GadgetTeknologi

Ketahui Ukuran Wallpaper HP, Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Mengedit adalah kegiatan menyenangkan. Pasalnya mampu mengubah gambar dari jelek menjadi menarik. Sayang saat selesai mengedit, gambar yang ada justru terlihat aneh, penyebabnya ukuran wallpaper hp yang tidak pas.

Memang setiap ponsel memiliki ukurannya sendiri. Ada yang lebar seperti keluaran Apple, ada juga yang kecil. Oleh karenanya sebagai editor, kamu harus mengetahui dulu ukuran wallpaper hp agar gambar semakin maksimal.

Lantas bagaimana mengetahui ukuran wallpaper perangkat masing-masing? Cara manual adalah mengukur sendiri, tentu itu memakan waktu tidak sedikit. Pada sisi lain, banyak artikel yang menyediakan informasi terkait hal ini yang bisa dijadikan sebagai referensinya.

UKURAN WALLPAPER HP

Ukuran Wallpaper HP (Layar HP)

Wallpaper Hp sering diartikan sebagai layar ponsel. Hal tersebut tidak salah karena ukuran wallpaper sangat bergantung pada layar ponsel. Masing-masing dari layar ponsel memiliki resolusinya sendiri.

Dahulu sebelum ponsel pintar populer di Indonesia, ukuran wallpaper hp hanya di kisaran 3 inci saja. Bila kita ubah satuannya ke cm sekitar 7.5 cm. Ukuran tersebut sangat kecil, oleh karenanya resolusi yang dihasilkan pun tidak bagus.

Seiring berjalannya waktu, ukuran layar semakin membesar. Produsen hp mengenalkan produk yang layarnya mencapai 4 inci. Yang termasuk ke dalamnya adalah Samsung Series A keluaran tahun 2017.

Pada tahun 2018, perkembangan game online cukup signifikan. Orang-orang mulai menggilainya. Itu mendorong produsen ponsel mengembangkan produk dengan layar berukuran lebih besar, yakni 5 inci dengan resolusinya mencapai HD.

Jenis Resolusi Ukuran Wallpaper HP

Setiap ukuran wallpaper hp atau layar perangkat memiliki resolusinya masing-masing. Dari mulai yang terbaik sampai terburuk. Perihal ini, Penulis akan membahasnya secara singkat di bawah ini:

1. Q-HD

Q-HD singkatan dari Quarter HD atau istilah lain dari resolusi ini adalah 2K. Quarter adalah seperempat dalam bahasa Indonesia dan hal itu menunjukkan bahwa resolusi mencapai 2560×1440 piksel. Aspek rasionya sekitar 16:9 sehingga cukup bagus dalam menampilkan gambar visual pada HP.

2. U-HD

Resolusi tampilan Ultra HD (UHD) mencapai 3840×2160 pixel. Angka tersebut termasuk paling tinggi diantara jenis resolusi lain. Karena tertinggi, kualitas gambar yang muncul di layar pun sangat baik dari jenis lain.

Baca juga:   Poin Utama Dalam Menggabungkan Video Online Lebih Sempurna

3. qHD

Bila sebelumnya adalah resolusi paling tinggi, qHD tergolong sebagai ukuran paling rendah. Bila diangkakan sekitar 960×540 pixel dengan aspek rasio sebesar 16:9. Tentu kalau di ponsel, angka tersebut sedikit menyakitkan mata.

4. HD

Untuk saat ini, resolusi ukuran wallpaper hp sekitar 1080 x 720 pixel. Ukuran tersebut masuk ke dalam HD (High Definition), dan paling banyak tersedia pada ponsel pintar di Indonesia. Alasannya adalah gambar yang tampil bisa sebagus mungkin.

5. Full HD

Secara kualitas, Full HD setingkat lebih tinggi ketimbang HD. Resolusinya di angka 1920×1080 pixel. Biasanya dipakai pada ponsel-ponsel dengan layar lebar semisal 5 inci, sekitar 14 cm. iPad keluaran lama atau terbaru pun masih menggunakannya.

ukuran wallpaper hp xiaomi

Rekomendasi Ukuran Wallpaper Xiaomi

Itulah pembahasan tentang ukuran wallpaper HP (layar) beserta resolusinya di zaman sekarang. Untuk selanjutnya, mari lanjutkan pembahasan tentang rekomendasi ukuran wallpaper android, khususnya Xiaomi.

Apabila kamu sedang mengedit dan hasil gambar ingin dipasang ke layar awal ponsel, kamu harus mengetahui terlebih dahulu ukuran yang seharusnya agar tidak jelek.

Sebagai rekomendasi, ukuran yang cocok buat wallpaper hp android adalah 640 pixel (lebar) dan 960 pixel (panjang). Adapun format yang harus dipasang adalah JPEG, untuk kepentingan edit lain, kamu harus ubah format ke PNG.

Baca juga:   Begini Cara Ganti Tema Xiaomi Agar HPmu Jadi Keren dan Beda Dari Yang Lain

Sebenarnya kamu bisa memasang gambar dengan ukuran kurang dari itu. Cuma lebih baik jangan, karena kualitas gambar yang tampil sangat jelek, apalagi kalau dipasang pada ponsel berlayar 5 inci atau sekitar 14 cm.

Apabila kualitas gambar yang ada malah hancur, kamu harus melakukan editing ulang. Hal tersebut pasti memakan waktu lumayan banyak, apalagi gambar yang dibuat memiliki tingkat kerumitan tinggi.

ukuran wallpaper iphone

Rekomendasi Ukuran Wallpaper HP iPhone

Ketika memasang gambar hasil edit sendiri, para pengguna iPhone sering merasa ukurannya tidak pas sehingga terlihat jelek.

Penyebabnya adalah ponsel satu ini memiliki ukuran berbeda dengan perangkat berbasis sistem operasi Android. Sehingga resolusi yang tampil pada layar perangkat pun berbeda.

Oleh karenanya kamu harus mengetahui ukuran wallpaper hp iphone yang pas supaya hasil gambar makin maksimal. Berikut ini daftar ukuran wallpaper HP iPhone, antara lain:

1. IPhone 4

IPhone 4 adalah seri ponsel apple jaman dulu. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010, tahun dimana ponsel pintar mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia. Ponsel ini memiliki ukuran yang kecil, sama seperti perangkat lain yang keluar pada tahun tersebut. Besaran ukurannya sendiri kurang lebih 640 x 960 piksel.

Baca juga:   3 Cara Memindahkan Kontak Dari Android Ke iPhone Dengan Mudah

2. IPhone 5 

Ukuran wallpaper hp iphone bergantung pada ukuran perangkat yang berkaitan. Berdasarkan situs ulasan ponsel di Indonesia, iPhone 5 memiliki tinggi sekitar 12 cm. Adapun lebarnya mencapai 5 cm. Apabila kita hitung keseluruhan, ukuran total dari ponsel jenis ini 60 cm. Oleh karenanya, ukuran wallpaper sekitar 640×1130 piksel.

3. iPhone 6 dan 7

Secara ukuran, kedua jenis iPhone ini relatif sama. Adapun dari segi resolusi layar sedikit berbeda karena iPhone 6 resolusinya mencapai 750×1334 piksel. Hal tersebut membuat gambar semakin tajam. Begitu pula iPhone 7 yang memiliki resolusi wallpaper sekitar 750×1334 pixel sehingga membuat tampilan lebih menawan

Baca juga:   Cek Perbedaan iPhone Asli dan Palsu, Begini Caranya

4. iPhone 8 dan seri ke atas

Ukuran wallpaper hp iphone buat seri baru relatif sama, yaitu 1125×2436 piksel. Tampilan wallpaper dijamin lebih handal dan membuat kamu lebih betah berlama-lama menggunakan iPhone kesayangan.

Jadi selalu pastikan untuk menyesuaikan ukuran wallpaper HP dengan seri atau tipenya agar menampilkan kualitas visual yang handal. Selamat mencoba!

Kata Kunci Populer:

Related Articles

Back to top button