KomputerTeknologi

Membuat Aplikasi Baru di Laptop Wajib Perhatikan Langkah Berikut!

Di bawah ini adalah hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membuat aplikasi dan langkah-langkah yang bisa diterapkan sebagai cara membuat aplikasi sendiri di laptop.

Membuat Rancangan Aplikasi

Rancangan aplikasi yang jelas mempermudah Anda dalam membuat aplikasi. Mulai pikirkan tentang komponen yang Anda perlukan dalam aplikasi tersebut agar tujuan dari pembuatan aplikasi tersebut bisa tercapai.

Memahami Alat serta Fitur Pembuat Aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan. Aplikasi praktis yang bisa digunakan untuk belajar membuat aplikasi sederhana yaitu Notepad. Pada setiap laptop biasanya sudah dilengkapi dengan aplikasi ini pada saat pemasangan dan pengaturan awal. Anda juga bisa memilih menggunakan software pembuat aplikasi lain yang tersedia, baik yang gratis maupun yang berbayar.

Baca juga:   Perkembangan Teknologi HP Terbaru dan Tercanggih Termasuk di Indonesia

Menentukan Bahasa Pemrograman

Supaya aplikasi bisa berjalan sesuai dengan perintah yang diberikan, maka Anda perlu menentukan bahasa pemrogramannya dan menulisnya dengan tepat. Ada banyak jenis, namun pilihlah yang paling mudah dan sering banyak digunakan agar risiko kesalahan kecil.

Setelah melakukan ketiga langkah di atas, ini dia cara membuat aplikasi sendiri di laptop:

Membuat Tampilan Aplikasi atau Interface

Dikatakan dalam beberapa sumber bahwa tampilan yang baik adalah tampilan yang konsisten dan memiliki pintasan-pintasan sehingga mempermudah akses pemakaian.

Membuat dan Mengolah Kode program

Menggunakan kode program yang mudah akan menguntungkan Anda dalam melakukan perubahan jika terjadi kesalahan. Setelah kode-kode tersebut ditulis, gabungkan mereka supaya bisa dideteksi oleh komputer. Kemudian ubah kode tersebut menjadi bentuk file dengan melakukan proses build program agar program bisa dijalankan oleh komputer.

Baca juga:   4 Penyebab Kenapa Smartfren Lemot dan Cara Mengatasinya

Proses Uji

Jika proses diatas sudah dilakukan, maka aplikasi sudah bisa diuji untuk mengetahui semua fungsi berjalan dengan baik. Dalam proses ini, hasil akan diketahui.

Proses Debugging

Jika hasil dari uji coba masih terjadi kesalahan, maka Anda bisa lanjut ke tahap debugging untuk memperbaiki fungsi yang belum berjalan dnegan sempurna.

Sebenarnya ada banyak cara membuat aplikasi sendiri di laptop yang bisa dipelajari, tapi tidak semua orang familier dengan istilah pemrograman komputer secara rinci. Solusi yang paling mudah yaitu dengan menggunakan jasa pembuat aplikasi. Ini salah satu cara membuat aplikasi dengan cepat dan bisa diandalkan.

Keuntungan Membuat Aplikasi Sendiri

Melalui aplikasi yang Anda buat, Anda bisa menambah sumber penghasil dengan menjualnya melaui toko aplikasi, perusahaan, atau klien. Tak hanya itu, Anda juga bisa menarik biaya langganan pemakaian aplikasi jika dirasa perlu.

Baca juga:   Cara Membagikan Link Instagram ke WA dan Sosial Media Lainnya

Untuk saat ini, pembuatan aplikasi gaming memiliki prospek yang bagus karena peminat game cenderung bertambah seiring berjalannya waktu. Harga PC gaming murah pun semakin banyak di cari. Yang perlu dipikirkan ketika membuat aplikasi yaitu bagaimana agar aplikasi tetap bisa dioperasikan oleh klien pada PC spesifikasi sedang.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button