Teknologi

2 Tingkatan Processor Intel Lengkap: Generasi dan Spesifikasi

Intel merupakan salah satu perusahaan pembuatan processor yang paling terkenal dan banyak digunakan di komputer sekarang.  Ada banyak tingkatan processor Intel, baik itu berdasarkan generasinya maupun berdasarkan spesifikasinya. Jadi selain urutan prosesor AMD, Intel juga memiliki urutan-urutan yang cukup banyak.

Processol Intel ini bisa dikelompokkan menjadi dua, yaitu berdasarkan generasinya dan spesifikasinya. Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi terkait tingkatan processor Intel berdasarkan generasi dan spesifikasinya.

Tingkatan Processor Intel (Generasi)

Prosesor Intel memiliki sejarah yang cukup panjang dan memiliki banyak generasi. Sejak tahun 2008 sampai sekarang, Intel selalu menamakan setiap generasi prosesornya dengan nama-nama yang unik. Berikut tingkatan processor Intel berdasarkan generasinya:

1. Nehalem

Nehalem merupakan prosesor intel generasi yang pertama, prosesor ini memakai teknologi fabrikasi 45nm dengan menggabungkan komponen controller RAM DDR3 ke chip prosesor.

Baca juga:   8 Spesifikasi Ini Akan Mempengaruhi Harga Smartphone

2. Sandy Bridge

Sandy Bridge merupakan generasi kedua dari processor intel. Meskipun generasi Sandy Bridge ini menggunakan fabrikasi yang lebih kecil yaitu 32 nm, namun performanya lebih ringkas dan efisien. Sandy Bridge ini memiliki fitur baru yaitu GPU.

3. Ivy Bridge

Generasi ketiga pada processor Intel mendapatkan peningkatan yang cukup mencolok. Processor Ivy Bridge mulai menggunakan fabrikasi 22nm yang lebih kecil dan efisien daripada pendahulunya.

4. Haswell

Generasi keempat dari prosesor Intel yang memiliki performa grafis (GPU) lebih kencang. Kecepatan prosesor ini bisa mencapai 3.4 GHz bahkan lebih tinggi. Namun generasi haswell masih memakai fabrikasi 22 nm.

5. Broadwell

Merupakan tingkatan processor Intel yang kelima dengan membawa arsitektur baru yaitu 14nm yang lebih kecil dan hemat daya. Meskipun generasi broadwell ini memiliki fabrikasi lebih kecil yaitu 14nm, namun performanya 20% lebih baik daripada haswell.

6. Skylake

Generasi keenam prosesor Intel yang menggunakan teknologi Speed Shift. Processor Skylake memiliki kecepatan 50% lebih cepat daripada generasi sebelumnya, selain itu processor ini juga lebih hemat daya.

7. Kaby Lake

Kaby Lake merupakan generasi keenam dari processor Intel dengan kecepatan 12% lebih cepat daripada generasi Skylake. Prosesor ini memungkinkan Anda untuk streaming video 4K dengan lebih lancar.

Baca juga:   Cara Flash HP Xiaomi Menggunakan PC dan Tanpa PC

8. Kaby Lake Refresh

Tingkatan processor Intel yang berikutnya ini merupakan versi pengembangan dari Kaby Lake. Arsitektur ini lebih ditujukan untuk laptop kelas menengah sehingga bisa streaming video 4K dengan baik.

9. Coffee Lake

Merupakan generasi kedelapan dari prosesor Intel yang menggunakan fabrikasi 14 nm dan 10 nm. Sebagai processor generasi yang terbilang cukup baru, coffe lake dibekali dengan banyak core dan kecepatan pemroses sampai dengan 5.0 GHz.

10. Comet Lake

Generasi berikutnya ini memiliki Intel Core i9-10900K untuk versi tertingginya yang hadir dengan 10 core. CPU ini sudah bisa menjalankan game resolusi 8K dengan baik.

11. Cascade Lake

Generasi paling baru dan tertinggi dari processor Intel adalah Cascade Lake, processor ini sudah dibekali dengan core yang sangat banyak yaitu 18 core dengan 36 thread. Seri tertinggi dari generasi ini adalah I9-10980XE.

Tingkatan Processor Intel (Spesifikasi)

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya bahwa selain berdasarkan generasi, processor Intel juga bisa diurutkan berdasarkan spesifikasinya. Urutan processor Intel ini beda dengan urutan processor berdasarkan generasi. Berikut ini urutan processor Intel berdasarkan spesifikasinya:

1. Intel Celeron

Tingkatan processor intel berdasarkan spesifikasi yang pertama adalah Celeron. Intel seri ini sudah dibekali dengan 2 sampai 4 core dan memiliki kecepatan pemrosesan sampai dengan 3.2 GHz.

Baca juga:   Cara Meningkatkan Sensitifitas Touchscreen Pasti Work 100%

2. Intel Pentium

Processor selanjutnya ini ditujukan untuk konsumen dengan budget yang rendah dan untuk kebutuhan komputasi ringan sampai standaar. Kecepatan prosesor ini bisa mencapai 3.9 GHz dengan 2 atau 4 core.

3. Intel Core i3

Seri yang berikutnya ini memiliki performa lebih tinggi dan bisa mengerjakan tugas-tugas berat. Intel Core i3 memiliki kecepatan mencapai 4.0 GHz.

4. Intel Core i5

Setelah Intel Core i3, Intel kembali merilis processor terbaru mereka yang merupakan peningkatan dari i3 yaitu Intel Core i5. Intel Core i5 hadir dengan pilihan 4 tahun 6 core.

5. Intel Core i7

Tingkatan processor Intel yang satu ini bisa menjalankan streaming 4K dengan mudah. Kecepatan prosesor ini bisa mencapai 4.5 GHz dengan pilihan 4-6 core.

6. Intel Core i9

Urutan processor intel yang berikutnya berdasarkan spesifikasi adalah Intel Core i9. Intel Core i9 memiliki 6 core dengan kecepaan sampai 4.8 GHz. Dengan adanya teknologi Optane, komputer bisa bekerja lebih maksimal.

7. Intel Core X-Series

Seri ini merupakan varian dari processor Intel Core i5, i7, dan i9 dengan kemampuan clock speed dan core yang tinggi. Processor Intel X ini memiliki 18 core dengan 36 thread.

Related Articles

Back to top button