terlepas apapun peran atau perangkat yang kalian gunakan, kamu bisa menghapusnya di menu opsi yang tersedia. Mungkin tampilan akan mempengaruhi cara kita melakukanya, berikut ini langkah-langkah menghapus kelas google classroom:

Baca juga:   Cara Update Xiaomi Semua Tipe ke Versi MIUI 12

1. Hapus Kelas Google Classroom via Laptop

Secara umum kita memang tidak bisa menghapus langsung kelas di google classroom. Untuk menghapus kelas secara permanen, kita wajib mengarsipkanya terlebih dahulu. Ikuti step by step berikut ini:

  • Kunjungi google classroom di lapto atau pc
  • Pilih kelas yang akan dihapus
  • Pilih opsi (titik tiga) lalu klik Arsip
  • Kemudian masuk ke menu Kelas yang diarsipkan
  • Klik opsi (titik tiga) lalu pilih Hapus

Pada tahap ini kelas sudah berhasil kalian hapus secara permanen. Lakukan cara ini untuk menghapus semua kelas yang sudah tidak digunakan.

2. Hapus Kelas Google Classroom di Hp

Sebenarnya cara menghapus kelas di google class room melalui hp tidak jauh berbeda di laptop. Mungkin dari sebagian orang dibuat bingung karena tampilanya yang sedikit berbeda. Berikut caranya:

  • Buka aplikasi google classroom
  • Kemudian pilih titik tiga di pojok kanan atas kelas yang akan di hapus
  • Pilih menu Archive, lalu konfirmasi lagi dengan pilih Archive
  • Selanjutnya masuk ke menu di pojok kiri atas
  • Kemudian scroll kebawah pilih Archived classes
  • Pilih opsi (titik tiga) pada kelas, lalu klik Delete class
  • Selanjutnya konfirmasi penghapusan dengan pilih Delete

Bagaimana, sama kan? yang jadi pembeda yaitu bahasa yang digunakan. Pasalnya, mayoritas bahasa di aplikasi google classroom memakai bahasa inggris, kecuali kalian sudah mengubahnya.

Baca juga:   3 Jenis Proyektor Terbaik Dan Cara Perawatannya

Apakah Data File Kelas Google Classroom Ikut Terhapus?

Kebanyakan orang pasti akan berfikir jika menghapus kelas akan otomatis menghapus semua file yang tersimpan. Cara menghapus kelas di google class room sebenarnya ada dua opsi yaitu permanen dan mode arsip.

Namun jika menggunakan google classroom, kalian tidak perlu kawatir karena file yang tersimpan di kelas tersebut tidak benar-benar terhapus permanen.

Untuk mengakses file kelas yang terhapus di google classroom, bisa melalui google drive. Pasalnya, secara default semua file yang terkirim akan disimpan disana. Cari nama folder yang sesuai dengan nama kelas, dan pastikan menggunakan email atau akun google yang sama.

Cara Mengembalikan Kelas yang Terhapus di Google Classroom

Dari beberapa kasus masih banyak yang mengalami kelas terhapus secara tidak sengaja. Biasanya kelas google classroom akan hilang dari daftar kelas aktif. Perlu dipahami, mengarsipkan dan menghapus merupakan dua hal yang berbeda.

Apabila tiba-tiba kelas hilang, kamu bisa coba cari di menu arsip. Berbeda jika kamu sengaja menghapus kelas tersebut karena kamu benar-benar akan kehilangan akses secara permanen kecuali file yang pernah terkumpul.

Lalu bagaimana cara mengembalikan kelas yang terhapus di google classroom? Tidak ada pilihan untuk restore jika sudah terhapus permanen. Tapi jika kamu tidak sengaja, berikut untuk mengembalikan kelas yang terhapus (arsip) di google classroom:

  • Buka aplikasi google classroom
  • Pilih menu di pojok kiri atas, lalu pilih kelas yang diarsipkan
  • Kemudian cari kelas yang akan di pulihkan
  • Klik icon titik tiga di pojok kelas tersebut
  • Lalu pilih menu restore atau pulihkan
  • Maka kelas akan kembali aktif
Baca juga:   Rekomendasi Wireless Charger: 5 Pilihan Terbaik Untuk Anda

Umumnya kelas yang hilang atau diarsipkan akan kembali aktif dan bisa diakses di google classroom. Sedangkan untuk kelas yang terhapus permanen, tidak bisa di aktifkan kembalikan. Kamu hanya bisa mengakses semua filenya melalui google drive.

Jika cara menghapus kelas di google class room ini dari sisi guru atau administrator, bagaimana jika untuk siswa yang tidak sengaja menghapus tugas yang akan dikirim?

Selama file tugas sudah berhasil di upload, sebenarnya kamu bebas mengaksesnya kapanpu yang kamu mau. Seperti yang sudah kita jelaskan, semua produk google secara default pasti menggunakan penyimpanan dari google drive.

Tidak hanya itu, fitur lainya seperti spreadsheet dan google form juga akan menampung semua file absensi google kedalam folder drive.

Untuk mengembalikan tugas yang terhapus sebenarnya ada menu buat salinan. Pilih dan tunggu beberapa saat, maka google classroom akan menyalin file dari google drive untuk ditampilkan kembali.

Related Articles

Back to top button