GadgetTeknologi

Cara Mendinginkan Hp Samsung : Nomor 5 Sering Diabaikan

Berapa lama Anda menggunakan ponsel dalam sehari? Jawabannya bisa bervariasi. Namun, biasanya sebagian besar waktu kita berhubungan dengan ponsel, bahkan hingga overheat. Lantas, bagaimana cara mendinginkan Hp Samsung?

Sebagaimana pasti Anda tahu, Smartphone buatan pabrikan Korea Selatan ini memiliki banyak pengguna. Hal tersebut karena ponsel Samsung memiliki banyak kelebihan dalam hal desain maupun performanya.

7 Cara Mendinginkan Hp Samsung yang Overheat

Secanggih apa pun sebuah ponsel, tetap saja ada potensi mengalami overheat. Hal ini terjadi juga pada ponsel Samsung, karena beberapa sebab, seperti penggunaan berlebihan, pengisian daya yang kurang tepat dan sebagainya.

Oleh karena itu, perlu mengetahui cara mendinginkannya, yaitu:

Baca juga:   Cara Menggandakan Aplikasi di HP Vivo

1. Mengetahui Spesifikasi Ponsel

Sebenarnya, ini lebih mengarah kepada tindakan pencegahan. Apabila mengetahui dengan baik spesifikasi ponsel, tentu Anda tidak akan menggunakan secara berlebihan.

Penggunaan yang berlebihan, akan membuat ponsel harus mengonsumsi daya dalam jumlah besar. Tentu saja ini membebani baterai dan membuatnya cepat panas.

2. Cara Mendinginkan Hp Samsung dengan Cooling Fan

Banyak gamer yang menggunakan alat ini untuk mengatasi kondisi cepat panas pada smartphone, termasuk Samsung. Alat tersebut akan mengalirkan udara dingin yang akan mengurangi suhu baterai.

Dengan demikian, saat menggunakan ponsel dalam waktu lama, suhunya relatif stabil. Alat pendingin ini tersedia di toko perlengkapan ponsel, maupun olshop. Harganya biasanya pada kisaran 100 ribuan.

3. Hindari Terlalu Banyak Aplikasi Background

Salah satu keunggulan ponsel sekarang adalah bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus. Namun, sayangnya kelebihan ini justru bisa mengakibatkan ponsel bekerja lebih berat.

Tentu saja, kondisi tersebut akan membebani baterai dan membuatnya cepat panas. Jadi, cara mendinginkan Hp Samsung adalah dengan menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang. Anda bisa menggunakan menu clean.

4. Jangan Menggunakan Charger KW

Selanjutnya, Anda juga perlu memperhatikan bahwa charging ponsel Samsung harus menggunakan pengisi daya yang asli. Penggunaan charger KW justru bisa menyebabkan baterai cepat panas .

Baca juga:   Cara Membuat Bot Telegram Paling Mudah dengan Android

Penggunaan charger asli paling tepat untuk ponsel samsung, karena arusnya lebih stabil. Sebaliknya, pengisi daya KW bisa jadi arusnya kurang, atau justru berlebihan, sehingga mengganggu kinerja baterai.

5. Hanya Gunakan Pada Saat Jaringan Stabil

Kelima, banyak orang yang mengabaikan hal ini. Nyatanya, kondisi jaringan yang tidak stabil akan membuat ponsel bekerja lebih keras, sehingga membutuhkan daya besar.

Kondisi ini membuat baterai harus mengeluarkan lebih banyak energi dan akhirnya membuatnya overheat. Anda bisa mngatasi dengan cara mematikan daya atau beralih pada mode pesawat ketika sedang minim sinyal.

6. Gunakan di Tempat Dengan Sirkulasi Udara Bagus

Pada dasarnya, menggunakannya di tempat panas juga bisa memengaruhi suhu ponsel Samsung. Itulah sebabnya, sebaiknya gunakan di tempat yang sejuk dengan ventilasi bagus.

Baca juga:   Cara Root Android Tanpa PC Paling Mudah Kurang dari 10 Menit

Selain itu, hindari menyimpan di saku, dompet, atau tempat sempit lainnya. Hal ini bisa mengakibatkan ponsel bekerja keras menangkap sinyal, sehingga memengaruhi kinerja baterai.

7. Buatlah Memori Lebih Lapang

Banyaknya aplikasi menyebabkan ruang penyimpanan menjadi penuh. Ternyata, kondisi ini juga memengaruhi kinerja baterai. pada akhirnya, ponsel Samsung Anda akan menjadi cepat panas.

Cara untuk mengatasi hal ini adalah menonaktifkan atau menghapus aplikasi yang tidak penting agar memori lebih lapang. Selain itu, perlu juga rutin membersihkan cache.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi untuk mendinginkan ponsel. Beberapa aplikasi pendingin tersebut cukup membantu agar smartphone tidak overheat.

Ketujuh cara mendinginkan Hp Samsung di atas bisa Anda lakukan untuk mengatasi ponsel yang sering terasa panas. Intinya, gunakan ponsel sewajarnya dan hindari mengoperasikannya ketika sedang mengisi dayanya.

Related Articles

Back to top button