Gadget

Cek Layar HP Samsung: Pake Kode Rahasia Ini!

Ketika kita berniat membeli hp bekas, tentu butuh pengetahuan khusus untuk memastikan kondisinya normal. Khusus hp android, ada cara cek layar hp samsung menggunakan kode rahasia loh.

Kondisi layar harus dipastikan normal! Pasalnya, layar merupakan elemen penting dari sebuah smartphone. Bayangkan kalo setelah sampe rumah ternyata layarnya rusak? Nyesel kan!

Sebenernya ada trik khusus yang bisa kalian lakukan. Tidak perlu scan pake laptop atau pc. Kira-kira gimana sih cara mengecek kesehatan layar hp samsung?

Masalah Layar Hp Samsung Secara Umum

Biasanya masalah yang sering dialami pengguna samsung yaitu layar Shadow atau bergaris, bertitik (dead Pixel), sampai layar sentuh yang tidak normal. Tentu masalah ini sangat berpotensi ketika membeli hp second. Maka dari itu kamu harus jeli.

Untuk mengetahui kesehatan layar khususnya hp samsun, ada beberapa metode. Namun sebelum itu kita bahas masing-masing masalahnya terlebih dulu. Pasalnya, cara cek layar hp samsung juga berbeda-beda, tergantung fitur apa yang ingin di cek.

1. Dead Pixel

Dead Pixel merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada hp samsung keluaran lama. Biasanya layar berbintik atau terdapat titik-titik dibagian layar.

Baca juga:   4 Cara Cek Saldo e-Money Mandiri dengan Mudah

Parahnya, untuk memperbaiknya membutuhkan biaya yang tidak sebanding. Untuk melihatnya kamu harus benar-benar teliti. Pasalnya, dari bintik sekecil apapun bisa jadi tanda akan mengalami dead pixel!

2. Shadow

Adanya garis-garis di layar samsung itu bisa disebut dengan shadow. Mungkin kamu bisa melihatnya secara fisik, tapi tetap harus diperhitungkan. Pasalnya, shadow tidak jauh berbeda dari dead pixel. Keduanya bisa mempengaruhi umur layar hp samsung.

Percuma kan, kalo beli hp tapi tidak awet? Mending kamu sekalian beli baru ketimbang beli hp yang sudah jelas ada gangguan pada layarnya.

3. Touchscreen Tidak Normal

Nah, ini dia alasan kenapa kamu harus tau cara cek layar hp samsung. Pastikan kamu nyaman saat menggunakan hp tersebut, khususnya responsivitas Touchscreen. Pastikan tidak ada waktu delay saat kamu sentuh.

Namun jika kamu merasa kurang nyaman, sebaiknya segera cek kesehatan layar smartphone tersebut. Tahap awal cek sisa memori, apakah hampir penuh? Pasalnya, itu juga bisa menjadi penyebab hp kurang responsive.

4. MultiTouch Bermasalah

Kebanyakan orang tidak menyadari kalo layar hp yang mereka beli memiliki masalah pada layar. Ganguan MultiTouch bisa disebabkan karna berbagai faktor. Jika ini terjadi, kapasitas sensor sentuh yang bisa ditangkap akan terbatas.

Baca juga:   Cara Reset HP Samsung: Paling Mudah Atasi Lupa Pola, Sandi dan Pin Android

Contoh sederhananya yaitu ketika kamu klik layar secara bersamaan, maka hanya beberapa saja yang bisa direspon. Normalnya hp samsung bisa merespon sentuhan sampai sepuluh bagian secara bersamaan. Namun bisa saja lebih sedikit, tergantung tipenya.

Cara Cek Layar Hp Samsung

Setelah kamu tahu apa saja masalah yang sering terjadi pada hp android, saatnya kita membahas bagaimana cara mengecek kesehatan layar hp samsung tanpa laptop atau pc.

Mungkin ini akan berhasil pada hp keluaran lama. Namun tidak menutup kemungkinan masih bisa work pada versi android terbaru. Penasaran? Langsung saja kita ikuti cara cek layar hp samsung berikut ini:

1. Cek Layar Berbintik di Hp Samsung

seperti yang kita tahu, istilah layar berbintik bisa disebut juga Dead Pixel. Pada hp samsung, ada dua cara yaitu menggunakan kode hp samsung atau aplikasi tambahan.

Mungkin kamu membutuhkan aplikasi Dead Pixel Detect and Fix untuk mengetahui statusnya. Sedangkan cara cek layar berbintik di hp samsung menggunakan kode sebagai berikut:

  • Masukan kode *#0*# pada dial pad
  • Pilih menu red/blue/green untuk mendeteksi dead pixel
  • Maka secara otomatis bintik akan terdeteksi

Agar hasilnya akurat dan maksimal, sebaiknya kamu mencobanya dari masing-masing warna.

Baca juga:   Samsung Galaxy S22 Dipastikan Rilis Februari

2. Cek Responsivitas Touchscreen

Mengecek responsivitas tauchscreen harus menjadi salah satu proses yang wajib dilakukan jika membeli hp bekas. Kamu bisa mengetahuinya dengan menggunakan kode rahasia hp samsung.

Untuk mengecek layar hp samsung menggunakan kode, silahkan ikuti langkah berikut ini:

  • Buka dial pad, lalu ketikan kode *#0*#
  • Maka otomatis menu baru akan muncul
  • Selanjutnya pilih Touch
  • Kemudian sentuh semua garis tang ditampilkan hingga berubah warna
  • Jika semuanya hijau, tandanya layar hp samsung masih normal

Menggunakan kode ini, kamu juga bisa cek berbagai kesehatan hp lainya seperti speaker, getar dan kamera. Tapi jika tidak berfungsi, mungkin tipe hp tidak support.

3. Mengecek MultiTouch

Meskipun kondisi layar sentuh masih normal, bukan berarti multitouch tidak bermasalah! Fitur ini sangat kamu butuhkan jika suka bermain game. Bagaimana jadinya jika hp hanya mendukung 2-3 sentuhan saja? Sudah pasti tidak rekomend!

Untuk mengecek fitur yang satu ini, kita butuh bantuan dari aplikasi pihak ke-3 yaitu MultiTouch Tester. Silahkan download dan tes sendiri berapa banyak sentuhan yang bisa direspon.

Agar lebih aman, sebaiknya beli hp bekas dari teman atau keluarga. Pasalnya, itu merupakan cara jitu mendapatkan hp second yang bergaransi.

Related Articles

Back to top button