Gaya HidupKesehatan

Mengenal Kolestrol dan Bahayanya, Serta 3 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Mendengar kata kolesterol, sebagian orang mungkin akan segera mengasosiasikannya dengan penyakit yang menakutkan. Hal ini wajar sebab kadar kolesterol yang tinggi dalam darah memang berbahaya bagi kesehatan. Terlebih bila anda belum mengetahui cara menurunkan kolesterol dengan cepat, mungkin anda akan merasa lebih was-was. 

Pada artikel kali ini, penulis akan mengupas lebih dalam tentang penyakit kolesterol.

Senyawa baik bagi tubuh

Kolesterol merupakan senyawa kimia yang memiliki bentuk seperti wax atau lemak, dan terdapat dalam sel-sel tubuh manusia. Senyawa ini berperan penting dalam proses pembentukan hormon, vitamin D, dan zat-zat lain yang dibutuhkan untuk proses pencernaan.  

Secara alami, kolesterol diproduksi oleh organ hati. Meski demikian, tubuh kerap kali mendapat tambahan kolesterol dari berbagai produk makanan, diantaranya daging, ayam, kuning telur, dan produk olahan susu.

Melihat kebutuhan kolesterol bagi tubuh, dapat disimpulkan bahwa senyawa tersebut bukanlah hal yang berbahaya. Bahkan sebaliknya, kita tidak dapat hidup tanpa adanya kolesterol. Acuan yang membuatnya dianggap sebagai sumber penyakit sebenarnya adalah tinggi rendahnya kadar kolesterol itu sendiri.

Baca juga:   7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Panjang Umur hingga Usia Senja

Indikator tingkat kadar kolesterol

Untuk mengetahui tingkat kolesterol dalam tubuh, hal yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan cek. Hasil cek kolesterol akan menampilkan kadar HDL (High Density Lipoprotein) dan LDL (Low Density Lipoprotein) dalam darah. 

Dalam istilah umum, HDL biasa disebut sebagai “kolesterol baik”, sebab senyawa ini akan membawa kolesterol dari seluruh tubuh kembali ke hati untuk diurai. Sebaliknya, LDL merupakan “kolesterol jahat” karena ia menjadi penyebab munculnya plak lemak pada pembuluh darah. Plak lemak ini nantinya akan menyebabkan berbagai penyakit.

Kadar HDL minimal bagi tubuh yang sehat adalah 60 miligram (mg) per satu desiliter (dL) darah. Semakin tinggi kadar HDL, maka akan semakin baik bagi tubuh. Adapun kadar LDL sebaiknya berada pada tingkat rendah. Tubuh masih bisa menoleransi kadar LDL yang berjumlah tidak lebih dari 100 mg/dL, meskipun kadar LDL 100-129 mg/dL masih dianggap sebagai ambang batas toleransi.

Bila hasil tes menunjukkan kadar HDL yang kurang dari 40 mg/dL, dan kadar LDL berada pada 190 mg/dL atau lebih, maka bisa disimpulkan bahwa kadar kolesterol yang ada sudah termasuk tinggi. Untuk mengobatinya, ada baiknya anda mengetahui cara alami turunkan kolesterol yang akan dibahas kemudian.

Penyebab Kolesterol Tinggi  

Banyak faktor yang menyebabkan tingginya kadar kolestrol seseorang, seperti faktor keturunan, usia, dan tingkat stress. Meski demikian, umumnya kolestrol tinggi diakibatkan oleh pola hidup yang buruk.

Hal yang seringkali ditemui penderita penyakit ini adalah bahwa memiliki pola makan yang tidak sehat. Jenis makanan seperti produk olahan susu serta daging-dagingan mengandung lemak jenuh (saturated fat) yang dapat memicu tingginya kadar LDL. Kebanyakan mengkonsumsi makan-makanan tersebut tanpa diimbangi makanan lain seperti buah dan sayuran tentunya akan membuat tinggi kadar kolesterol. 

Selain dari pola makan yang buruk, kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga juga bisa menjadi faktor pemicu kolesterol tinggi. Sebab, kurangnya olahraga membuat tingkat HDL pada darah menjadi berkurang. Lembaga American Heart Association (AHA) bahkan menyarankan agar seseorang melakukan aktivitas ringan seperti jalan kaki minimal satu jam setiap harinya untuk mengurangi resiko kolesterol tinggi.

Merokok dan mengkonsumsi alkohol merupakan faktor lain yang berpengaruh. Rokok dapat menurunkan kadar HDL sekaligus meningkatkan kadar LDL dalam darah. Adapun alkohol yang dikonsumsi akan terurai menjadi senyawa trigliserida. Tingginya kadar trigliserida dalam tubuh dapat mengurangi fungsi hati sehingga tidak dapat mengurai kolesterol. 

Baca juga:   Jangan Ragu Untuk Mencoba, Ini Dia 7 Cara Menggemukkan Badan

Bahaya Kolesterol Tinggi

Bersama dengan kalsium, kolesterol akan membentuk plak lemak.

Plak lemak merupakan senyawa lengket yang ada pada pembuluh darah. Bila dibiarkan, senyawa ini akan mengeras dan meluas, hingga pada akhirnya membuat pembuluh darah mengalami penyempitan. Kondisi ini biasa disebut ateroma atau pengerasan pembuluh darah.

Akibat yang ditimbulkan ateroma pun tidak main-main. Setidaknya, ada dua penyakit turunan yang disebabkan oleh ateroma, yaitu stroke dan serangan jantung. 

Baca juga:   Cara Mengembalikan Indra Penciuman yang Hilang

Cara Mengobati Kolesterol Tinggi 

Meski terlihat menakutkan, bukan berarti penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Ada banyak cara mengurangi kolesterol dalam tubuh, baik secara alami maupun melalui obat-obatan. 

Cara mengobati kolesterol secara alami dapat dilakukan dengan berbagai hal. Bila diringkas, ada 3 cara menurunkan kolesterol secara alami, yaitu sebagai berikut :

Menjaga pola makan sehat

Pola makan yang sehat terbukti ampuh sebagai salah satu cara mengatasi kolesterol secara alami.  Dengan pola makan sehat, kadar HDL dan LDL akan terkontrol dengan baik.

Sebuah penelitian yang dilansir dari laman kompas.com menyebutkan bahwa senyawa magnesium dapat berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah ateroma. Oleh karenanya, penderita kolesterol tinggi disarankan memakan makanan yang kaya akan magnesium, seperti sayuran hijau, alpukat, olahan kedelai, ikan, pisang, serta gandum utuh,

Penderita kolesterol tinggi juga dianjurkan untuk makan-makanan tinggi serat. Zat tersebut terbukti dapat menurunkan kadar LDL dan baik untuk pencernaan. Biji-bijian, sayur, dan aneka buah merupakan beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan serat tinggi. 

Kadar gula pada penderita kolesterol tinggi juga perlu dibatasi. Gula yang terlalu banyak dalam tubuh akan membuat kadar HDL berkurang sekaligus menambah kadar LDL. Selain itu, penguraian gula menjadi trigliserida juga akan menghambat fungsi hati.

Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga juga merupakan salah satu cara turunkan kolesterol dengan cepat. Dengan aktif bergerak, tubuh akan memproduksi HDL lebih banyak ketimbang dengan mereka yang jarang bergerak.

Melansir kompas, olahraga ringan seperti lari dan jalan kaki terbukti dapat menurunkan jumlah kolestrol. Bagi penderita masalah sendi, anda bisa mempertimbangkan untuk berenang. Ketiganya sama-sama baik bagi para penderita. 

Bila anda hobi bepergian, anda mungkin bisa mempertimbangkan bersepeda. Sebab, bersepeda juga merupakan salah satu cara cepat turunkan kolesterol

Dan bila semua jenis olahraga tersebut dirasa terlalu berat, senam yoga  dapat menjadi pilihan yang tepat buat anda. Senam yoga yang dilakukan selama satu jam per hari dapat menurunkan kadar kolestrol jahat. 

Ubah Pola Hidup

Para perokok dan pecandu alkohol mungkin harus mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan tersebut agar terhindar dari penyakit ini.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, merokok dapat menyebabkan berkurangnya kadar HDL dan bertambahnya kadar LDL. Karenanya, berhenti merokok akan berdampak signifikan pada penyembuhan. Selain itu, mengurangi asupan alkohol juga bisa membantu memulihkan kadar kolesterol.

Mengontrol stres serta memiliki pola tidur yang baik juga dapat digunakan sebagai cara alami menurunkan kolesterol. Stres dapat meningkatkan kadar trigliserida, sehingga apabila tidak terkontrol, maka akan menaikkan kadar kolesterol. Adapun pola tidur yang buruk dapat menjadi salah satu pemicu stress.

Selain cara alami, mengobati kolesterol tinggi juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat penurun kolesterol seperti Simvastatin atau Lipitor. Meski demikian, dengan efek samping yang ditimbulkannya, akan lebih baik apabila pengobatan kolesterol dilakukan secara alami. 

Dengan mengetahui 3 cara menurunkan kolesterol secara alami, anda dapat terhindar dari penyakit ini.

Baca juga:   4 Cara Mengecek Kuota 3 (Tri) Lengkap: SMS, Dial dan Aplikasi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button