Komputer

3 Cara Menjumlah di Excel Lengkap dan Mudah

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk melakukan sejumlah perhitungan dan mengelola data. Banyak orang yang menggunakan software ini untuk menjumlahkan data. Meskipun begitu, masih banyak juga yang bingung bagaimana cara menjumlah di Excel.

Untuk melakukan perintah penjumlahan di Excel bukanlah hal yang sulit. Bahkan ada beberapa cara menjumlah yang bisa digunakan. Contohnya menjumlah dari atas ke bawah, menjumlah ke samping, menggunakan fungsi sum, dan banyak lagi.

Cara Menjumlah di Excel Termudah

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan cara menjumlah di Excel. Bagi Anda yang belum tahu dan penasaran bagaimana caranya, silahkan ikuti tutorial berikut ini.

1. Dari Atas ke Bawah

Menjumlahkan data di Excel dari atas ke bawah merupakan salah satu yang paling sering dilakukan pengguna Excel. Bagi Anda yang ingin menjumlahkan data yang urutannya vertikal, silahkan gunakan cara yang berikut ini.

Baca juga:   3 Cara Mengedit PDF di Laptop Lengkap, Tanpa Aplikasi!

Berikut langkah-langkah cara menjumlah di Excel dari atas ke bawah:

  • Buat data dengan posisi vertikal atau dari atas ke bawah di kolom C2 sampai C5.
  • Kemudian aktifkan kursor pada kolom C6.
  • Masukkan rumus =data C2+C3+C4+C5.
  • Setelah itu tekan Enter, maka akan muncul total penjumlahannya.
  • Jika Anda punya kolom lain yang ingin dijumlahkan di sampingnya, tidak usah menuliskan rumus tadi.
  • Cukup letakan kursor di cell C6 dan tarik ke samping sampai semua kolom yang ingin dijumlahkan tercangkup.
  • Selesai, otomatis hasil rumus tersebut akan tersalin dengan menyesuaikan kolomnya.

2. Menjumlah ke Samping

Selain menjumlahkan ke bawah, rumus penjumlahan lain yang sering di gunakan di Excel adalah menjumlahkan ke samping. Sebenarnya cara pemakaiannya sama seperti rumus sebelumnya, bedanya ada pada sel yang di gunakan.

Baca juga:   AMD Graphic Card, Performa Masing-Masing Tipe

Berikut cara menjumlah di Excel ke samping:

  • Buat sebuah data dengan dengan total penjumlahan berada di samping.
  • Misal Anda ingin menghitung baris C2 sampai G2.
  • Maka silahkan letakan kursor di kolom H2, ketikkan rumus = C2+D2+E2+F2+G2 dan tekan Enter.
  • Setelah itu hasil akan muncul secara otomatis.
  • Untuk menghitung baris lain dengan penjumlahan yang sama di bawahnya, tidak perlu menulis ulang rumus tersebut.
  • Cukup tarik bagian sudut ke bawah sampai kolom H terisi sesuai dengan data yang ingin Anda jumlahkan.
  • Setelah itu otomatis semua data yang ingin dijumlahkan akan terisi.

3. Menggunakan SUM

Jika Anda ingin menjumlahkan data di Excel dengan jumlah yang banyak, memakai dua cara di atas tentu akan sangat melelahkan. Untuk itulah, terdapat rumus penjumlahan yang bisa Anda pakai supaya tidak perlu repot mengetik kolom data yang ingin di jumlahkan. Rumus tersebut adalah SUM.

Baca juga:   Perbedaan processor Intel Dan AMD, Pahami Sebelum Memilih

Berikut adalah cara menjumlahkan di Excel menggunakan fungsi SUM:

  • Buat sebuat tabel dengan data-data yang ingin di jumlahkan. Rumus SUM ini bisa Anda pakai untuk menjumlahkan data pada baris dan kolom.
  • Contoh, buatlah data vertikal ataupun horizontal dengan jumlah yang banyak. Misal dari kolom A1 sampai A50.
  • Untuk menjumlahkan semua data yang ada pada kolom tersebut, caranya mudah.
  • Letakan kursor pada kolom A51 dan ketikkan rumus =SUM(A1:A50) dan tekan Enter.
  • Setelah itu otomatis semua data akan dijumlahkan.
  • Jika Anda ingin menjumlahkan data lain pada kolom yang lain, misal pada kolom B. Maka tinggal salin rumus pada A51 dan pastekan pada B51, otomatis hasil penjumlahan pada kolom B1-B50 akan muncul.

Nah itulah tadi beberapa cara menjumlahkan data di Excel dengan mudah dan cepat. Dengan rumus di atas Anda bisa menjumlahkan data kolom dan baris dengan cepat.

Related Articles

Back to top button