Gaya HidupKesehatan

Termudah! Ini Cara Menurunkan Kadar Gula Secara Alami!

Cara menurunkan kadar gula sangat penting diketahui untuk Anda yang mempunyai kadar gula darah tinggi. Ada berbagai cara untuk menurunkannya dan cara yang paling disukai adalah cara alami. Dengan menggunakan berbagai cara alami yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar gula darah.

Mengapa Harus Menurunkan Kadar Gula Darah?

Kadar gula darah sangat penting untuk dikontrol. Diusahakan kadar gula darah tidak tinggi agar kesehatan tetap terjaga. Kadar gula darah yang tinggi bisa menimbulkan banyak permasalahan untuk kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, diperlukan tips menurunkan gula darah.

Jika Anda mempunyai kadar gula darah yang tinggi maka sangat penting untuk menurunkannya. Untuk menurunkan kadar gula darah ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Apapun caranya, yang terpenting adalah bisa menurunkan kadar gula darah menjadi normal dengan sehat.

Baca juga:   4 Cara Makan Diet Sehat, Secara Aman dan Tidak Membahayakan Tubuh

Apa Penyebab Kadar Gula Darah Tinggi?

Ada berbagai hal yang menyebabkan kadar gula darah bisa menjadi tinggi. Dengan mengetahui penyebabnya, maka Anda bisa menghindari terjadinya lonjakan kadar gula darah.

Berikut ini adalah penyebab kadar gula darah tinggi :

Gangguan Hormon Insulin

Insulin adalah hormon yang bisa menjaga kadar gula darah. Penyebab kadar gula darah tinggi adalah kurangnya pasokan hormon insulin atau hormon insulin yang tidak bekerja secara optimal. Hormon insulin akan membantu proses penyerapan glukosa untuk selanjutnya diubah menjadi energi.

Gangguan hormon insulin bisa disebabkan oleh berbagai hal. Seperti misalnya kondisi autoimun, gaya hidup yang tidak sehat, faktor genetik, faktor usia, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui kondisi hormon insulin pada tubuh agar tidak menjadi penyebab kadar gula darah tinggi. Cara menghilangkan gula darah juga bisa dengan meningkatkan kerja hormon insulin. 

Dehidrasi

Dehidrasi juga ternyata bisa menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi. Jika terjadi dehidrasi, maka aliran darah dalam tubuh akan kekurangan cairan. Hal ini akan menyebabkan konsentrasi gula dalam darah menjadi lebih kental.

Peningkatan kadar gula darah juga bisa menyebabkan dehidrasi. Hal ini disebabkan karena tubuh mengeluarkan lebih banyak urin agar bisa menyeimbangkan cairan didalam tubuh. Sehingga, peningkatan kadar gula darah juga bisa menyebabkan dehidrasi. Oleh sebab itu, diperlukan asupan cairan untuk menjadi cara menurunkan gula dalam darah.

Konsumsi Pemanis Buatan

Konsumsi pemanis buatan juga bisa menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi. Oleh sebab itu, banyak penderita diabetes yang melakukan cara menurunkan kadar gula dengan menghindari konsumsi pemanis buatan. Pemanis buatan bisa digantikan dengan konsumsi makanan atau minuman yang bebas gula. Anda juga bisa menggantinya dengan gula alami.

Fenomena Fajar

Fenomena fajar merupakan kondisi yang bisa menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi. Kondisi ini terjadi pada pukul 2 hingga 8 pagi. Pada saat ini, tubuh mengeluarkan berbagai hormon pertumbuhan yang bisa meningkatkan resistensi insulin. Sehingga, kinerja hormon insulin semakin terhambat dan dampaknya adalah gula darah menjadi naik.

Menstruasi

Menstruasi ternyata bisa menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi. Hormon yang tidak stabil ketika sedang menstruasi bisa menyebabkan kurang peka nya tubuh terhadap hormon insulin. Sehingga, bisa menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi. Biasanya, hal tersebut terjadi satu minggu sebelum menstruasi.

Konsumsi Obat Tertentu

Ada obat-obatan yang bisa menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi. Seperti misalnya kortikosteroid, obat antipsikotik, obat antidepresan, beta blocker, protease inhibitor, obat diuretik, siklosporin, asam nikotinat atau niasin. Obat-obatan tersebut bisa mempengaruhi kadar gula darah menjadi tinggi.

Kurang Tidur

Kurang tidur akan meningkatkan stress pada tubuh. Akibatnya adalah kadar gula darah menjadi naik. Hal ini disebabkan oleh selama tidur terjadi penurunan hormon kortisol. Selain itu, aktivitas sistem darah juga menurun sehingga bisa menyebabkan kadar gula darah menjadi naik. Sehingga, cara menghilangkan penyakit gula bisa diatasi dengan tidur yang cukup.

Konsumsi Kopi

Walaupun konsumsi kopi tanpa gula ternyata bisa juga tetap menyebabkan kadar gula darah menjadi naik. Hal ini disebabkan karena pada kopi terdapat kafein yang dapat meningkatkan kadar gula darah pada orang yang mengkonsumsinya. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menghindari konsumsi kopi jika tidak ingin kadar gula darah menjadi naik.

Sakit

Ketika sedang sakit juga bisa terjadi peningkatan kadar gula darah. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri bisa mengganggu kinerja tubuh. Seperti misalnya pneumonia yang bisa menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi. 

Melewatkan Sarapan

Jika Anda selalu melewatkan sarapan, bisa terjadi kemungkinan kadar gula darah menjadi naik. Oleh sebab itu, pastikan Anda tidak melewatkan sarapan di pagi hari agar tidak terjadi lonjakan kadar gula darah dan menjadi cara mengurangi penyakit gula.

Baca juga:   Inilah Ragam Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Cepat

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami

Ada berbagai cara yang bisa diterapkan untuk menurunkan kadar gula darah secara alami. Dengan menggunakan cara-cara ini diharapkan bisa menurunkan kadar gula darah menjadi lebih normal.

Berikut ini adalah cara menurunkan kadar gula darah secara alami :

Menurunkan Berat Badan

Ternyata, berat badan berlebih bisa menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi. Hal ini disebabkan karena tubuh yang kesulitan dalam mengontrol kadar gula jika berat badan terlalu berlebih. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal untuk bisa terhindar dari risiko kadar gula darah tinggi.

Berolahraga Secara Teratur

Dengan berolahraga secara teratur tubuh akan menjadi lebih banyak dalam bergerak dan merupakan cara menjaga tubuh tetap sehat. Olahraga juga bisa menurunkan berat badan dan meningkatkan sensitivitas hormon insulin. Sehingga, kadar gula darah bisa menjadi lebih terkontrol jika dibandingkan dengan yang tidak berolahraga secara teratur.

Tidur yang Cukup

Sangat penting untuk mendapatkan tidur yang cukup agar kadar gula darah tidak naik. Tidur yang cukup yaitu 7 hingga 9 jam per hari bisa menekan kadar gula darah yang ada didalam tubuh. Jika tidur tidak tercukupi maka bisa menyebabkan resistensi insulin yang berdampak pada naiknya gula darah.

Mengendalikan Stress

Stress bisa terjadi kapan saja dan disebabkan oleh apa saja. Namun, ada baiknya untuk Anda bisa mengendalikan stress agar kesehatan tetap terjaga. Jika Anda mengalami stress, maka bisa menyebabkan kadar gula darah menjadi naik. Cara menjaga kadar gula darah salah satunya bisa dengan mengendalikan stress.

Mengontrol Porsi Makan

Porsi makan juga sangat penting untuk diperhatikan untuk mengontrol kadar gula darah. Porsi makan yang berlebih bisa menyebabkan tingginya kadar gula darah didalam tubuh. Oleh sebab itu, makanlah dengan porsi yang sesuai dan tidak berlebihan.

Tidak Melewatkan Makan

Sangat penting untuk tidak melewatkan makan jika tidak ingin kadar gula darah menjadi naik. Sebaiknya, dalam sehari Anda makan 3 kali sehari dengan porsi sedang. Selain itu, Anda juga bisa menambah camilan dengan konsumsi buah dan sayur.

Konsumsi Banyak Air Putih

Kadar gula darah yang tinggi bisa menyebabkan dehidrasi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar darah tidak mengental. Salah satu cara menurunkan kadar gula yang bisa dilakukan adalah dengan konsumsi banyak air putih untuk mencegah kadar gula menjadi tinggi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button