Gadget

Kode PUK Smartfren: Fungsi, Cara Mendapat dan Cara Menggunakan

Bagi Anda pengguna Smartfren tentu tahu bahwa terdapat fitur keamanan PIN untuk melindungi data pribadi Anda. PIN ini harus diingat, karena jika lupa kartu SIM Smartfren Anda bisa terkunci. Namun Anda tidak perlu khawatir karena masih bisa menggunakan kode puk Smartfren untuk membukanya.

Banyak yang masih awam dengan yang namanya kode puk, kode puk ini digunakan untuk membuka kartu SIM  yang terkunci karena lupa PIN. Apa itu kode PUK dan bagaimana cara mendapatkannya? Berikut akan kami jelaskan satu persatu.

Apa itu Kode PUK Smartfren?

Kode PUK merupakan singkatan dari Personal Unblocking Key, yaitu sebuah kode unik yang terdapat di kartu SIM Smartfren Anda. Fungsi dari kode PUK ini adalah untuk membuka kartu SIM yang terblokir karena Anda salah memasukkan PIN sebanyak 3x berturut-turut.

Baca juga:   Rekomendasi Mouse gaming, Pergerakan Lebih Responsif

Jika kartu SIM Anda terblokir, maka tidak akan bisa digunakan sampai blokiran tersebut dibuka. Hal ini karena kartu SIM tidak bisa mendapatkan sinyal, tidak terdeteksi di Hp, dan tidak bisa menerima maupun melakukan panggilan.

Kode PUK Smartfren Lengkap

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tutorial cara mendapatkan kode PUK Smartfren. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan kode PUK ini, berikut akan kami jelaskan beserta cara memakainya.

1. Cara Mendapat Kode PUK

Jika kartu SIM Smartfren Anda terkunci karena salah memasukkan PIN sebanyak 3x, maka cara untuk membukanya adalah dengan menggunakan kode PUK. Berikut ini beberapa cara mengetahui kode PUK:

  • Pertama – Silahkan periksa kemasan kartu SIM Anda, ketika pertama kali membeli kartu SIM, biasanya terdapat kode PUK di kemasan tersebut.
  • Kedua – Periksa kotak yang Anda gunakan ketika melakukan pengiriman kartu SIM Smartfren Anda. Kode PUK biasanya tercantum di kotak tersebut ataupun di label tertentu.
  • Ketiga – Anda juga bisa mengetahui kode PUK dengan menghubungi toko tempat Anda membeli ponsel. Mereka biasanya akan membantu Anda dalam menemukan kode PUK tersebut.
  • Keempat – Anda bisa cek kode PUK lewat Dial Pad. Silahkan hubungi call center Smartfren di nomor 888. Nantinya Anda akan diminta menyebutkan nomor ICCID yang ada di belakang kartu SIM Smartfren Anda. Setelah itu pihak Smartfren akan memberitahukan kode PUK kartu SIM tersebut.
Baca juga:   Cara Mengatasi Lag di MIUI 12 Tanpa Alplikasi Tambahan

2. Cara Menggunakan Kode PUK

Setelah Anda mendapatkan kode PUK Smartfren tersebut, langkah berikutnya adalah memasukkan kode PUK untuk membuka kunci kartu SIM yang terblokir. Berikut ini adalah cara menggunakan kode PUK untuk membuka kartu SIM yang terblokir:

  • Silahkan hidupkan Hp Anda, nantinya akan terlihat notifikasi yang muncul untuk memasukkan kode PUK.
  • Masukkan kode PUK yang sudah Anda dapatkan sebelumnya.
  • Ikuti instruksi yang diberikan pada ponsel Anda sampai selesai.
  • Setiap ponsel biasanya memiliki langkah yang berbeda, namun sebagian besar akan memberitahukan bahwa ponsel Anda telah terkunci dan harus memasukkan kode PUK.
  • Setelah Anda selesai memasukkan kode PUK, langkah berikutnya adalah memasukkan kode PIN yang baru.
  • Jadi setelah Anda memasukkan kode PUK, silahkan masukkan kode PIN baru dan pastikan mengingatnya.
  • Setelah selesai, Anda bisa membuka dan memakai Hp Anda seperti biasa.
  • Namun beberapa Hp mungkin harus mengetikkan kode **05* sebelum memasukkan kode PUK.
  • Setelah itu barulah muncul kolom untuk memasukkan 8 digit kode PUK.
  • Bagi Anda yang menggunakan Nexus One, silahkan ketikkan **05*kode PUK*kode PIN baru*ulangi PIN baru#.
Baca juga:   Inilah Daftar Harga iPhone Terbaru yang Cocok dengan Budget MInim

Nah itulah tadi penjelasan tentang apa itu kode PUK beserta cara mendapatkan kode PUK Smartfren lengkap dengan cara memasukannya.

Related Articles

Back to top button