Gaya HidupKesehatan

4 Cara Mengatasi Kolesterol Secara Alami Dengan Berolahraga

Melakukan pola hidup sehat tidak lepas dari kebiasaan berolahraga. Kebiasaan berolahraga bermanfaat dalam menjaga kesehatan, meningkatkan imunitas dan memelihara ketahanan tubuh. Bagi penderita kolesterol tinggi, olahraga bisa dijadikan salah satu cara mengatasi kolesterol secara alami.  

Penderita kolesterol tinggi sebaiknya berhenti untuk bermalas-malasan dan mulai bergerak untuk berolahraga. Kenapa? Karena nyatanya orang-orang yang rutin berolahraga memiliki kadar kolesterol baik lebih tinggi dibanding dengan yang jarang berolahraga. Apa saja olahraga yang bisa dilakukan? Mari kita bahas lebih lanjut.

Baca juga:   4 Cara Cepat Turunkan Kolesterol Agar Terhindar Dari Resiko Masalah Kesehatan

Jalan Kaki

Cara mengatasi kolesterol secara alami dengan berolahraga yang pertama dan yang paling mudah adalah dengan jalan kaki. Jalan kaki bisa dijadikan pemanasan bagi yang masih malas untuk berolahraga. Jalan kaki secara rutin dengan jarak tertentu akan meningkatkan proses pembentukan enzim yang memperlancar perpindahan kolesterol jahat dari darah ke hati sehingga kolesterol jahat tidak mengendap di pembuluh darah. Jalan kaki juga membuat pikiran kamu lebih fresh dari kepenatan aktivitas sehari-hari sehingga dapat mengurangi dapat mengurangi stres.

Yoga

Cara mengatasi kolesterol selanjutnya adalah dengan melakukan gerakan yoga. Olahraga ini bisa dilakukan secara indoor. Cocok sekali mengingat kondisi pandemi saat ini yang tidak memungkinkan untuk melakukan olahraga secara outdoor. Yang unik dari yoga ini adalah karena sifatnya yang lebih bertujuan untuk meditasi dan ketenangan pikiran. Yoga membuat pikiran lebih rileks sehingga dapat menurunkan tingkat stres dalam tubuh yang menjadi salah satu pemicu kenaikan kadar kolesterol jahat. 

Joging/Lari

Cara mengatasi kolesterol tinggi berikutnya adalah dengan melakukan jogging. Jika tidak ingin keluar rumah, kamu bisa menggunakan treadmill untuk olahraga ini. Bisa mengusahakan sendiri di rumah atau mengunjungi tempat gym. Pada klinik-klinik tertentu yang khusus menangani masalah cardio atau kesehatan jantung, treadmill disediakan untuk menjadi alat treatment yang mendukung penyembuhan pasien. Treatment ini dilakukan untuk mengoptimalkan kerja jantung dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Berenang

Cara mengatasi kolesterol jahat terakhir adalah dengan berenang. Olahraga ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Gerakan pada olahraga renang membantu melancarkan penyebaran lemak dalam tubuh juga proses pengeluaran kolesterol dari dalam tubuh. Olahraga ini meskipun tidak berkeringat tapi memaksa seluruh badan kita bergerak sehingga metabolisme tubuh kita menjadi lebih baik.

Pada dasarnya olahraga yang disarankan untuk penderita kolesterol tinggi adalah olahraga sejenis aerobik yang bertujuan untuk kesehatan jantung dan kebugaran tubuh. Olahraga-olahraga tersebut memiliki manfaat meningkatkan kualitas kondisi lipid dalam tubuh yang termasuk di dalamnya adalah kolesterol. Dengan berolahraga dan menjalankan pola hidup sehat lainnya kualitas kolesterol dalam tubuh kita akan terjaga dan kita menjadi lebih sehat dan bugar.

Baca juga:   Termudah! Ini Cara Menurunkan Kadar Gula Secara Alami!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button