Gaya HidupKesehatan

Jangan Ragu Untuk Mencoba, Ini Dia 7 Cara Menggemukkan Badan

Seperti yang Kamu ketahui semua orang tentu saja menginginkan tubuh dengan berat badan yang ideal. Namun, bagaimana jika kondisi tubuh Kamu terlalu kurus, tentu hal tersebut bisa saja tergolong kekurangan gizi atau gizi buruk.

Namun, jika Kamu ingin mendapatkan tubuh yang ideal dan ingin menaikkan berat badan maka dibawah ini ada beberapa cara menggemukkan badan yang bisa Kamu lakukan dengan mudah.

Memilih Makanan yang Tinggi Kalori

Untuk cara pertama Kamu bisa memilih makanan yang tinggi kalori agar bisa menaikkan berat badan. Namun, cara sehat menaikkan berat badan ini tentu tidak boleh sembarangan dalam memilih menu makanan.

Jadi, nanti Kamu bisa memilih makanan dengan sumber lemak nabati seperti alpukat, keju, biji-bijian, oatmeal, jagung, sup krim, kentang dan minyak alami yaitu minyak zaitun. Sehingga nantinya Kamu bisa mendapatkan asupan lemak yang sehat, nutrisi dan kalori.

Selain itu, jangan lupa untuk memasukkan telur dan juga ikan berlemak, misalnya seperti tuna, ikan sarden, salmon sebagai salah satu pengganti daging merah. Nah, tahukah Kamu bahwa ikan yang berlemak tentu saja lebih tinggi kalorinya serta mengandung banyak asam lemak omega-3 sehingga dapat menyehatkan tubuh.

Terlepas dari itu, jika nantinya Kamu ingin ngemil sebagai tips naik berat badan maka Kamu bisa memilih cemilan seperti greek yogurt dengan topping buah-buahan kering, granola dan muesli.

Mengapa kita harus memilih cemilan seperti ini? Karena greek yogurt ini mengandung banyak protein, yang mana lebih tinggi dibandingkan dengan susu biasa dan pastinya cemilan tersebut juga kaya akan serat, kalori hingga lemak baik sehingga dapat menyehatkan tubuh.

Baca juga:   Ini 4 Tips Menambahkan Berat Badan, yang Praktis dan Aman

Mengkonsumsi Makanan Dengan Lebih Sering

Untuk cara menggemukkan badan selanjutnya yaitu Kamu bisa mengkonsumsi makanan dengan lebih sering lagi. Hal ini dilakukan yaitu dengan tujuan agar dapat menambah asupan kalori serta nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh guna meningkatkan atau menaikkan berat badan.

Nah, apabila Kamu nantinya tidak bisa menghabiskan makanan dalam porsi yang banyak maka Kamu bisa mencoba cara sehat menambah berat badan yakni dengan memakan dalam porsi sedikit, akan tetapi lebih sering. Misalnya, Kamu bisa mencoba makan 5 sampai 6 kali dalam sehari, namun dalam porsi yang sedikit.

Cobalah Untuk Memilih Makanan Lebih Cermat

Tips menambahkan berat badan tentu saja bukan sembarangan dilakukan dan Kamu dapat mengkonsumsi semua menu makanan kesukaan Anda. Jika hal ini dilakukan, tentu tubuh bukan hanya dapat naik melainkan lemak jahat yang ada di dalam tubuh ikut menumpuk sehingga menyebabkan penyakit kolesterol dan sebagainya.

Oleh karena itu, sebagai tips menjaga kesehatan tubuh dengan tepat maka Kamu bisa memilih dengan cermat. Jadi, pastikan Kamu harus mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh sehingga hal ini bisa menaikkan berat badan Anda. Nah, sebagai rekomendasi, misalnya seperti lemak, mineral, protein, karbohidrat kompleks hingga beragam vitamin lainnya.

Selain itu, makanan yang tinggi protein tentu saja dapat menambah berat badan dan juga bisa meningkatkan massa otot. Kemudian, untuk lemak dan karbohidrat yang terdapat dalam makanan tentu saja bisa berfungsi untuk mencukupi kebutuhan energi serta menambah jaringan lemak dalam tubuh.

Terlepas dari itu, jika Kamu ingin tetap bisa menaikkan berat badan dan ingin mengikuti cara makan diet sehat maka Kamu bisa memilih makanan yang kaya akan protein dan juga lemak seperti mengkonsumsi ikan, daging, telur, kacang-kacangan hingga tahu dan tempe.

Baca juga:   Merk Laptop TTS: Ini dia Daftar Laptop Khusus Pecinta TTS

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh maka Kamu dapat mengkonsumsi pula gandum utuh, sereal gandum, roti gandum, nasi merah hingga aneka buah-buahan dan sayuran.

Mengkonsumsi Susu

cara-menggemukkan-badan-dengan-mengkonsumsi-susu

Menjaga tubuh agar tetap sehat tentu saja Kamu membutuhkan makanan-makanan yang sehat pula seperti susu dan produk olahan lainnya, misalnya keju dan yoghurt.

Semua jenis makanan tersebut tentu saja merupakan sumber kalori, protein dan lemak yang baik. Tak hanya itu saja, didalam susu juga terkandung kalsium, yang mana memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh, kekuatan tulang hingga gigi.

Jadi, jika Kamu rutin dalam mengkonsumsi susu atau produk olahan maka berat badan Kamu tentu saja dapat bertambah atau naik. Untuk itu, sebagai saran jika Kamu ingin menaikkan berat badan maka Kamu bisa mengkonsumsi susu, baik itu susu penggemuk badan ataupun susu sapi murni sebanyak 1 atau 2 gelas untuk per hari-nya.

Tidur Malam Dengan Cukup

Istirahat dengan cukup tentu hal ini sangat disarankan terutama bagi Kamu yang ingin menaikkan berat badan.

Tidur malam yang cukup memang dapat mendukung pembentukan jaringan tubuh dan ini juga menjadi bagian dari cara merawat tubuh agar sehat. Oleh karena itu, waktu tidur ideal bagi orang dewasa adalah 7 sampai 9 jam setiap malamnya.

Olahraga Secara Rutin

menggemukkan-badan-dengan-berolahraga-secara-rutin

Penting untuk Kamu ketahui bahwa olahraga atau aktivitas fisik secara rutin memang sangat berperan penting terutama dalam menggemukkan badan.

Jadi, dengan Kamu berolahraga dengan latihan kekuatan seperti push-up, sit-up dan plank yang merupakan sebuah jenis latihan yang nantinya bisa mengencangkan otot dada, punggung, perut hingga bahu.

Baca juga:   4 Cara Mengatasi Kolesterol Secara Alami Dengan Berolahraga

Selain itu, dengan Kamu rutin berolahraga maka hal ini juga bisa meningkatkan nafsu makan sehingga nantinya asupan kalori, vitamin, mineral dan nutria dapat tercukupi dengan baik. Oleh karena itu, sempatkan diri Kamu untuk berolahraga, paling tidak minimal 30 menit dalam sehari.

Mengkonsumsi Jus atau Smoothie

menggemukkan-badan-dengan-mengkonsumsi-jus

Anda memiliki kebiasaan seperti mengkonsumsi kopi, soda dan teh? Maka inilah saatnya untuk mengurangi mengkonsumsi minuman tersebut. Untuk tips menggemukkan badan dan sebagai cara menjaga kesehatan badan meskipun tubuh Kamu sudah naik nantinya maka Kamu bisa menggantinya dengan minuman sehat yaitu jus atau smoothie yang tinggi kalori tapi menyehatkan tubuh.

Untuk meracik smoothie sebagai pengganti makanan maka Kamu bisa menggunakan susu full cream dengan variasi buah segar kesukaan Anda. Nah, untuk tambahan kalorinya Kamu dapat mencampur dengan bahan makanan lainnya seperti selai kacang, chia seed, almond butter, protein powder ke dalam smoothie Anda.

Jus atau smoothie tentu saja dapat memberikan rasa kenyang buat Kamu. Jika Kamu mengkonsumsinya secara rutin tentu saja dapat menaikkan berat badan secara perlahan.

Namun, bagaimana jika mengkonsumsi terlalu sering, apakah lemak jahat akan ada di dalam tubuh? Mengenai hal ini Kamu tidak perlu takut, karena dengan mengkonsumsi minuman seperti ini tentu dapat menyehatkan tubuh, menambahkan asupan nutrisi hingga kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, Kamu tidak perlu takut ataupun ragu untuk mengkonsumsinya.

Jadi, itulah ada beberapa informasi yang dapat Kamu lihat tentang cara menggemukkan badan yang dapat Kamu lakukan dengan mudah dirumah. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button