Entertainment

Rekomendasi Film Drama Sejarah untuk Belajar dengan Asyik

Rekomendasi film drama sejarah yang menambah pengetahuan dan berkualitas antara lain Trilogi Merdeka, Kartini, Tjokroaminoto, Dunkirk, dan Schindler’s List.

Beberapa rekomendasi film drama sejarah baik dari Indonesia maupun luar negeri bisa menjadi cara untuk menambah pengetahuan secara menyenangkan. Karena menonton film pada dasarnya juga bisa menjadi media belajar. 

Selain mendapatkan pengetahuan baru yang berhubungan dengan dunia sejarah, dengan menonton film juga memperoleh hiburan. Sehingga pilihan entertainment ini cocok dipilih ketika memiliki waktu senggang. 

Nah, kali ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi film yang menceritakan sepenggal sejarah baik dalam negeri maupun dunia. Jangan lupa siapkan popcorn atau cemilan lainnya, ya. 

Rekomendasi Film Drama Sejarah Indonesia

Indonesia adalah bangsa besar dengan sejarah panjang. Maka, sangat beralasan jika sineas tanah air membuat sinema yang mengangkat sejarah nasional. Berikut ini beberapa sinema berkualitas dengan nilai edukasi bermanfaat untuk Anda.

Trilogi Merdeka

trilogi-merdeka

Trilogi yang terdiri dari Merah Putih (2009), Darah Garuda (2010) dan Hati Merdeka (2011) ini mengisahkan tentang perjuangan para rakyat mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Tiga sinema layar lebar tersebut dibintangi oleh nama-nama besar.

Baca juga:   2 Cara Mendapatkan 5000 Followers Instagram Gratis dan Organik

Antara lain Donny Alamsyah, Lukman Sardi, Darius Sinathrya, Zumi Zola, Rudy Wowor, dan masih banyak lainnya. Tokoh-tokoh utama diceritakan bertemu pertama kali dan bertempur bersama di Semarang tahun 1947.

Pada sequel kedua, perjuangan para tokoh masih berlanjut dengan mengikuti misi pertempuran di Jawa Barat. Sedangkan sequel terakhir memiliki sentuhan drama lebih tragis karena banyaknya pejuang yang gugur. 

Trilogi Merdeka adalah film garapan Conor Allyn dan Yadi Sugandi. Trilogi Merdeka selain bercerita juga mengajak para penonton untuk menghormati jasa-jasa pahlawan. Serta mengingatkan akan perjuangan untuk menjadi bangsa merdeka.

Kartini

kartini-movie
Source: imdb.com

Rekomendasi film drama sejarah berikutnya yaitu Kartini. Sinema layar lebar yang menceritakan pahlawan wanita asal Jepara tersebut disutradarai oleh sineas kondang Hanung Bramantyo.

Tidak tanggung-tanggung, Hanung mempercayakan karakter penting di film tersebut kepada aktor-aktris ternama. Sebut saja Dian Sastro, Ayushita, Christine Hakim, Reza Rahadian, dan nama besar lainnya.

Film rilisan tahun 2017 ini mengisahkan kembali perjuangan Kartini (Dian Sastro) dalam memperjuangkan kesetaraan wanita dan pria. Khususnya dalam memperoleh pendidikan tinggi. Selain itu juga menceritakan hubungannya dengan saudara kandungnya. 

Baca juga:   Inilah Musisi Korea yang Mendunia, Siapa Idola Anda?

Guru Bangsa: Tjokroaminoto

movie-tjokroaminoto
Source: wikipedia.org

Hampir di setiap kota-kota besar memiliki jalan protokol bernama HOS Tjokroaminoto. Lantas, siapa sebenarnya HOS Tjokroaminoto tersebut? Nah, sinema satu ini adalah pilihan tepat untuk menjawab rasa penasaran Anda.

Berlatar tahun 1800-an, film ini menceritakan kehidupan tokoh pahlawan Nasional Haji Oemar Said Tjokroaminoto. Berstatus sebagai bangsawan Jawa, Tjokroaminoto memperjuangkan kesejahteraan rakyat kecil pasca era tanam paksa Belanda. 

Yang berperan sebagai Tjokroaminoto adalah aktor kondang Reza Rahadia. Disutradai oleh Garin Nugroho, film yang rilis pada 2015 tersebut juga dibintangi aktor-aktris senior seperti Didi Petet, Alex Komang, Sujiwo Tedjo, dan lainnya.

Rekomendasi Film Drama Sejarah Dunia

Belahan dunia lain juga memiliki sejarah yang tidak kalah menarik untuk diketahui. Untuk itu, kami merekomendasikan drama sejarah berikut untuk Anda. 

Schindler’s List

schindlers-movie
Source: ubuy.co.id

Schindler’s List (1993) adalah film besutan Steven Spielberg yang mengangkat tema Holocaust. Yaitu sejarah pembantaian kaum Yahudi oleh Nazi Jerman di era perang dunia ke-2. 

Oskar Schindler adalah seorang simpatisan partai Nazi yang juga seorang pengusaha sukses di Jerman. Meskipun simpatisan Nazi, namun Schindler tergugah rasa kemanusiaannya melihat kekejaman tentara Nazi. 

Baca juga:   Daftar Film Indonesia yang Mendunia, Membanggakan

Sehingga, ia berusaha menghindarkan orang Yahudi dari kekejaman Nazi dengan menjadikan mereka sebagai karyawan di pabriknya. Meskipun seorang simpatisan Nazi, Schindler sangat dihormati kaum Yahudi berkat jasa-jasanya.

Kisah memilukan di balik film Schindler’s List yang terbalut dalam nuansa hitam putih tersebut mendapat sambutan sangat baik. Sehingga sinema tersebut sukses menyabet 6 kategori dalam ajang penghargaan Academy Awards (Piala Oscar).

Dunkirk

dunkrik-film-poster
Source: wikipedia.org

Sutradara fenomenal dunia, Christopher Nolan merilis sinema layar lebar berlatar perang dunia ke-2 berjudul Dunkirk (2017). Dunkirk mengangkat kisah evakuasi tentara sekutu yang terjebak di pantai Dunkirk, Perancis.

Sementara ketika itu, Dunkirk telah dikepung oleh tentara Jerman sehingga terjadi pertempuran menegangkan di darat, laut, dan udara. Dalam Dunkirk, Nolan menyajikan sinematografi yang apik sehingga memuaskan mata penonton.

Manusia selalu membutuhkan hiburan sebagai cara untuk mendapatkan kesenangan diantara sibuknya aktivitas harian. Nah, agar mendapatkan hiburan berkualitas sekaligus menambah pengetahuan, rekomendasi film drama sejarah di atas cocok ditonton. 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button