Gadget

Rekomendasi 5 Jam Gunung, Bukan Sekadar Penunjuk Waktu

Hobi naik gunung maupun trekking? Jangan lupa lengkapi peralatan Anda dengan jam gunung. Bukan hanya sekadar penunjuk waktu, jam tangan jenis ini memiliki banyak fitur pendukung bagi penjelajah alam.

Rekomendasi 5 Jam Gunung Untuk Menemani Pendakian

Jam tangan mountaineering hadir dengan fitur pendukung pendakian. Di antaranya adalah GPS, barometer, altimeter (pengukur ketinggian), hingga penyimpanan data pendakian. Agar bisa menjadi pertimbangan, silakan lihat rekomendasinya ini.

1. Eiger Mercury-YP10515 ABC Watch

Temasuk dalam jam mountaineering yang terjangkau, Eiger meluncurkan Seri Mercury-YP10515 ini. Ada beberapa fitur jam tangan ini yang bisa membantu Anda dalam pendakian. Di antaranya adalah berometer, altimeter, dan kompas.

Selain itu, jam ini juga bisa memprediksi cuaca, berkat adanya sensor pergerakan tekanan udara. Sayangnya, dalam jam ini tidak ada fitur GPS, sehingga hanya mengandalkan kompasnya saja sebagai penunjuk arah.

Baca juga:   Rekomendasi Headphone Bluetooth, Kualitas Audio Lebih Jernih

2. Suunto Core All Black

Selanjutnya, Anda juga bisa mempertimbangkan penggunaan jam mountaineering dari Suunto ini. Desainnya terkesan fashionable dan cocok untuk wanita maupun pria. Adapun fiturnya cukup lengkap, yaitu altimeter, barometer, dan kompas.

Jam tangan ini tahan berada di air dengan kedalaman 30 meter. Jadi, Anda tidak perlu khawatir memakainya di bawah guyuran hujan. Keunggulan lainnya ada pada waktu sunrise dan sunset. Di samping itu, ada alarm badai yang memberikan peringatan dini.

Adapun untuk dayanya, jam ini menggunakan tenaga baterai. Jadi, anda tidak perlu repot mencari sumber listrik untuk mengisi ulang. Dengan demikian, jam ini tergolong cocok untuk pendakian dalam waktu lama.

3. Casio Pro Trek Smart

Produsen jam cukup terkenal ini juga menghadirkan jam gunung yang tidak kalah dari produk sejenisnya. Jam ini hadir lengkap dengan color maps yang memudahkan penggunanya untuk membaca peta.

Baca juga:   5 Keunggulan HP Samsung Baru 2021 Beserta Harga & Spesifikasinya

Ada juga fitur lainnya seperti barometer, altimeter, kompas dan GPS. Lantas, bagaimana jika berada di lokasi yang susah sinyal? Tidak perlu khawatir, karena jam ini memiliki fitur penyimpanan rute pendakian yang bisa Anda akses secara offline.

Fitur lainnya adalah pressure sensor yang mendeteksi tekanan udara. Jam tangan ini juga tahan air dengan level kedalaman 50 meter. Jadi, aman jika saat menyeberangi sungai Anda tidak sengaja tercebur.

4. Garmin Fenix 5

Berikutnya merupakan pilihan jam mountaineering yang memiliki fungsi serbaguna. Tidak hanya akan menemani pendakian, melainkan juga ketika melakukan olahraga lainnya.

Anda bisa memngenakannya ketika berenang, berolahraga di gym, bersepeda maupun bermain golf. Ketika menemani mendaki gunung, fitur barometer, kompas, altimeter, dan GPS yang ada pada jam ini, tentu sangat berguna.

Tidak perlu khawatir ketika terjadi hujan deras di tengah pendakian, karena jam ini tahan terhadap air dengan level 100 m. Adapun untuk daya pengoperasiannya menggunakan baterai yang bisa Anda isi ulang.

Baca juga:   6 Fitur Nokia C1 2nd Edition, Ponsel Pintar Ramah Pemula

5. Casio G-Shock

Pilihan jam gunung yang selanjutnya adalah Casio G-Shock yang terbukti tangguh di segala medan. Anda bisa dengan gtenang tetap melanjutkan pendakian di tengah hujan maupun medan berlumpur.

Keunggulan jam ini adalah tahan benturan, lumpur, dan mampu bertahan pada kedalaman air 200 meter. Jadi, selain untuk pendakian, jam ini cocok bagi para petugas dalam proses penyelamatan akibat bencana.

Fitur umum yang biasanya ada pada jam mountaineering tentusaja juga terdapat pada Casio G-Shock ini. Contohnya adalah barometer, termometer, altimeter, kompas, hingga GPS.

Itulah tadi beberapa pilihan jam gunung yang bisa Anda pertimbangkan sebagai teman dalam melakukan pendakian maupun trekking. Anda bisa memilih tipe analog, digital, maupun smartwatch, sesuai dengan kebutuhan.

Related Articles

Back to top button