GadgetTeknologi

Bosan Kehabisan Kuota Terus Terusan? Yuk Matiin Data Pake Cara Mematikan Data Aplikasi!

Lagi dalam mode penghematan? Tapi tiba tiba harus keluar dari zona nyaman, keluar dari rumah demi sebuah tugas? Wah, memang menyebalkan sih ya? Kalau harus keluar rumah tandanya harus menyediakan kuota. Sementara kelamaan WFH di rumah sudah bikin nyaman sama jaringan WiFi yang stabil dan oke. Nah inilah yang kamu perlukan cara mematikan data aplikasi.

Cara ini bisa banget dipakai oleh setiap handphone. Jadi tidak perlu khawatir bahwa cara ini hanya bisa dipakai oleh beberapa jenis dan tipe saja. Yuk, langsung saja masuk ke pembahasannya berikut.

Cara Mematikan Data Aplikasi Di Handphone

Terdapat dua jenis cara mematikan data aplikasi di handphone. Yakni dengan cara mengaturnya di settingan data aplikasi bawaan pada gadget atau dengan menginstall aplikasi tambahan. Keduanya memiliki keunggulan dan tingkat kepraktisannya masing-masing. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Cara Mematikan Data Aplikasi Via Settingan Bawaan

Tiap handphone jika kita mau jeli memperhatikan bagian pengaturannya. Maka akan didapati kenyataan bahwa sebagai pemilik, kita bisa mengatur aplikasi mana saja yang bisa memakan kuota internet. Sehingga jika ini dilakukan, tentu kita bisa menghemat penggunaan data internet.

Ini terjadi karena sering kali aplikasi aplikasi yang terinstal memakan kuota data internet walau tidak sedang digunakan. Berikut dibawah ini akan diuraikan cara mematikan data aplikasi di xiaomi

  1. Pertama masuk ke bagian menu “Pengaturan” atau “Setting”
  2. Pilih “Network & Internet”
  3. Kemudian klik menu “Data Usage”
  4. Setelah itu klik menu “App Data Usage”
Baca juga:   Cara Mematikan HP Samsung A51, Wajib Coba 4 Ini

Nah setelah klik “App Data Usage” maka layar akan menampilkan berbagai pilihan aplikasi yang bisa dimatikan ijin penggunaan data di belakang layarnya. Cara ini selain bisa diterapkan pada Xiaomi, juga bisa diterapkan sebagai cara mematikan data aplikasi di Samsung.

Mematikan data aplikasi dengan cara ini, ternyata bisa juga lho diterapkan sebagai salah satu cara mematikan data aplikasi di Vivo. Keren ya, bagaimana? Mudah bukan? Mengatur penggunaan data dengan mengubah pengaturan bawaan aplikasi melalui settingan dasar bawaan gadget dari pabrik?

Cara Mematikan Data Aplikasi Via Aplikasi Tambahan

Cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan. Cara ini digunakan saat ternyata handphone mu tidak tersedia aplikasi bawaan yang berfungsi sebagai cara mematikan data aplikasi. Aplikasi ini bisa dan banyak ditemui di playstore, jadi keamanan aplikasi ini terjamin. Yuk diintip apa saja nama aplikasinya :

1. InternetGuard Data Saver Firewall

Berdasarkan rating, internet guard merupakan aplikasi untuk mematikan data aplikasi yang terbaik. Internet guard saat diaktifkan akan menampilkan seluruh data aplikasi yang terinstall pada gadget. Sehingga sebagai pengguna, kita hanya perlu mengklik tiap aplikasi yang ingin diblokir akses penggunaan datanya.

2. NetGuard

Merupakan salah satu dari firewall yang berijin resmi dan telah masuk ke playstore. Digunakan sebagai pemblokir akses penggunaan data internet. Baik untuk beberapa data aplikasi secara umum, maupun pada kondisi kondisi tertentu.

3. NoRootFirewall

Setelah kedua aplikasi diatas, kini ada lagi sebuah aplikasi yang paling banyak dipakai. Namanya aplikasi NoRoot Firewall. Selain bisa memblokir berbagai data memakai akses internet tanpa sepengetahuanmu. Aplikasi NoRoot Firewall juga bisa diandalkan untuk melindungi data diri mu agar tidak terkirim ke jaringan internet secara otomatis.

Inilah yang pada akhirnya menjadikan NoRoot Firewall apk menjadi aplikasi yang paling direkomendasi sejagat maya. Bagaimana, tertarik untuk menginstalnya juga? Pastikan dulu bahwa memori hape mencukupi ya.

Itulah penjabaran dari dua jenis cara mematikan data aplikasi pada smartphone. Ada yang praktis tinggal mengakses pengaturan bawaan, ada juga yang memerlukan aplikasi pihak ketiga yang bisa di install melalui playstore. Semuanya tinggal menyesuaikan saja semuanya dengan kebutuhan.

Related Articles

Back to top button