Komputer

3 Cara Print Amplop Mudah Dan Cepat

Saat mengetik surat, biasanya Anda juga harus mencetak bersamaan dengan amplopnya. Sayangnya, mencetak amplop ini tergolong gampang-gampang susah. Jadi, mari memahami cara print amplop yang mudah dan cepat.

Sebenarnya, Anda bisa saja, mengetiknya secara manual di Word. Namun, program ini sudah menyediakan fitur pencetakan otomatis. Jadi, mengapa tidak memanfaatkan kemudahan tersebut saja?

3 Langkah Cara Print Amplop

Amplop yang tercetak rapi tentu akan lebih baik dan memberikan kesan formal. Selain itu, akan mudah mengenali pengirim maupun penerimanya. Oleh sebab itu, mari mengetahui urutan pencetakan amplop resmi.

1.    Langkah Awal persiapan

Pertama, tentu Anda harus mengetahui dengan pasti ukuran amplopnya Caranya adalah dengan melihat pada kotaknya. Atau, jika sudah tidak ada, bisa mengukurnya secara manual.

Beberapa ukuran amplop standar:

  • Ukuran C4: 229 x 324 mm.
  • Amplop ukuran C3: 324 x 458 mm.
  • Amplop C7: 81 x 114 mm.
  • Ukuran C6: 114 x 162 mm.
  • Ukuran amplop C5: 162 x 229 mm.
  • B6: berukuran 125 x 176 mm.
  • B4: berukuran 250 x 353 mm.
  • Ukuran amplop E4: 280 x 400 mm.
  • Amplop E4: 280 x 400 mm.

 

Baca juga:   Dua Cara Menghilangkan Rumus di Excel, Tanpa Menghapus Hasil

2.    Membuat Formatnya Menggunakan Word

Selanjutnya, Anda bisa langsung membuat format pencetakan amplop tersebut. Silakan mengikuti tahapan langkah-langkahnya berikut ini.

  • Bukalah dokumen kosong pada Microsoft Word
  • Selanjutnya, pilih pada menu Mailings. Setelah menu ini terbuka, pilih Envelopes.
  • Kemudian, kotak dialog Envelopes and Labels akan terbuka. Klik pada envelopes, lalu tekan tombol Options … di bagian bawah.
  • Anda akan mendapati beberapa pilihan ukuran amplop. Namun, jika ukuran amplop yang akan dicetak tidak tersedia, pilih custom size.
  • Masukkan ukuran amplop, sesuai hasil pengukuran sebelumnya, lalu klik OK.
  • Selanjutnya Anda akan kembali ke kotak dialog Envelopes and Labels.
  • Jika ingin menambahkan alamat penerima, ketikkan pada kotak Delivery address. Adapun kotak Return Address untuk meletakkan alamat pengirim. Namun, jika tidak ingin menuliskannya, kosongkan saja kedua kotak tersebut.
  • Setelah selesai, klik pada tombol Add to Document.
  • Selanjutnya, akan muncul lembar dokumen kosong. Salah satunya adalah tampilan untuk amplopnya.

3.    Menambahkan Kop Surat Pada Amplop

Setelah format amplop selesai, cara print amplop selanjutnya adalah dengan menambahkan kop surat. Jadi, nantinya amplop tidak hanya akan berisi kolom alamat penerima, melainkan juga kop surat resmi.

Caranya adalah mengetikkannya, maupun melakukan copy paste dari kop surat yang sudah tersedia sebelumnya. Anda juga bisa menambahkan informasi penting lain pada bagian muka amplop tersebut.

Baca juga:   4 Metode Cara Mematikan Laptop Acer : Super Mudah

4.    cara print amplop Setelah Semua Siap

Apabila semua informasi yang perlu ada pada bagian muka amplop sudah siap, saatnya melakukan pencetakan. Namun, perlu Anda ketahui, peletakan amplop harus pada posisi yang tepat, ketika proses ini.

Jika tidak, bisa jadi beberapa tulisan terpotong, dan amplop menjadi rusak. Untuk mengetahui posisi amplop yang benar, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Klik menu Mailings, kemudian pilih Envelopes and Labels.
  • Berikutnya, saat kotak dialog terbuka, klik Options … di bagian bawah.
  • pada kotak dialog berikutnya, pilih Print Options.
  • Pilih salah satu dari Feed Methods yang tersedia.
  • Cobalah memilih salah satunya, hingga muncul notifikasi bahwa Word menyarankan metode tersebut.
  • Terakhir, klik OK.

Bisa jadi saat sudah mencetak, Anda akan mendapati bahwa peletakannya kurang tepat. Hal ini wajar, jadi tinggal menyesuaikan dan mencoba terus hingga menemukan posisi yang tepat.

Demikianlah cara print amplop menggunakan microsoft Word. Langkah ini lebih mudah dan rapi daripada melakukannya secara manual. Meskipun harus mencoba penempatan amplop sebelumnya, nantinya memudahkan saat mencetak banyak.

Related Articles

Back to top button