Gaya HidupKesehatan

Kebiasaan Sehat Ini Cara Menghilangkan Gula Darah Termudah

Gula Darah dan Cara Menghilangkannya

Kebiasaan hidup sehat adalah cara menghilangkan gula darah dan bebas diabetes. Kuncinya hanyalah konsisten, lengah sedikit saja salah-salah gula darah melonjak drastis. Bagi penderita diabetes, kadar gula darah tinggi adalah kondisi yang umum terjadi. Kondisi ini sering ditemukan pula pada penderita gangguan pankreas atau fungsi insulin. 

Gula darah tinggi termasuk kondisi yang cukup berbahaya karena risiko dehidrasi hingga koma. Tingginya gula darah dapat dikenali dari beberapa gejala seperti sering buang air kecil, sering merasa haus, mulut kering, penglihatan kabur, dan kelelahan. Pemeriksaan dini diperlukan agar bisa melakukan pencegahan terbaik melalui beberapa cara menurunkan kadar gula dengan kebiasaan sehat berikut:

Baca juga:   Termudah! Ini Cara Menurunkan Kadar Gula Secara Alami!

Selalu Tenang dan Hindari Stress

Kondisi stress ternyata memicu peningkatan gula darah. Dimana tubuh secara alami memproduksi hormon kortisol dan glukagon saat stress. Kedua hormon tersebut disinyalir memicu kenaikan gula darah. Karenanya kelola stress Anda dan upayakan untuk lebih rileks.

Cara menurunkan gula darah termudah menghindari stress adalah berbagi cerita dengan orang terdekat. Hibur diri dengan berjalan-jalan, nonton film favorit, relaksasi, menjalankan hobi, meditasi, atau latihan relaksasi seperlu mengusir kecemasan dan stress.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Pola makan tidak sehat berisiko penumpukan lemak dan kelebihan berat badan yang pada akhirnya menyebabkan lonjakan kadar gula darah tinggi. Karenanya mulai pilah jenis makanan yang dikonsumsi yang disesuaikan kondisi kesehatan dan jenis aktivitas harian.

Baca juga:   Banyak Dibutuhkan, Apa Donor Konvalesen untuk Pasien Covid?

Bagi penderita gula darah dianjurkan untuk mengonsumsi makanan kaya serat yang bisa diperoleh dari sayuran, buah, dan kacang-kacangan. Untuk sumber karbohidrat lebih dianjurkan berat untuk diabetes dengan indeks glikemik rendah. Imbangi dengan asupan protein dari sumber makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh dan rendah garam.

Meningkatkan Aktivitas Fisik

Penderita gula darah tinggi harus memperbanyak gerak dan aktivitas fisik. Kebiasaan baik ini meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan gula darah. Manfaat lainnya tubuh lebih sehat lantaran suplai darah lebih lancar karena kinerja jantung yang kembali normal.

Aktivitas fisik untuk cara menghilangkan gula darah yang dilakukan tidak perlu terlalu berat. Bisa memulai dari aktivitas ringan yang dilakukan secara rutin dengan durasi pas. Misalnya berjalan selama 10 menit yang diulang hingga 3 sesi setiap harinya. Selain berjalan, ada aktivitas fisik lain yang bisa disesuaikan kondisi tubuh seperti aerobik, yoga, jalan cepat, atau lainnya.

Baca juga:   Cara Sehat Menambah Berat Badan, Yuk Ikuti Tips Dibawah

Menjalani Pengobatan Gula Darah

Seperlu mendapat pengobatan terbaik, dianjurkan melakukan konsultasi dengan dokter. Sehingga bila memang dibutuhkan suntik insulin tambahan bisa segera dijadwalkan. Bila kadar gula sudah terlalu tinggi maka dibutuhkan kesadaran diri untuk menjalani pengobatan gula darah. Terutama bagi penderita yang mengalami kondisi kekurangan insulin.

Bagi sebagian orang pengobatan ini terasa berat dan melelahkan karena salah satu prosesnya yaitu pemberian suntik insulin. Namun perlu diketahui, insulin dibutuhkan untuk menurunkan gula darah secara efektif. Sebaliknya kurangnya insulin hanya akan menghambat proses penyembuhan. Tentu lebih bijak mencegah daripada mengobati bukan? Karenanya mulai cara menghilangkan gula darah dengan kebiasaan sehat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button