Teknologi

Kenali Fakta Tentang Frekuensi K Vision Bromo C2000 Ku Band

Fakta bahwa hampir semua orang memiliki minat yang cukup besar untuk menikmati serial televisi sudah bukan menjadi rahasia umum lagi. Maka dari itu para produsen berlomba-lomba menciptakan frekuensi televisi yang bagus agar gambar yang muncul berkualitas. Salah satunya ialah frekuensi K Vision Bromo C2000 Ku Band yang memiliki chanel lengkap dan bisa terakses semua kalangan.

K Vision sendiri ternyata tidak mengudara di frekuensi Ku Band saja melainkan juga C Band. Adapun tujuannya adalah memperbaiki kualitas chanel televisi agar semua kalangan dapat menikmati dengan baik. Selain itu K Vision juga cenderung memilih memakai parabola besar daripada parabola mini karena memang kualitas parabola besar lebih baik.

Fakta Menarik Tentang Frekuensi K Vision Bromo C2000 Ku Band

Nama Vision Bromo sudah cukup terkenal di hampir seluruh masyarakat. Pasalnya produk ini mampu memberikan siaran yang bagus dan minim gangguan. Kendati demikian para pengguna masih belum banyak yang mengetahui tentang fakta-fakta penting terkait frekuensi K Vision Bromo C2000.  Adapun berikut ini adalah penjelasannya.

Baca juga:   Speaker Laptop Sember, Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya

1. Menggunakan Satelit Measat 3a

Banyak yang belum tahu bahwa frekuensi K Vision Bromo menggunakan satelit 3a. Orbit dari satelit ini adalah 91.5 derajat bujur timur tepatnya berada di sebelah barat pulau Sumatera. Tak hanya membawa transponder Ku-Band saja melainkan juga C-Band. Tahukah kamu bahwa kebanyakan pengguna satelit 3a ini adalah pemilik parabola baru?.

Memang inilah faktanya mengingat frekuensi ini sudah bisa ditangkap oleh parabola mini yang tentu saja harganya jauh lebih murah daripada parabola besar. Siaran yang disiarkan melalui satelit Measat 3a juga membutuhkan receiver khusus. Namanya ialah Cartenz atau GOL. Barulah satelit akan tersambung dengan frekuensinya.

2. Frekuensi ku Band

Dalam frekuensi K Vision Bromo menggunakan 2 transponder. Fakta ini tentu saja berbanding terbalik dengan satelit Telkom 4 karena pada measat 3a menggunakan polaritas horizontal semua. Adapun berikut ini adalah frekuensinya.

  • 12436 H 31000
  • 12396 H 31000

Untuk frekuensi 12436 H 31000 memiliki 39 channel yang umumnya merupakan channel FTV dan FTA K Vision. Sedangkan pada frekuensi 12396 H 31000 mempunyai 31 channel yang termasuk premium alias berbayar. Biasanya untuk channel ini teracak dari Conax atau Neotion SHL. Berikut adalah informasi tentang frekuensi K Vision yang paling kuat.

  • FEC 2/3
  • Polaritas Horizontal
  • Frekuensi 12396 MHz
  • Symbol Rate 31000 kSps/kHz
Baca juga:   6 Langkah Cara Me Restart Laptop Yang Gampang, Penasaran?

3. Kekuatan Sinyal

Setiap satelit pasti memiliki kekuatan sinyalnya masing-masing. Maka dari itu tentu sinyal satelit ini tidak lepas dari yang namanya spot beam transponder yang bersangkutan. Inilah fakta terakhir dari frekuensi K Vision Bromo C2000 Ku Band. Dimana untuk wilayah pulau Sumatera, Bali, dan Jawa memiliki satelit 3 a yang diprioritaskan.

Sedangkan untuk wilayah lain juga memiliki sinyal yang tak kalah besar. Akan tetapi tidak sebesar tiga wilayah tersebut. Sinyal frekuensi dari Ku Band memang cukup stabil karena mempunyai kapasitas yang cukup besar. Jika dibandingkan dengan frekuensi C-Bank tentu saja kualitasnya lebih baik karena frekuensi satelitnya belum stabil.

Cara Setting K Vision Bromo Agar Kuat

Selain informasi tentang frekuensi K Vision Bromo C2000 Ku Band kamu juga harus memahami cara setting dari K Vision itu sendiri. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk mengatur ulang program televisi apabila terjadi kesalahan.

1. Pilih Tombol Menu

Cara settings yang pertama ialah pilih tombol menu pada remot. Setelah itu klik opsi Instalasi dan lanjutkan dengan klik OK.

Baca juga:   Cara Update Xiaomi Semua Tipe ke Versi MIUI 12

2. Pilih Satelit

Apabila sudah melakukan poin pertama layar televisi akan memunculkan beberapa daftar satelit. Lanjutkan dengan memilih tulisan Telkom.

3. Masukkan Transponder Baru

Klik tombol SAT di remot untuk melakukan pengaturan terhadap transponder baru. Kemudian tambahkan transponder di saluran televisi yang kamu inginkan. Caranya mudah klik tombol merah di remot yang memiliki ikon persegi. Klik OK lagi dan masukkan transponder yang mencakup frekuensi K Vision Bromo C2000 Ku Band, Simbol Rate, dan Polarisasi Saluran televisi. Pilih simpan.

4. Atur Kualitas Sinyal

Jika transponder saluran televisi sudah kamu ubah segera lakukan pengaturan Port dengan klik tombol panah ke bagian kanan pada remot. Arahkan pada DisEqC 1.0 dan aturlah port hingga sesuai dengan kualitas sinyal yang muncul. Apabila kualitas sinyal belum kamu dapatkan coba geser opsi 22K dan ubah opsi dari yang semula Off menjadi On.

5.  Pemindaian

Setelah semua proses pengaturan frekuensi K Vision Bromo C2000 Ku Band kamu lakukan cara terakhir adalah pemindaian (scan). Pemindaian ini bisa kamu lakukan apabila kualitas sinyal telah muncul. Klik tombol biru melalui remot untuk memunculkan beberapa opsi yang harus kamu atur.

Related Articles

Back to top button