KomputerTeknologi

Cara Menambahkan RAM Laptop, Menambah Performa Kecepatan

Salah satu penyebab laptop lemot adalah RAM yang rendah. RAM kecil juga membuat pengguna tidak leluasa untuk membuka aplikasi dalam waktu bersamaan. Pasalnya akan mengakibatkan loading menjadi lebih lama. Namun, ada cara menambahkan RAM laptop untuk mengatasi hal tersebut.

Random Acces Memory merupakan media penyimpanan data sementara saat komputer sedang dioperasikan. Nah, jika RAM yang dimiliki kecil, maka pengguna hanya mampu membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu. Agar dapat menambah kinerjanya bisa dengan cara menambahkan RAM laptop.

Cara Menambahkan RAM Laptop

4 Cara Menambahkan RAM Laptop 

Upgrade RAM bisa menjadi solusi ketika performa laptop mulai menurun. Namun, cara menambahkan RAM di laptop harus memperhatikan beberapa hal berikut. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada laptop.

1. Pastikan Slot RAM Tidak Disolder Permanen

Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa laptop yang akan ditambah RAM-nya memiliki slot RAM tidak hanya satu. Apabila hanya satu pastikan bisa dibuka. Ada sebagian laptop yang slot RAM-nya disolder. 

Tujuan pabrik menyolder slot RAM tersebut supaya RAM bawaan tidak diganti-ganti. Hal ini merupakan salah satu strategi marketing mereka. Jadi, jika ingin memiliki RAM yang lebih besar solusinya hanya bisa dengan membeli laptop yang baru. 

Baca juga:   Tidak Ribet! Inilah Cara Menyambungkan HP ke TV Paling Mudah

Sebab itulah, memastikan kondisi slot RAM sangat penting supaya nanti tidak kecewa ketika sudah dibongkar dan akan dipasang. Untuk mengetahuinya, Anda bisa meminta teman atau orang yang mengerti cara bongkar pasang RAM laptop.

2. Pastikan Ada Slot Untuk Menambah RAM

Mengecek apakah ada slot untuk tambahan RAM atau tidak adalah langkah yang wajib dilakukan sebelum membeli RAM fisik. Untuk mengetahuinya yaitu dengan cara membuka bagian bawah laptop. Pada umumnya terdapat satu slot RAM kosong yang dapat digunakan untuk menambah RAM.

Namun, ada pula laptop yang hanya memiliki satu slot RAM dan sudah terisi dengan RAM bawaan. Jika demikian, maka solusinya adalah mengganti RAM tersebut dengan RAM yang memiliki kapasitas lebih besar, cara menambahkan RAM laptop akan dijelaskan di bagian bawah.

3. Cek Kompatibilitas Laptop yang Akan Ditambah RAM

Tidak semua laptop dapat di-upgrade pada bagian RAM. Selain itu, tidak semua sparepart cocok terhadap semua jenis laptop. Jadi sebelum membeli RAM fisik pastikan bahwa laptop tersebut mampu untuk di upgrade.

4. Menentukan Ukuran dan Jenis RAM yang Tepat

Setelah tiga langkah di atas dilakukan, selanjutnya cara menambahkan RAM laptop adalah dengan menentukan ukuran dan jenisnya. RAM terdapat beberapa jenis, jadi jangan sampai salah membeli RAM untuk PC. 

Oleh karena itu, pastikan RAM yang dibeli adalah RAM yang sudah sesuai dengan jenis laptop, baik dari jenis maupun ukurannya. Disarankan jika akan menambah RAM sebaiknya ukurannya sama dengan RAM sebelumnya. Apabila sebelumnya 4GB, maka tambahkan yang 4GB pula. 

Baca juga:   Sebelum Membeli PC All in One untuk Gaming, Cek Hal-hal Berikut!

Cara Menambah RAM Via Virtual, Tanpa Fisik

Menambahkan RAM pada laptop tidak hanya mengeluarkan biaya sedikit, namun cukup menguras kantong. Jika tetap ingin menambah RAM tanpa fisik tetap bisa. Asalkan rela mengorbankan kapasitas hardisk. 

Cara menambahkan RAM laptop via virtual adalah sebagai berikut:

  1. Buka My Computer
  2. Klik kanan, pilih Properties lalu klik Advanced System Setting
  3. Klik opsi Setting yang ada tabel performance.
  4. Setelah masuk pada menu Performance Option, silahkan klik Advanced
  5. Padabel tabel Virtual Memory, klik pilihan Change. Lalu hilangkan centang pada tulisan “automatically managing paging size for all
  6. Selanjutnya pilih sendiri partisi yang akan digunakan sebagai virtual memory.
  7. Klik ok, lalu restart laptop.

Bagaimana perubahan performa laptop setelah menggunakan RAM virtual? Biasanya akan kelihatan ketika dicoba dengan membuka banyak aplikasi. 

Kelebihan dan Kekurangan Menambahkan RAM pada Laptop

Menambahkan RAM pada laptop sebenarnya tidak lepas dari kelebihan dan kekurangan yang muncul. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan apabila menambahkan RAM baru pada laptop?

Kelebihan Upgrade RAM 

Cara menambahkan RAM di laptop menjadi solusi yang cukup efisien ketika ingin meningkatkan kinerja laptop. Adapun kelebihan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Multitasking Lebih Halus

Jika sering membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu, lalu beralih di antara aplikasi tersebut, hal ini akan membuat laptop mengerang. Dengan mengupgrade RAM maka dapat menghaluskan dan membuat multitasking lebih mudah. Pasalnya komputer akan memberikan dorongan ekstra sehingga untuk mengelola data tidak perlu hard drive. 

Baca juga:   Membuat Aplikasi Baru di Laptop Wajib Perhatikan Langkah Berikut!

2. Web Surfing Lebih Cepat

Ingin menghabiskan waktu berjam-jam di internet, namun sistemnya lambat dan merangkak tentu menyebalkan sekali. Nah, solusinya adalah dengan cara menambahkan RAM laptop. Ini dapat membantu browser untuk menampilkan halaman lebih cepat. 

3. Dapat Meningkatkan Kecepatan Cetak

Mencetak file besar seperti foto, clip art, grafik dapat dipercepat dengan meng-upgrade RAM pada laptop. Dengan demikian kinerja laptop meningkat, sehingga juga akan meningkatkan produktivitas penggunanya.

4. Meningkatkan Performa Presentasi Multimedia

Memori grafis dan intens membutuhkan RAM yang lebih besar untuk mendapatkan pengalaman yang optimal. Dengan RAM yang lebih banyak aplikasi dapat merespon cepat dengan menampilkan gambar lebih cepat.  

Kekurangan Upgrade RAM di Laptop

Cara menambahkan RAM di laptop Hp memang terhitung mudah, namun ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelumnya. Agar tidak menyesal setelah di upgrade.

1. Membutuhkan Biaya Banyak

Ketika upgrade RAM benar dan sesuai memang hasilnya tidak akan mengecewakan. Akan tetapi biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Pasalnya harga RAM di pasaran dibanderol mulai dari dua ratus ribu hingga jutaan rupiah. 

2. Laptop Menjadi Error

Jika salah beli ukuran dan jenis RAM maka ketika dipasang dapat mengakibatkan laptop error. Oleh sebab itu, sebelum membeli pahami dan teliti RAM yang sesuai dengan laptopnya.

Kembali lagi pada setiap pengguna laptop, cara menambahkan RAM laptop ini sebenarnya memiliki resiko, kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Pastikan untuk menggunakan RAM yang tepat sesuai kebutuhan atau spesifikasi laptopnya. 

Related Articles

Back to top button