Teknologi

Contoh About me di CV yang Menarik Untuk Lamaran Kerja

Ketika kita akan melamar kerja, syarat utama yang harus kita siapkan yaitu CV. Namun seperti apa sih contoh CV di about me yang bagus untuk lamaran kerja?

Mengingat CV merupakan dokumen deskripsi diri yang sangat penting, tentu wajib untuk membuat CV yang menarik kan? Pasalnya, kerapian CV juga sangat mempengaruhi keputusan HRD.

Nah, untuk membuat CV yang menarik, kita perlu tahu apa itu CV, dan bagaimana konsep membuatnya. Meskipun sudah banyak contoh deskripsi diri yang ada di internet, tentu akan menjadi nilai plus kan jika CV yang kita buat berbeda?

Pengertian CV

CV atau curriculum vitae adalah dokumen deskripsi diri yang menjelaskan berbagai pengalaman serta pencapaian yang sudah pernah kalian dapat. Kamu harus menjelaskan pengalaman kerja secara singkat, namun tetap jelas.

Kata sederhananya yaitu gambaran personifikasi yang di tuangkan dalam sebuah tulisan. Sedangkan CV yang baik yaitu bisa menggambarkan pengalaman dengan jelas secara terstruktur.

Format CV Untuk Lamaran Kerja

Mungkin saat ini kamu tidak akan sulit mencari contoh about me di CV. Namun sebaiknya kamu tahu format apa saja yang wajib dan tidak begitu penting dalam surat lamaran kerja.

Baca juga:   Cara Membuka Opsi Pengembang di Semua Versi Android dan Berbagai Merk Ponsel

Pasalnya, berbagai conth surat lamaran kerja yang bertebaran di internet, belum tentu cocok untuk mendeskripsikan pengalaman hidupmu.

Nah, berikut ini beberapa format yang wajib ada di CV agar terlihat profesional:

1. Data Diri Lengkap

Sudah semestinya kita mencantumkan semua data diri lengkap, baik itu nama, alamat, sampai kontak yang bisa dihubungi. Namun ada beberapa jenis pekerjaan yang perlu info lebih detail misalnya tinggi atau berat badan.

Hal ini tentu bisa menyesuaikan dengan tempat kerja yang akan kamu lamar. Mungkin data akan lebih lengkap jika kalian mencantumkan status perkawinan. Pasalnya, tidak jarang ini menjadi bagian syarat yang mungkin kamu lewatkan.

2. Riwayat Pendidikan

Meskipun saat ini riwayat pendidikan tidak menjamin skill, namun faktanya ini merupakan hal yang wajib kamu cantumkan dalam sebuah CV. Jika kamu lihat dari berbagai contoh about me di CV pasti semuanya mencantumkan riwayat pendidikan kan?

Perlu kamu ketahui, riwayat pendidikan juga berguna untuk menilai tingkat kepribadian seseorang. Maka tidak heran jika minimum pendidikan yang tinggi menjadi prioritas tersendiri.

Baca juga:   Cara Chat Whatsapp Tanpa Simpan Nomor Hp

3. Pengalaman Kerja

Sudah pasti sebuah CV harus mencantumkan pengalaman kerja. Dengan daftar pengalaman atau pencapaian yang kalian cantumkan, bisa memberi detail bagaimana karakter atau skill kalian saat bekerja.

Semakin banyak pengalaman, semakin berpotensi kamu akan diterima! Namun ada satu pengecualian yaitu minimal kerja harus dalam hitungan tahun. Jika durasi kerja yang kalian cantumkan sangat singkat, mungkin HRD akan menilai kamu kurang konsisten.

Contoh About me di CV Lamaran Kerja

Setelah kalian tahu apa itu CV dan beberapa format yang wajib ada, saatnya kita lihat beberapa contoh about me di CV yang bagus untuk melamar kerja.

Jangan sampai kamu menggunakan konsep CV yang kurang tepat! Maka dari itu, inilah contoh about me berdasarkan jenis pekerjaan:

1. About me Formal

Contoh about me formal

Contoh About me di CV formal seperti ini sangat cocok untuk jenis pekerja kantoran. Jika kalian ingin melamar kerja di perusahaan yang resmi, mungkin ini bisa menjadi contoh lamaran kerja yang bagus.

Selain rapi, dengan konsep seperti ini juga bisa merangkum berbagai informasi secara terstruktur. Terlebih detail diri bisa kita lihat dibagian atas, pastinya akan terlihat lebih profesional.

2. Contoh About me Creative

Contoh about me creative

Seiring kemajuan teknologi, pasti banyak perusahaan platform digital yang sedang mencari team kreatif kan? Maka dari itu, contoh about me di cv ini mungkin sangat cocok untuk jenis perusahaan digital.

Baca juga:   Wajib Tahu! Spesifikasi Paket PC Gaming Murah 2021

Namun tidak hanya perusahaan yang berbasis digital saja. Mengingat saat ini kreativitas sangat di butuhkan, kamu juga bisa memakai konsep ini untuk melamar kerja di berbagai perusahaan umum yang membutuhkan kreativitas.

Tips Membuat About me di CV

Meskipun daftar contoh about me di cv sebelumnya sudah cukup bagus, namun kita juga harus memiliki ciri khas sebagai daya tarik. Pertanyaanya, apakah CV yang kamu kirim pasti akan dilihat HRD?

Jawabanya tentu belum tentu! Mungkin ada ratusan bahkan ribuan CV yang tertumpuk di meja HRD. Maka dari itu, sebaiknya kalian menerapkan beberapa tips membuat about me berikut ini:

  • Menggunakan warna yang berbeda
  • Memakai foto yang menarik
  • Perhatikan pemilihan font dan ukuranya
  • Memakai teknik penulisan yang menarik
  • Buat tantangan agar HRD memilihmu

Sebagian besar contoh about me di cv yang beredar mungkin sudah sangat bagus. Namun kembali lagi, yang terpenting yaitu teknik penulisanya agar enak dibaca. Bukan cuma itu, terkadan kalian perlu menantang goals yang akan kamu capai jika diberi kesempatan.

Related Articles

Back to top button