GamingTeknologi

Tips Merakit PC Gaming Murah Dengan Harga Sesuai Budget

Merakit sebuah PC gaming dengan harga PC gaming murah merupakan hal yang diinginkan banyak orang. Pasalnya, banyak yang ingin merakit PC gaming murah, namun memiliki performa yang terbilang cukup mumpuni di kelas harganya.

Berbeda dengan laptop, seluruh komponen yang terpasang pada PC dapat diganti-ganti. Tak hanya RAM dan storage, bahkan VGA, motherboard, hingga processor-nya pun dapat diganti sesuai dengan keinginan pengguna.

Merakit sebuah PC juga bukan perkara yang mudah. Diperlukan ketelitian dalam memilih komponen yang digunakan, hingga kesabaran dalam merakit PC agar dapat berjalan dengan baik. Terlebih bila Anda ingin merakit PC gaming murah.

Komponen PC Gaming

Sebelum memulai merakit PC, berikut ini beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memilih komponen-komponen PC:

1. Processor

processors
Sumber: pexels.com

Saat ini, ada dua merek processor yang dijual di pasaran. Yaitu Intel dan AMD. Apabila Anda ingin memilih processor Intel baru, pilihlah gen 8 ataupun 9 karena memiliki performa yang terbilang cukup mumpuni dengan harga yang lebih terjangkau.

Apabila Anda ingin memilih processor AMD baru, pastikan Anda memilih AMD Ryzen 3 3000 series. Seri yang satu ini terbilang memiliki performa yang tak kalah dibandingkan Intel di kelas harganya.

Beberapa processor ada yang memiliki integrated graphic dan ada yang tidak. Apabila Anda tidak ingin merogoh kocek lebih dalam lagi untuk membeli VGA, kami sarankan untuk memilih AMD karena beberapa processor memiliki integrated graphic yang lebih mumpuni dibanding integrated graphic pada Intel gen 8 ataupun 9.

2. Motherboard

Motherboard
Sumber: pexels.com

Dalam memilih motherboard, hal yang paling utama adalah untuk memperhatikan socket processor yang digunakan. Apabila tidak sesuai, maka processor tidak dapat terpasang. Agar tidak salah, ada baiknya Anda melihat socket dari processor yang telah Anda pilih, baru memilih motherboard yang sesuai.

Baca juga:   5 Cara FYP di Tiktok, Ini Rahasianya!

3. RAM

RAM
Sumber: pexels.com

Saat ini, sudah banyak berbagai jenis RAM yang dijual di pasaran. Untuk menunjang keperluan gaming, ada baiknya Anda menggunakan paling sedikit 8 GB. Namun apabila Anda memiliki budget sedikit lebih banyak, gunakanlah RAM 16GB agar performa dalam menjalankan sistem dan aplikasi menjadi semakin maksimal.

4. VGA

VGA-Card
Sumber: pexels.com

Apabila Anda memilih processor yang telah memiliki integrated graphic, mungkin VGA menjadi hal yang bersifat opsional. Akan tetapi jika Anda memilih processor tanpa integrated graphic atau dengan integrated graphic yang kurang mumpuni, mau tidak mau Anda harus menggunakan VGA. Terlebih jika Anda ingin merakit PC gaming.

Dengan menggunakan VGA, maka Anda akan mendapatkan pengalaman gaming yang lebih mumpuni dibandingkan hanya menggunakan integrated graphic yang disediakan oleh processor saja.

Berdasarkan chipset, saat ini ada dua jenis VGA yang dijual di pasaran. Yaitu chipset Nvidia dan AMD. Sebagai saran, lebih baik Anda menggunakan VGA dengan chipset Nvidia karena chipset ini memiliki performa yang lebih mumpuni jika digunakan untuk bermain game dibandingkan menggunakan VGA dengan chipset AMD.

5. Cooler

Cooler berfungsi agar processor selalu mendapatkan suhu dingin dan terhindar dari overheating. Saat ini, terdapat dua jenis pendingin processor. Yaitu air cooler dan liquid cooler. Sesuai namanya, air cooler menggunakan udara untuk mendinginkan processor, sedangkan liquid cooler menggunakan air untuk mendinginkan processor.

Untuk pilihan air cooler ataupun liquid cooler, sesuaikan saja dengan selera Anda. Sebagai saran, gunakanlah cooler dengan kebisingan di bawah 30 dB dengan RPM yang relatif besar. Selain agar pendinginan menjadi lebih maksimal, suara kipas akan sedikit tidak terdengar, sehingga pengalaman gaming akan menjadi semakin nyaman.

Baca juga:   Tidak Ribet! Inilah Cara Menyambungkan HP ke TV Paling Mudah

6. Storage

HDD
Sumber: pexels.com

Ketika ingin memilih penyimpanan untuk sistem komputer, gunakanlah minimal SSD SATA agar performa semakin lancar. Namun jika ingin memilih penyimpanan untuk file-file lainnya seperti film, lagi, dan lain sebagainya, lebih baik gunakan HDD karena memiliki harga yang lebih murah dengan kapasitas yang besar.

Jangan pernah sekali-sekali menggunakan HDD sebagai penyimpanan sistem karena performa sistem komputer hingga aplikasi yang dijalankan akan menjadi lebih lambat dibandingkan menggunakan SSD.

7. PSU

Power supply unit berfungsi untuk mengalirkan listrik ke setiap komponen PC agar dapat hidup. Karena ingin membuat PC gaming rakitan murah, kami sarankan untuk menggunakan PSU minimal 400 watt dengan sertifikasi 80+ bronze.

8. Casing

Untuk casing, sesuaikan dengan selera Anda. Ada beberapa casing yang support RGB dengan sisi transparan, dan ada yang tidak.

Sebagai saran, mungkin Anda harus memilih casing dengan ukuran ATX karena kebanyakan komponen yang dijual di pasaran memiliki ukuran besar dan hanya mendukung casing berukuran ini.

Kesimpulan

Dengan mempertimbangkan beberapa hal di atas, pastinya Anda akan mendapatkan PC rakitan gaming murah yang dapat memainkan beberapa game-game terkenal seperti Valorant, Genshin Impact, DotA 2, dan lain sebagainya.

Namun apabila Anda masih bingung dalam memilih komponen PC sesuai yang telah kami sebutkan di atas, berikut ini kami paparkan beberapa contoh paket PC gaming murah yang bisa Anda dapatkan komponen-komponennya baik di toko offline maupun toko online:

  1. Processor : Intel i3-8100 (Rp 1,698,000)
    Motherboard : MSI H310M Pro-Vh Plus (Rp 899,000)
    RAM : Kingston Hyperx Fury (2x8GB) (Rp 500,000)
    VGA : MSI Geforce GT 1030 2GB (Rp 1,161,000)
    Cooler : Id-Cooling Se-224-XT (Rp 395,000)
    Storage : PNY SSD M.2 NVME 512GB (Rp 950,000)
    PSU : Innovation Legacy 400w 80+ Gold (Rp 360,000)
    Casing : Casing Cube Gaming Holl (Rp 359,000)
    Total : Rp 6,322,000
  2. Processor : AMD Ryzen 3 3200G (Rp 1,785,000)
    Motherboard : MSI A320M-A PRO (Rp 740,000)
    RAM : Kingston Hyperx Fury (2x8GB) (Rp 500,000)
    VGA : –
    Cooler : Id-Cooling Se-224-XT (Rp 395,000)
    Storage : PNY SSD M.2 NVME 512GB (Rp 950,000)
    PSU : Innovation Legacy 400w 80+ Gold (Rp 360,000)
    Casing : Powerup Raptor 1606 (Rp 285,000)
    Total : Rp 5,015,000
Baca juga:   Port USB Type C, Cek Cara Pilih Dan Rekomendasinya

Kedua contoh di atas merupakan rekomendasi dari kami. Keduanya menggunakan harga yang tertera pada salah satu toko dari toko online. Sehingga, mungkin Anda akan menemui komponen yang serupa dengan harga yang berbeda.

Tentu saja, harga PC gaming rakitan lebih mahal dibanding harga PC all in one. Akan tetapi, dengan merakit PC dengan harga PC gaming murah, Anda akan mendapatkan PC dengan performa yang terbilang cukup mumpuni.

Selain digunakan untuk bermain game, pastinya dapat digunakan untuk editing video, bahkan melakukan rendering 3D. selain itu, PC juga dapat digunakan untuk cara membuat aplikasi sendiri di laptop ataupun cara membuat aplikasi komputer sendiri.

Apabila Anda merupakan orang yang awam dalam perakitan komputer, ada baiknya untuk dibantu oleh yang ahli dalam merakit PC, ataupun menyerahkannya kepada orang yang ahli agar tidak terjadi kesalahan dalam merakit PC.

Harga komputer murah berkualitas sebenarnya relatif, apakah sesuai dengan budget yang Anda keluarkan ataupun tidak. Sehingga, mau tidak mau Anda harus berkonsultasi dengan orang-orang yang paham dengan perakitan PC, agar mendapatkan harga PC gaming murah yang sesuai dengan budget yang Anda keluarkan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button