Aplikasi

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Sistem Android Rooted

Cara menghapus aplikasi bawaan android sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Android sendiri merupakan sistem operasi yang open source, jadi bisa dikembangkan. Dan disinilah alasan kenapa setiap ponsel android selalu menambahkan berbagai aplikasi bawaan vendor dan sudah tersedia secara default. 

Bahkan untuk android yang masih murni saja tidak ada aplikasi dari Googlenya, jadi masih benar- benar murni dan hanya sebatas fungsi umumnya saja. Kalau anda membeli HP Samsung, maka akan ada banyak aplikasi dengan label Samsung misalnya salah satunya Samsung apps. Jika anda membeli HP xiaomi akan ada juga aplikasi dari xiaomi seperti miui, theme miui dan masih banyak lagi.

Baca juga:   Cara Root Android Tanpa PC Paling Mudah Kurang dari 10 Menit

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan

Ada beberapa cara menghapus aplikasi bawaan android dengan root explorer maupun dengan debloater terminal emulator. Tinggal anda pilih saja opsi yang ingin anda gunakan. Syarat untuk bisa menghapus aplikasi bawaan sistem android ini adalah root. Kalau ponsel anda belum di root tidak akan bisa menghapusnya, karena dibutuhkan akses ke super usernya.

Tidak ada cara menghapus aplikasi bawaan android tanpa root, kalau tidak ada root tidak akan bisa masuk ke daam sistem dan melakukan modifikai file sistem. Karena aplikasi bawaan ini masuknya sudah kategori sistem, bahkan di reset pun tidak akan hilang.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Sistem Android dengan Debloater

Debloater adalah sebuah program yang bisa dijalankan di terminal emulator dan nantinya bisa mengakses sistem untuk menghapus aplikasinya. Debloater sendiri memang membutuhkan root serta terminal emulator. Jika anda menggunakan magisk manager, silahkan cari saja module debloater dan lakukan penginstallan.

Setelah terinstall sebaiknya langsung di reboot ulang ponsel android anda. Kemudian setelah hidup masuk saja ke terminal emulator, anda bisa menggunakan termux. Lalu ketik saja debloater, kemudian pilih aplikasi mana yang akan anda hapus, pilih delete permanen dan tekan enter. Efek bisa terlihat jika anda memulai ulang ponsel android anda. Aplikasi yang di debloat akan hilang.

Baca juga:   Cara Install Linux di Android Paling Mudah Tanpa Perlu Root

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP Realme

Untuk HP Realme memang ada banyak aplikasi bawaan yang menurut kami kadang kurang penting untuk di gunakan. Kalau ponsel anda sudah di root and bisa menggunakan debloater atau root explorer untuk menghapus aplikasi dari internal sistem langsung.

Namun kebanyakan memang belum di root, jadi kalau memang menurut anda aplikasi dari bawaan android yang anda beli tidak begitu penting, anda bisa nonnaktifkan saja. Ini bukan menghapus, Cuma menonaktifkan agar tidak berfungsi menggunakan jaringan maupun muncul di menu utama. Caranya tinggal masuk saja ke pengaturan ponsel.

Setelah ada di pengaturan ponsel masuk saja ke bagian aplikasi, munculkan di filter untuk semua aplikasi dan sistem. Sekarang klik saja aplikasi yang akan anda nonaktifkan, disitu ada nonaktifkan aplikasi dan pilih saja. Aplikasi sekarang sudah hilang dari menu utama, tetapi ini tidak menghapusnya, hanya saja membuat aplikasi ini bisu dan tidak berfungsi.

Selain HP realme juga masih ada banyak aplikasi yang kurang berguna lainya di berbagai merk HP yag ada di pasaran. Kalau anda ingin yang terbebas dari aplikasi tidak berguna, anda bisa melakukan root dan install TWRp, lalu cari custom rom GSI yang bisa anda otak atik sendiri. Tap opsi ini hanya khusus  yang sudah pro saja dalam hal modifikasi android.

Kata Kunci Populer:

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button