Komputer

Urutan Processor Intel Berdasarkan Spesifikasi Yang Dimiliki

Prosesor merupakan otak dari sebuah perangkat komputer. Adapun dua merek paling terkenal adalah Intel dan AMD. Kali ini, akan ada pembahasan mengenai urutan processor Intel berdasarkan spesifikasinya.

Sebagai perusahaan yang fokus pada pembuatan prosesor, jelas intel selalu mengembangkan produknya. Secara berkala, perusahaan tersebut meluncurkan prosesor seri terbaru dengan spesifikasi yang lebih bagus dari pendahulunya.

Urutan Processor Intel dari Spesifikasi standar Hingga Unggul

Sampai saat ini, Intel sudah meluncurkan beberapa seri prosesor. Semakin baru, tentu memiliki spesifikasi unggul dengan beberapa peningkatan. Berikut ini adalah urutannya, dari spesifikasi terendah.

1. Intel Celeron

Intel Celeron
Source: www.cpu-world.com

pada urutan pertama, ada Intel Celeron. Prosesor ini memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan terhadap laptop low budget. Tentunya ada beberapa pengurangan, sehingga harganya bisa lebih ekonomis. 

Baca juga:   Beberapa Panduan Cara Membuat Aplikasi Komputer dengan Menggunakan Notepad

Kendati demikian, pada versi terbaru, sudah memiliki kecepatan 3,2 GHz. Dari segi grafis pun sudah lebih baik. Selain itu, ada pula dukungan wifi gigabit dan multimedia.

2. Intel Pentium

Intel Pentium
Source: www.cpu-world.com

Menempati urutan selanjutnya adalah Intel Pentium. Kurang lebih sama dengan Celeron, Pentium juga bertujuan mengisi ceruk prosesor untuk laptop ekonomis. Jadi, fungsinya adalah sebagai otak bagi laptop dengan kebutuhan komputasi standar.

Prosesor Intel Pentium ini terbagi dalam dua varian, yaitu 4 core dan 2 core. Namun, dari segi spesifikasi, memang Pentium sedikit lebih unggul daripada Celeron.

Pasalnya, selain memiliki kualitas multimedia yang lebih baik, kecepatannya mencapai 3,9 GHz. Tentu pengoperasian fungsi komputasi pun lebih responsif.

3. Intel Core i3

Intel Core i3
Source: www.cpu-world.com

Berikutnya adalah prosesor Intel Core i3. Memiliki spesifikasi yang lebih unggul dari pendahulunya, tentu kemampuannya juga lebih tinggi. Tidak hanya sekadar mengerjakan tugas sederhana yang standar.

Prosesor ini sudah memiliki kemampuan untuk mengerjakan tugas yang lebih berat. Adapun berbicara mengenai clock speed, Intel Core i3 memiliki kecepatan hingga 4.0 Ghz.

Baca juga:   4 Cara Mengatasi HDD Tidak Terbaca di BIOS: Ampuh dan Berhasil!

Baca juga: Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Error: Super Mudah

4. Intel Core i5

Intel Core i5
Source: www.cpu-world.com

Jika membutuhkan prosesor Intel dengan spesifikasi yang lebih tinggi, bisa melirik seri Core i5 ini. Prosesor tersebut dibekali dengan teknologi Turbo Boost yang mampu meningkatkan Clock Speed.

Keunggulan lain adalah dukungan untuk melakukan streaming video dan konten 4K. Prosesor yang rilis tahun 2009 ini memiliki varian dual core dan quad core, dan 6 core. Adapun pada versi baru yang rilis tahun 2020, memiliki kecepatan 4.3 GHz.

Biasanya Intel Core i5 ini memang sering untuk menjadi otak pada perangkat desktop. Kendati demikian, ada juga jenis laptop yang menggunakannya untuk meningkatkan kinerja dan mengakomodasi penggunaan lebih berat.

5. Intel Core i7

Intel Core i7
Source: www.cpu-world.com

Berada pada urutan processor Intel generasi ke-8, prosesor ini sudah memiliki spesifikasi mumpuni untuk tuga-tugas berat. Intel Core i7 tampil lebih canggih dengan hadirnya teknologi Turbo Boost dan Hyper Threading.

Baca juga:   Casing CPU Transparan, Tampilan Makin Gahar Dan Futuristik

Selain kecepatan pengolahan data yang lebih baik, prosesor ini juga mampu beradaptasi dengan baik pada berbagai operating system. Intel Core i7 juga memiliki daya tahan kuat dan tidak mudah panas.

6. Urutan Processor Intel Xeon

Urutan Processor Intel Xeon

Pada spesifikasi yang lebih tinggi, Anda akan mendapati prosesor xeon untuk penggunaan pada PC server. Tentu saja, kemampuannya harus mumpuni, mengingat PC server pasti diakses puluhan pengguna.

Tidak hanya memiliki teknologi Turbo Boost yang mampu meningkatkan kecepatan kinerjanya, Intel xeon juga mendapat dukungan Hyper Threading. Teknologi inilah yang membuatnya mampu menangani 12 thread pada waktu bersamaan. 

Jadi, kecepatannya memang paling unggul daripada generasi sebelumnya. Bahkan, tergolong dalam prosesor Intel dengan performa paling kencang.

Itulah tadi enam urutan processor Intel dari spesifikasi rendah hingga tinggi. Dengan mengetahuinya, tentu akan mudah menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan PC atau laptop Anda.

Related Articles

Back to top button