Gaya HidupKesehatan

Ini 5 Cara Sehat Menaikkan Berat Badan Setelah Sakit

Berat badan turun setelah sembuh dari sakit, adalah salah satu hal yang lumrah. Jangan khawatir, ada cara sehat menaikkan berat badan yang dapat Anda lakukan. Terbilang praktis, dan pastinya membuat badan jadi lebih sehat.

Cek berat badan Anda saat ini

Pertama-tama, cara sehat menaikkan berat badan yang sebaiknya diperhatikan adalah, mengecek berat badan yang Anda miliki saat ini.

Berapa berat badan Anda sebelum sakit, dan berapa berat badan Anda saat ini. Tidak ada salahnya jika Anda pun mengecek, berapa berat badan ideal yang seharusnya. Dengan demikian, Anda dapat memberikan target berat badan yang akan Anda naikkan.

Baca juga:   4 Cara Cepat Turunkan Kolesterol Agar Terhindar Dari Resiko Masalah Kesehatan

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, tidak ada salahnya jika kali ini Anda berkonsultasi dengan dokter gizi atau dokter yang menangani Anda . agar Anda memperoleh informasi tambahan tentang daftar makanan dan minuman yang sebaiknya atau tidak dikonsumsi. Selain itu, tanyakan juga hal-hal yang sebaiknya atau tidak sebaiknya dilakukan.

Konsumsi makanan secara berimbang

Seperti halnya menurunkan berat badan. Cara menggemukkan badan pun, Anda harus mngkonsumsi makanan secara brimbang. Kali ini, Anda dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein. Lantaran protein ini mampu diubah jadi energi dan jika dilatih dengan baik, sedikit banyak, mampu menaikkan massa otot tubuh Anda.

Mengkonsumsi lemak, tentu tidak masalah, tapi jangan terlalu banyak. Karena hal tersebut, justru akan memperbesar resiko penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Baca juga:   6 Cara Merawat Tubuh Agar Sehat Praktis, yang Sering Orang Abaikan!

Yang artinya, Anda tetap dapat mengkonsumsi makanan seperti daging merah, daging putih, aneka sayuran, kacang-kacangan, ikan, dan yang lainnya, dengan komposisi berimbang. Konsumsi makanan-makanan tersebut secara rutin. Anda juga sebaiknya makan setidaknya 3 kali dalam sehari, dalam porsi sedikit lebih banyak.

Konsumsi minuman yang dapat menambah berat badan

Selain mengkonsumsi makanan, Anda juga perlu memperhatikan aneka jenis minuman yang sebaiknya dikonsumsi. Minuman yang sebaiknya dikonsumsi, sebaiknya yang cukup kalori, namun tidak terlalu banyak. Sedikit catatan, hindari minuman bersoda.

Mengkonsumsi minuman yang mengandung lemak baik untuk tubuh, seperti susu full cream, dan juga jus alpukat tentu tidak masalah. Karena beberapa minuman tersebut, terbilang menyehatkan sekaligus mampu menaikkan berat badan, ketika dikonsumsi secara rutin.

Baca juga:   Cara Menjaga Gula Darah Secara Alami Dan Mudah

Tetap olahraga secara rutin

Untuk menjaga tubuh agar tetap bugar, sebaiknya lakukan olahraga secara rutin. Jangan melakukan olahraga yang terlalu berat. Mengingat Anda baru saja sembuh dari sakit. sebaiknya lakukan olahraga ringan, namun mampu menggerakkan otot di seluruh tubuh, seperti jalan santai, jogging atau bahkan yoga. Lakukan olahraga tersebut, setidaknya 15 hingga 30 menit setiap harinya.

Kelola stress

Satu hal yang tetap harus Anda ingat, terutama untuk menjaga kesehatan Anda, adalah untuk mengelola stress. Upayakan agar tubuh ceria, agar daya tahan tubuh tetap terjaga dengan baik.

Demikianlah beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan, untuk cara sehat menaikkan berat badan setelah Anda sembuh dari sakit. Tentunya tidak sulit, bahkan jika dilakukan dengan baik, mampu menaikkan daya tahan tubuh, Anda. 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button