Gadget

Port USB Type C, Cek Cara Pilih Dan Rekomendasinya

 

Penggunaan port USB type C semakin meluas. Banyak perangkat elektronik yang menggunakan USB tipe baru ini. Contohnya laptop, smartphone, maupun gadget lainnya.

Hal ini karena memang USB tipe C memiliki banyak keunggulan. Di antaranya adalah pengisian daya dan transfer data yang lebih cepat. Selain itu, keunggulan dalam desain reversibel, sehingga pemasangan bisa dari segala posisi.

Tips Memilih Kabel USB Tipe C Terbaik

Saat akan melakukan pembelian, tentu Anda ingin mendapatkan produk terbaik. Oleh sebab itu, perlu mengetahui cara memilih kabel USB tipe C ini. Jadi, silakan simak di bawah ini.

  • Perhatikan output-nya, pilih yang sesuai dengan kebutuhan. 
  • Coating kabel dari PVC memang terkesan kaku, tetapi tahan terhadap cuaca. Selain itu, harganya relatif murah.
  • Material pelapis kabel berbahan TPE lebih elastis, ramah lingkungan, dan stabil sebagai penghantar listrik.
  • Adapun coating dengan bahan nylon lebih kuat dan elastis, bahkan bisa Anda tekuk, sehingga memudahkan penyimpanan.
  • Sesuaikan panjang kabel dengan kebutuhan.

Beberapa poin di atas adalah pertimbangan penting ketika akan memilih kabel USB tipe C yang baik. Sebagai tambahan nilai, Anda juga bisa memilih kabel dengan warna-warni trendi yang mendukung penampilan.

Baca juga:   Review Jujur Asus ROG Phone 5s Pro: Smartphone Gaming Terbaik

Rekomendasi Port USB Type C Terbaik

Setelah mengetahui hal-hal yang menjadi pertimbangan pemilihan USB tipe C, perlu juga memiliki beberapa rekomendasi, sehingga memudahkan dalam memilih. Anda bisa mempertimbangkan beberapa merk di bawah ini.

1.  Kabel USB Xiaomi Mi 2 in 1

Kita mulai dari produk Xiaomi dengan daya output 2,4 A ini. Port inputnya adalah USB tipe A, sementara untuk output ada dua, yaitu USB tipe C dan micro. Tentunya penggunaan produk tersebut jadi lebih luas.

Keunggulannya adalah tahan lama berkat adanya 28 kawat tembaga dan dukungan material nylon. Selain itu, kabel tersebut juga memiliki desain anti intervensi yang mengamankan dari gelombang elektromagnetik eksternal.

2. CB-CD3 Cable 2M Braided USB Type C

Pilihan selanjutnya cocok bagi Anda yang sering perlu mentransfer data dari ponsel pintar ke laptop. Pasalnya, berkat dukungan USB yang memiliki kecepatan 5 Gbps, memindahkan foto atau video bisa menjadi lebih cepat.

Kabel ini memiliki input port USB type A 3.0, sedangkan output-nya USB type C dengan daya 3 Ampere. Kabelnya cukup panjang, yaitu 200 cm, sehingga leluasa untuk jarak dua perangkat tersebut. 

Baca juga:   Rekomendasi Wireless Charger: 5 Pilihan Terbaik Untuk Anda

3. Baseus Nimble Cable

Selanjutnya, mari mempertimbangkan pembelian port USB type C berdasarkan penggunaannya. Apabila bertujuan untuk penghubung ponsel dengan powerbank, jelas kabel pendek lebih jadi pilihan, karena ringkas. 

Untuk itulah, pertimbangkan Baseus Nimble Cable ini. Kendati panjangnya hanya 23 cm saja, kabel ini mampu memberikan daya output sebesar 3 A dengan stabil.

4. Baseus Automatic Power Off Fast Charge

Satu lagi produk dari Baseus, tetapi memiliki keunggulan yang berbeda. Pada kabel USB tipe C yang ini, kelebihannya adalah teknologi auto off, sehingga pengisian daya otomatis berhenti ketika baterai ponsel penuh.

Teknologi tersebut selain menghemat daya, juga menjaga baterai dari overcharging yang dapat merusak. Produk tersebut makin lengkap dengan adanya tiga warna lampu indikator yang menyala sesuai status pengisian daya.

Baca juga:   Rekomendasi Wireless Charger: 5 Pilihan Terbaik Untuk Anda

5. Port USB type C, 5 A Huawei Supercharge

Bagi Anda yang berada pada wilayah dengan daya listrik tidak stabil, Pengisian daya bisa menjadi kendala yang lambat laun merusak ponsel. Untuk itu, Anda bisa memilih kabel USB yang menjaga arus listrik tetap stabil ini. 

Itulah tadi tips memilih dan lima rekomendasi port USB type C yang bisa Anda pertimbangkan. Mengingat USB tipe C bagaikan teknologi masa depan, sudah saatnya untuk memiliki merek yang terbaik.

Related Articles

Back to top button