KomputerTeknologi

Urutan Processor AMD dari Terendah Sampai Tertinggi

Setiap laptop ataupun komputer mempunyai otak yang digunakan untuk mengolah berbagai. Otak dari sebuah laptop ini dinamakan dengan prosesor, salah satu prosesor terbaik adalah AMD. Sebelum Anda membeli laptop, Anda harus tahu terlebih dahulu urutan processor amd dari terendah sampai tertinggi.

Prosesor yang digunakan dalam sebuah laptop akan sangat berpengaruh dalam kinerjanya nanti. Semakin tinggi prosesor yang digunakan, semakin bagus pula performa yang bisa diberikan oleh laptop tersebut. Oleh karena itulah Anda harus mengenal spek prosesor AMD.

Urutan Processor AMD dari Terendah Sampai Tertinggi

Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi terkait jenis-jenis prosesor AMD mulai dari yang terlama sampai terbaru. Bagi Anda yang penasaran, berikut urutan processor AMD berdasarkan spesifikasi.

Baca juga:   Cara Membuat Link WA untuk Online Shop, Check Out Makin Mudah!

1. AMD K5

Di posisi pertama atau generasi pertama terdapat AMD K5. AMD K5 ini merupakan seri prosesor pertama yang dibuat oleh AMD. Pada awalnya prosesor ini dibuat hanya untuk alternatif prosesor Intel saja.

Meskipun begitu, AMD K5 ini menjadi salah satu prosesor pertama di dunia yang berhasil disinkronisasikan dengan arsitektur X86. Namun karena saat itu produk intel masih lebih populer, AMD K5 ini harus kalah saing dengan Intel.

2. AMD K6

Setelah AMD K5, AMD kembali mengeluarkan prosesor mereka yang merupakan penerus dari AMD K5 yaitu AMD K6. Urutan processor AMD dari terendah sampai tertinggi yang kedua mendapat dukungan dari semua jenis motherboard yang mana awalnya hanya bisa dipakai untuk prosesor intel. Dari sinilah awal mula persaingan antara kedua brand ternama ini dalam bidang teknologi.

3. AMD Duron

Pada tahun 2000-an, AMD kembali membuat dan merilis prosesor terbaru mereka yang diberi nama Duron. Awal kemunculan prosesor ini, dia menjadi salah satu prosesor kelas atas yang dibuat AMD.

Baca juga:   Cara Mendinginkan Hp Samsung : Nomor 5 Sering Diabaikan

Selain kualitas dan kinerjanya yang bagus, prosesor AMD Duron ini juga memiliki harga yang murah sehingga membuat banyak orang beralih dari Intel ke prosesor ini.

4. AMD Athlon

Urutan processor AMD dari terendah sampai tertinggi yang berikutnya adalah AMD Athlon. Setelah meraih kesuksesan dengan AMD Duron, AMD merilis prosesor yang lebih canggih yaitu AMD Athlon.

Prosesor ini merupakan prosesor mikro dengan kualitas tinggi yang menjadi produk unggulan AMD pada saat itu. AMD Athlon bersaing dengan Intel Pentium II dengan sengit.

5. AMD Sempron

Urutan processor AMD yang selanjutnya adalah AMD Sempron, prosesor ini menjadi saingan Intel untuk seri Intel Celeron. Yang membuat AMD Sempron ini unik adalah adanya dua socket prosesor yang digunakan yaitu AMD Sempron Soket A dan AMD Sempron Soket 754. Yang disayangkan dari prosesor ini adalah hanya bisa dipakai OS 32 bit saja.

Baca juga:   5 Komponen yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat PC Rakitan Gaming Murah

6. AMD Opteron

AMD Opteron menempati posisi ke 6 dari urutan processor AMD dari terendah sampai tertinggi. Dimana prosesor ini tidak kalah dengan prosesor terbaru AMD Ryzen, bedanya disini adalah AMD Opteron dibuat untuk server atau komputer workstation. Prosesor ini memiliki dua cache yang berbeda yang bisa membuat kinerjanya menjadi lebih maksimal.

7. AMD Ryzen

Di urutan tertinggi processor AMD terdapat AMD Ryzen yang tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sejak pertama kali dirilis, AMD Ryzen ini bersaing sengit dengan Intel.

Prosesor ini memiliki harga yang sedikit lebih tinggi dibanding prosesor AMD sebelumnya, namun Anda tidak perlu khawatir karena kenaikan tersebut dibarengi dengan peningkatan performa yang signifikan.

Related Articles

Back to top button