Teknologi

Kumpulan Kode Remot Polytron Terbaru Sesuai Jenis TV

Sebagian besar kode remot Polytron memang bisa disetting dengan berbagai remot universal. Hal ini untuk memudahkan jika terjadi kerusakan pada remot tv polytron yang asli. Namun kamu juga harus tahu cara memasukan kode remot tv.

Pasalnya, masing-masing remot universal memiliki interface yang berbeda. Meskipun maksud tujuanya sama, namun tampilan yang berbeda bisa membuat orang salah persepsi.

Perlu diketahui, tidak semua merk TV bisa menggunakan remot universal. Tapi jika kamu pengguna TV polytron, maka kemungkinan besar bisa asalkan mengetahui kode sesuai tipe tv yang digunakan.

Masing-masing jenis tv seperti LED, tentu tidak bisa disamakan dengan tv tabung polytron. Karena memiliki kode remot yang berbeda satu sama lain.

Daftar Kode Remot Polytron

Kode remot sendiri merupakan keaamanan atau password untuk menghubungkan remot ke perangkat tv. Sebenarnya ada beberapa kode remot polytron yang bisa kalian setting.

Terlepas tabung atau LED, berikut ini daftar kode remot tv sesuai jenisnya:

1. Kode Remot TV Polytron Tabung

Umumnya, pada pembelian remot universal akan mendapat buku panduan yang berisi daftar kode remot tv terkait. Namun dalam beberapa kasus ada juga yang menjual secara batangan.

Baca juga:   Game Pertama di Dunia yang Paling Populer

Untuk mengetahui kode remot tv polytron tabung, berikut daftarnya:

147, 151, 017, 253, 043, 120, 150, 053, 152, 253, 024

2. Kode Remot TV Polytron LED

Mungkin ada beberapa kesamaan kode, tapi ini tidak selamnya bisa berfungsi dengan normal. Jika kalian menggunakan tv LED, berikut daftar kode remot polytron LED:

024, 151, 017, 253, 043, 120, 150, 053, 152, 253, 147

Dalam beberapa kasus, remot universal bisa secara otomatis terhubung ke tv polytron. Namun hal ini tidak berlaku secara umum. Pasalnya, kebanyakan kita memang harus menyetting kode agar bisa terhubung.

Cara Memasukan Kode Remot Polytron

Sebelum membahas cara memasukan kode remot polytron, pastikan remote merupakan universal. Salah satu cirinya yaitu adanya tombol Setting atau Pengaturan Mode.

Untuk memasukan kode remot polytron, berikut langkah-langkahnya:

  • Tekan dan tahan tombol SET pada remot
  • Ketika lampu indikator remot menyala, masukan kode remot
  • Arahkan remot ke tv dan coba beberapa tombol
  • Apabila merespon, maka kode remot cocok
  • Jika tidak, ulangi menggunakan kode lainya

Dalam beberapa kasus, setelah menekan tombol SET mungkin lampu indikator tidak menyala. Kamu bisa coba mengkombinasikan dengan tombol Power. Tahan SET, lalu tekan Power sampai indikator remot menyala.

Baca juga:   Cara Upgrade Kartu XL 3G Ke 4G Tanpa Ganti Kartu

Cara Setting Remot Polytron Otomatis

Biasanya pembaruan sistem atau versi tv yang lebih canggih bisa mengakibatkan kode remot polytron tidak bisa berfungsi. Ini berlaku untuk semua jenis tv yang mendukung remot universal.

Untuk mengatasi masalah ini, kalian bisa menyetting secara otomatis. Berikut langkah-langkahnya:

  • Tahan tombol SET sampai indikator menyala
  • Kemudian arahkan ke tv, lalu tekan vol -/+
  • Tunggu beberapa saat hingga tv merespon
  • Selanjutnya tekan Power untuk mematikan indikator

Jika cara yang pertama tidak berhasil, ada kemungkinan tv sudah support universal otomatis. Kamu bisa menggunakan cara ini.

Kenapa Remot TV Polytron Tidak Berfungsi?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan remot tidak bisa berfungsi normal. Mulai dari yang paling sederhana yaitu daya baterai lemah atau habis, sampai kecocokan sampai kerusakan perangkat tv maupun remot itu sendiri.

Apabila baterai sudah dipastikan tidak bermasalah, berarti ada kemungkinan besar memang remot bermasalah. Berikut ini beberapa penyebab remot tv polytron tidak berfungsi:

1. Kotak Baterai Berkarat

Karat juga bisa menghambat aliran listrik. Akibatnya, daya tidak tersuplai dengan lancar dan remot tidak akan berfungsi dengan normal. Agar aliran daya kembali lancar, ganti atau bersihkan karat sampai benar-benar bersih.

Baca juga:   Cara Merekam Layar Laptop Win 10

Kamu bisa menggunakan cairan tiner untuk membersihkan korosi. Keringkan lalu coba pasang kedua baterai dan tes apakah remot berfungsi normal.

2. Tipe Remot Tidak Didukung

Setiap tv tentu berrbeda dari segi fitur. Ada beberapa tv polytron yang memang tidak support remot universal. Jadi, ketika kamu menggantinya dengan remot universal tidak akan tersambung.

Pada posisi ini, kedua perangkat tidak ada kerusakan, tapi memang dari jenis tv itu sendiri harus menggunakan remot asli untuk bisa terhubung.

3. Remot TV Rusak

Kerusakan remot tv juga tidak selamanya terlihat secara fisik, misalnya kondisi pecah atau sebagainya. Komponen dalam remot juga bisa rusak kapan saja. Hal ini biasanya terjadi pada mainboard remot yang sudah mengalami malfungsi.

Langkah terbaik untuk mengatasi masalah ini, tentu menggati remot dengan yang baru. Pasalnya, biaya service remot biasanya tidak jauh beda dengan harga baru. Bagaimana menurutmu?

Itulah sederet permasalahan kode remot polytron yang sering dialami oleh sebagian orang. Sebelum menyimpulkan, sebaiknya kalian mengecek satu per satu faktor penyebab remot tidak berfungsi yang sudah kita jelaskan.

Untuk memastikan kecocokan sebuah remot universal, sebaiknya uji tes terlebih dulu saat membeli. Kamu juga bisa meminta bantuan setting langsung oleh pembeli.

Related Articles

Back to top button