Gaya HidupKesehatan

Yuk Jaga Kesehatan dengan Tips Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Bagaimana tips menurunkan gula darah secara alami? Gula darah yang tinggi umum dijumpai pada penderita diabetes atau pada pasien dengan gangguan insulin. Bila gula darah tidak dikontrol, maka berisiko menyebabkan dehidrasi, koma, dan komplikasi lainnya. 

Seperlu mencegah resiko terburuk, menghindari terjadinya lonjakan gula darah adalah upaya terbaik yang harus dilakukan. Berikut beberapa cara menurunkan gula darah tinggi secara alami yang bisa mulai dibiasakan dari sekarang, yaitu:

Mengelola Asupan Karbohidrat

Setiap karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh perlu dipecah menjadi gula dan disimpan sebagai energi, dimana hal ini berlangsung dengan bantuan hormon insulin. Bila pengonsumsian karbohidrat berlebih dan insulin tidak mampu menjalankan tugasnya secara optimal, maka ada risiko gula darah meningkat.

Baca juga:   Ini Sumber Pangan Untuk Cara Menghilangkan Penyakit Gula Terbaik

Karenanya bagi penderita gula darah tinggi dianjurkan untuk mengelola asupan karbohidrat. Diet karbo dinilai sangat efektif guna menurunkan gula darah. Dalam hal ini ada banyak sumber karbohidrat yang perlu dikenali dan sebaiknya asupannya mulai dikurangi atau diganti dengan sumber pangan lain.

Optimalkan Asupan Serat

Dari hasil penelitian didapati serat larut mampu mengoptimalkan pengelolaan gula darah. Dimana serat memperlambat proses pencernaan karbohidrat sekaligus penyerapan gula. Sehingga bila terjadi lonjakan, hal tersebut terjadi bertahap dengan disertai peningkatan kemampuan tubuh mengatur gula darah.

Penderita gula darah baik mengonsumsi serat dalam porsi besar sebagai cara menurunkan kadar gula alami, yakni 38 gram untuk pria dan 25 gram untuk wanita per hari. Kebutuhan serat ini bisa didapat dari berbagai sumber makanan seperti sayur hijau, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Baca juga:   Cara Membuat Hand Sanitizer dari Daun Sirih Sendiri di Rumah

Minum Cukup Air Putih

Selain mencegah dehidrasi, minum cukup air putih membantu kadar gula tetap terkontrol. Tips menurunkan gula darah ini juga membantu organ ginjal memproduksi urin seperlu membuang kelebihan gula dalam darah.

Untuk menurunkan kadar gula darah dianjurkan minum air putih 8 gelas per hari dan bisa diimbangi dengan minuman non kalori lainnya. Minuman dengan pemanis baik gula atau lainnya tidak direkomendasikan. Pasalnya minuman manis berisiko pada lonjakan gula darah dan risiko diabetes.

Rutin Berolahraga

Cara alami menurunkan gula darah selanjutnya rutin berolahraga. Olahraga rutin membantu menjaga berat badan dan membantu otot dalam penggunaan gula darah sebagai sumber energi dan kontraksi otot. Dimana olahraga yang teratur juga meningkatkan sensitivitas hormon insulin. Kondisi ini berarti sel-sel tubuh menjadi lebih kompeten menggunakan gula yang masuk di dalam darah.

Baca juga:   Ini 5 Cara Sehat Menaikkan Berat Badan Setelah Sakit

Beberapa jenis olahraga yang cocok untuk menurunkan gula darah diantaranya berjalan cepat, lari, hiking, bersepeda, berenang, angkat besi, dan lainnya. Akan lebih bijak jika penderita gula darah melakukan konsultasi dengan dokter seperlu menentukan jenis olahraga terbaik. Pasalnya setiap tubuh memiliki respon berbeda untuk setiap bentuk aktivitas. Dengan demikian tips menurunkan gula darah yang dijalankan bisa memberi hasil optimal.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button