Teknologi

5 Cara FYP di Tiktok, Ini Rahasianya!

Semua orang pasti pengen kontenya fyp kan? Sebenarnya cara fyp di tiktok ada triknya loh! Maka dari itu, meskipun sudah maksimal bikin konten, tidak akan mudah mendapatkan banyak viewers.

Dengan masuk fyp tiktok, kamu berpeluang mendapatkan followers dan bisa memanfaatkanya sebagai media promosi produk atau branding. Pasalnya jika kamu sudah ada di titik itu, sudah bisa dikatakan sebagai selebgram loh!

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi tiktok? Salah satu jejaring sosial yang sangat populer ini merupakan inspirator adanya video short di berbagai medsos lainya. Saat ini sudah lebih dari 1 milliar pengguna yang bisa dilihat dari total unduhanya di Playstore.

Algoritma FYP Tiktok

FYP adalah singkatan dari “For Your Page” yang bisa diartikan sebagai halaman awal tiktok. Jadi ketika fyp, secara otomatis kontenmu ada di halaman utama para pengguna. Maka tidak heran banyak yang pengen tau cara fyp di tiktok kan?

Namun sebelum kamu membuat konten, sebaiknya pahami dulu algoritma tiktok. Amati bagaimana tiktok menampilkan konten yang ada di halaman utama mereka. Pasalnya ini sangat berguna untuk menetukan strategi konten yang akan dibuat.

Baca juga:   Cara Salin Link Tiktok: Berbagi Konten Lebih Mudah

Pada dasarnya algoritma setiap media sosial baik tiktok atau youtube itu sama. Mereka menggunakan interaksi sebagai acuan untuk menampilkan konten di daftar trending mereka.

Contoh sederhanya yaitu jika konten mendapat interaksi like, komen banyak dalam rentan waktu atau lingkup kategori kelompok. Maka mereka akan menganggap konten tersebut memiliki potensi menarik dan otomatis akan ditampilkan di lingkup yang lebih besar hingga masuk trending.

Cara FYP di Tiktok

Setelah kamu tahu sistem algoritma tiktok, kira-kira apa yang kamu lakukan? Tentu saja cara fyp di tiktok targetnya adalah interaksi pengguna! Buat konten yang menarik simpati bahkan kontroversi jika memungkinkan.

Selain itu kamu juga harus mengikuti tren pengguna. Posisikan sebagai analisis saat kamu membuka aplikasi tiktok. Amanti semua konten yang menurutmu berpotensi trending. Berikut ini beberapa tips masuk fyp tiktok yang harus kamu terapkan:

1. Buat Konten yang Menarik Interaksi

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, cara fyp di tiktok yaitu dengan membuat konten yang menarik interaksi pengguna. Pasalnya, jumlah interaksi dalam kurun waktu tertentu menjadi syarat utama masuk fyp di aplikasi tiktok.

Baca juga:   4 Cara Menghubungkan Kamera Hp ke Hp Lain Tanpa Aplikasi

Biasanya konten yang mengundang empati akan mendapatkan engagement yang bagus. Pasalnya, orang akan mudah terikat jika melihat konten yang menyentuh perasaan. Bisa saja sedih, atau bahkan mengundang amarah.

2. Tentukan Waktu yang Tepat

Sebagus apapun konten yang kamu buat, tentu akan kehilangan momentum jika tidak memperhitungkan waktu yang tepat. Kira-kira apa yang terjadi jika kamu memposting di jam 4 pagi?

Mungkin pertanyaan itu bisa membuka pola pikir yang lebih tajam dalam melihat situasi. Idealnya, jam upload tiktok yang paling strategis yaitu saat jam istirahat. Kamu harus tahu kapan waktunya orang memegang smartphone dalam kondisi santai.

3. Buat Caption yang Mengundang

Selain konten secara visual, caption yang menarik juga menjadi salah satu cara fyp di tiktok. Semakin lengkap konten yang kamu buat, maka reputasinya juga akan baik. Dalam penulisan caption kita juga harus menargetkan empati penonton.

Jika videomu memaksa orang untuk merasa kasihan atau bahkan marah, sesuaikan dengan itu. Buat mereka semakin tersentuh dengan adanya caption yang kalian buat.

4. Menggunakan Lagu Trend

Tidak lengkap rasanya jika tidak menyematkan backsound musik khas tiktok. Jika kreativitasmu tinggi, kamu bisa saja membuat musik sendiri. Mungkin akan lebih sulit untuk menguasai semua trik ini, meskipun hasilnya akan lebih baik.

Baca juga:   Cara Membuat Sound Sendiri di TikTok: Konten Jadi Beda

Kamu juga bebas menggunakan musik yang sedang trending, asalkan tetap menjaga relevansinya terhadap konten. Jangan sampe konten sedih malah pake lagu jedag-jedug, itu sih udah kelewatan kreatif!

5. Tentukan Hashtag yang Tepat

Satu langkah yang tidak kalah penting agar masuk fyp yaitu menentukan hashtag yang tepat. Hashtag bisa dimanfaatkan sebagai sinyal khusus untuk sebuah algoritma. Pasalnya, hashtag juga berperan sebagai link building atau rantai relevansi konten.

Secara tidak langsung, ketika terdapat konten yang menggunakan hashtag sama, maka tiktok akan menilai bahwa konten tersebut memiliki keterikatan. Akibatnya kontenmu berpotensi ikut terangkat!

Saat ini sudah banyak tools yang bisa menganalisa hashtag tiktok yang sedang viral. Hebatnya lagi, dari hasil analisis itu biasanya akan menampilkan seberapa besar engagement dari mulai like sampai jumlah komentar.

Namun sayangnya untuk menggunakan tools canggih semacam itu dibutuhkan sedikit biaya. Meskipun tidak menutup kemungkinan ada yang free, tapi tetap saja akan lebih optimal jika kamu memakai tools premium.

Mungkin itu saja penjelasan cara fyp di tiktok yang bisa kamu terapkan. Satu pesan dari kita, tetap belajar dan terus gali kreativitasmu!

Related Articles

Back to top button